Tetap Produktif Meski Waktu Istirahat Kurang? Bisa, Ini Dia Tipsnya

Imafge dari Rappler.com

Imafge dari Rappler.com

Sulitnya menjaga waktu istirahat yang berkualitas bisa menjadi bumerang bagi kita. Yang paling terpengaruh ketika tidak memiliki waktu istirahat yang cukup tentu saja masalah produktifitas dalam bekerja. Katakanlah kita sulit mendapatkan tidur yang cukup, maka secara langsung akan berpengaruh pada etos kerja kita esok pagi. Kurang tidur pada malam hari bisa sangat mengganggu dan bahkan bisa saja menurunkan produktifitas Anda dalam bekerja.

Karena begitu banyaknya pekerjaan memang sering sekali kita sulit mendapatkan waktu istirahat ataupun tidur yang ideal. Terkait hal ini, ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar tetap bisa menjaga produktifitas Anda dalam bekerja. Meski cukup sederhana, namun tips di bawah ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah produktifitas ini.

1. Segera Bangun, Jangan Memperlama Waktu Tidur

Perasaan tidur selalu kurang ketika bangun tidur mungkin selalu dirasakan bagi orang yang lelah dan kurang istirahat. Nah, umumnya ketika merasa kurang tidur, tubuh dan mata selalu ingin menambah waktu tidur untuk beberapa saat.

Ternyata cara ini salah, menurut beberapa penilitian, menambah waktu tidur setelah Anda terbangun tidak akan membuat rasa lelah Anda hilang. Hal ini justru akan menimbulkan rasa malas dan semakin berat untuk bangun. Yang seharusnya Anda lakukan adalah segeralah bangun dan memulai rutinitas ringan di pagi hari.

Artikel lain: 6 Hal Yang Harus Anda Tinggalkan Jika Ingin Lebih Produktif

2. Segera Berolahraga Ringan

Olahraga ringan di pagi hari sangat bagus untuk menopang rutinitas kerja Anda seharian. Meskipun mungkin kurang istirahat, lakukan olahraga ringan untuk sedikit menyegarkan tubuh Anda. Jalan-jalan atau bersepeda di sekeliling komplek bisa menjadi pilihan yang bagus. Dengan catatan jangan terlalu lelah, ini dimaksudkan hanya untuk memberikan efek stimulus pada tubuh agar kembali fresh dengan menggerakkan beberapa anggota tubuh.

3. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan sangat penting dalam memberikan energi pada tubuh untuk menjaga tetap produktif. Sarapan tidak harus dengan menu yang berat seperti nasi, namun roti dan teh atau susu sudah cukup untuk tubuh.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menyempatkan diri sarapan pagi satu jam setelah bangun pagi bisa membantu meningkatkan mood Anda. Sangat disarankan menu sarapan pagi adalah makanan dengan kandungan protein tinggi.

4. Keluar Dari Kantor Sekedar Menikmati Suasana Luar

Kalau yang tiga poin di atas adalah yang bisa Anda lakukan ketika persiapan sebelum bekerja atau sebelum berada di kantor, yang ini adalah ketika Anda sedang bekerja. Di manapun Anda sedang bekerja, misalnya di kantor, di rumah atau di manapun.

Disarankan sesekali Anda keluar sebentar dari pekerjaan Anda. Keluar dari kantor untuk menikmati sinar matahari, udara segar dan suasana di luar, cukup bisa membantu meringankan lelah Anda setelah kurang istirahat semalaman.




5. Dahulukan yang Lebih Berat

Ini tips bagi Anda yang pekerjaannya menumpuk justru saat keadaan tubuh kurang istirahat. Tipsnya adalah, Anda harus pandai mengelola energi dalam tubuh Anda. Dahulukan pekerjaan yang Anda rasa lebih berat dari yang lain.

Karena secara logika, semakin lama Anda bekerja secara otomatis energi akan semakin berkurang, untuk itu selesaikan dulu pekerjaan yang berat ketika Anda masih memiliki cukup tenaga. Jika ini bisa Anda terapkan dengan baik, maka tenaga Anda akan tersalurkan secara efektif dan efisien dalam bekerja.

Baca juga: 7 Langkah Menjadikan Pagi Hari Lebih Produktif  dan Bersemangat

6. Perhatikan Juga Makan Siang Anda

Makan siang juga bisa sangat mempengaruhi produktifitas Anda dalam bekerja. Pilihan menu dan waktu yang tepat bisa membuat Anda tetap produktif meski mungkin tubuh sedikit lelah karena kurang tidur.

Makanan yang disarankan untuk makan siang yang sehat adalah makanan yang tinggi karbohidrat, protein dan gizi seperti sayuran dan buah-buahan. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan daging, makanan tersebut bisa membuat Anda semakin ngantuk saat bekerja.

Tips di atas adalah tips sederhana untuk menjaga produktifitas kerja Anda ketika kurang tidur. Namun akan sangat baik jika Anda bisa menjaga kondisi dengan istirahat dan tidur cukup agar tenaga Anda tetap bisa fresh dan maksimal dalam bekerja.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud