Tertarik Buat Website WordPress? Berikut Estimasi Biayanya

Bagi pengguna platform blogspot maupun wordpres gratisan, pasti pernah terbersit keinginan untuk migrasi ke wordpress self host. Karena kita tahu, di wordpress self host kita bisa melakukan kustomisasi dengan mudah. Seperti optimasi SEO, Woocommerce maupun tema. 

Namun hal yang menjadi kendala adalah berapa kira-kira total biaya yang diperlukan? Apakah mahal?

Untuk tahu berapa biaya yang diperlukan, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan dalam membuat website wordpress. Berikut kami ulas secara rinci semua bagian tersebut dalam artikel ini. 

Biaya Pembuatan Website WordPress (Mandiri)

Membuat website di wordpress sebenarnya tidaklah sulit. Meskipun tanpa skil koding, kita bisa membuat sebuah website dengan mudah. Hanya saja kemudahan tersebut tidak gratis. 

Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya tertentu. Dikutip dari DemenTekno, Setidaknya berikut estimasi biaya yang Anda perlukan.

Domain

Biaya yang perlu Anda keluarkan pertama adalah sewa domain. Domain berfungsi sebagai alamat web Anda nantinya. Misalnya seperti maxmanroe.com.

Domain ada bermacam-macam jenis mulai dari .id, .com, .net, .co.id dan masih banyak lainnya. Semuanya jenis domain juga berbeda harganya, mulai dari yang paling murah adalah .my.id yaitu Rp. 10.000, sedangkan untuk domain .com mulai dari Rp. 119.000 – Rp. 153.000, hingga ada juga yang ratusan ribu rupiah per tahunnya.

Silahkan tentukan ekstensi domain yang ingin Anda gunakan. 

Sewa Hosting

Hosting merupakan bagian yang menghabiskan biaya paling besar dalam pembuatan website wordpress. Hosting ini berfungsi sebagai server penyimpanan data web yang Anda buat. Harganya juga bervariasi mulai dari spesifikasi standar untuk keperluan web portofolio, website pribadi hingga hosting untuk keperluan website bisnis dengan harga jutaan perbulan.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih hosting adalah jenis web yang akan Anda buat dan juga jumlah pengunjung web. 

Apabila website WordPress yang Anda buat adalah web artikel saja dan pengunjung hanya melakukan proses read tanpa write, maka hosting dengan RAM 1 GB CPU 1 Core sudah cukup untuk manampung 1000 pengunjung per hari.

Harga spek hosting tersebut biasanya berada dikisaran 500.000an per tahun sudah termasuk gratis domain (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Beberapa provider juga ada yang menawarkan paket langganan 3 tahun sekaligus dengan diskon yang lebih besar. Cocok buat Anda yang baru awal mengambangkan wordpress, supaya tidak pusing perpanjang hosting selama 3 tahun.

Selain harga, perhatikan juga garansi uptime yang ditawarkan, pastikan uptimenya bagus agar web yang Anda buat tidak sering mengalami server down.

Theme

Ketika membuat web wordpress Anda pasti membutuhkan tema yang sesuai dengan kriteria Anda sendiri. Kebanyakan tema wordpress harganya sekitar Rp 500.000 – Rp. 700.000 itupun yang paling murah.

Nah, triknya supaya Anda bisa mendapatkan tema sesuai keinginan dengan harga murah adalah dengan menggunakan jasa instal (reseller). Dengan harga Rp. 150.000 saja Anda sudah bisa mendapatkan tema premium wordpress.

Plugin Tambahan

Di WordPress, plugin adalah salah satu kemudahan agar Anda bisa melakukan kustom website sesuai keinginan. Namun perlu diperhatikan, tidak semua plugin bagus untuk digunakan. Karena semakin banyak plugin yang terinstall, maka akan semakin banyak proses yang berjalan hingga memperlambat website.

Plugin wajib yang perlu Anda gunakan di WordPress adalah:

  1. Plugin cache: Wp Rocket, Lite Speed, atau WP Autoptimize.
  2. Plugin SEO: Rank Math atau Yoast.
  3. Plugin untuk menyisipkan iklan: Ad inserter, atau WP Quad.
  4. Plugin optimasi gambar: Imagify, EWWW, atau ShorPixel.

Semua plugin di atas tersedia versi gratisnya, sehingga Anda tidak perlu keluar uang seperserpun. Namun jika ingin menggunakan versi premium, diluar sana juga banyak tersedia jasa install dengan harga mulai Rp. 100 ribuan.

Jadi berdasarkan kebutuhan di atas, apabila dirangkum dalam bentuk tabel kira-kira estimasi keseluran biayanya adalah seperti berikut.

Tabel estimasi total biaya pembuatan website wordpress

Item Estimasi Biaya Perpanjangan
Domain Rp. 0,- (include dalam pembelian hosting) Rp. 153.000,- (untuk domain .com)
Sewa Hosting Rp. 480.000,- /tahun (include domain) Rp. 480.000
Rp. 996.000,- /3 tahun Biasanya perpanjangan setelah 3 tahun lebih mahal
Theme Rp. 150.000,- Rp. 0,-
Plugin pendukung Rp. 0,- (plugin versi free) Rp. 0,-
Total Rp. 530.000,- Rp. 633.000

 

*Tabel biaya di atas bisa lebih murah dan lebih mahal, tergantung pada spesifikasi hosting dan domain yang Anda gunakan. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah penggunaan tema dan plugin premium.

Harga Pembuatan Website Melalui jasa orang lain

Apabila Anda menggunakan jasa orang lain untuk membuat website, selain biaya utama di atas (hosting, domain, theme dan plugin) Anda juga akan dikenakan biaya jasanya. Ada yang mengenakan biaya secara bulanan ada juga yang memasang harga berdasarkan project.

Bagi Anda yang masih awam dalam dunia wordpress, Anda perlu pertimbangkan jasa ini. Terlebih jika website yang ingin Anda buat kompleks.

Untuk harga jasanya biasanya bervariasi, karena setiap orang akan menyesuaikan dengan permintaan client. Jadi tidak ada harga patokan!

Sebagai pertimbangan Anda bisa melihat harga pembuatan website di fiverr atau menggunakan jasa pembuatan website dari sesama blogger untuk harga yang terjangkau.

Demikian kira-kira gambaran biaya yang perlu Anda keluarkan Ketika ingin membuat website wordpress. Jika ingin gambaran lebih detail atau konsultasi, silahkan hubungi kami melalui web Dementekno.com.

Larry Max

Media Bisnis Online

1 thought on “Tertarik Buat Website WordPress? Berikut Estimasi Biayanya”

  1. Makasi bang pencerahannya. pertama website saya menggunakan jasa seo dari teman. sampai gk enaan minta tolong terus . memang sih gk ada perjanjian waktu buat website. jadi putus asa dan bikin sendiri. sedih melihatnya yang lama tidak terurus. padahal bagus domainnya

    Reply

Leave a Comment