Teknologi Podcast ~ Persilangan Layanan iPod dan Broadcasting

podcast

Sudah terbiasa dengan produk-produk Apple?

Produk Apple biasanya memang menjadi produk #teknologi yang berkelas dan banyak digemari oleh para penggunanya. Ditunjang dengan desain yang elegan dan high class, penggunaan produk Apple yang canggih tentu bisa meningkatkan gengsi para penggunanya.

Kalau kita memang termasuk salah satu Apple fan boy, tentu kita harus memahami penggunaan produk-produk tersebut dengan baik. Selain mahir menggunakan teknologi untuk mendukung aktivitas. Kita juga harus memahami berbagai istilah yang berkaitan dengan produk-produk #Apple.

Berkenalan dengan Definisi Podcast

Podcast adalah salah satu istilah yang digunakan dalam proses penggunaan produk Apple. Meski produk Apple sudah banyak digunakan oleh kalangan menengah ke atas, namun ternyata masih banyak dari para pengguna tersebut yang tidak memahami istilah podcast dengan baik.

Kata podcast sendiri berasal dari penggabungan kata iPod dan broadcasting. Istilah baru yang dipopulerkan oleh Apple ini mengacu pada bentuk file digital yang mayoritas berupa file audio hasil unduhan dari internet. Istilah podcast menjadi populer di kalangan pengguna produk Apple karena biasanya para pengguna produk Apple akan mengunduh file audio dari #internet untuk kemudian didengarkan kembali melalui iPod.




Sebenarnya untuk memutar file podcast kita tidak hanya bisa menggunakan iPod, tapi juga bisa menggunakan media player lainnya yang terdapat pada desktop seperti Windows Media Player atau Itunes. Salah satu jenis file podcast yang paling populer dan sering digunakan untuk file lagu adalah file berformat mp3.

Artikel lain: Mengenal Kecanggihan Implementasi Teknologi QR Code

Latar Belakang Berkembangnya Podcast

Kehadiran podcast dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memiliki salah satu media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan ide dan pesan. Melalui koneksi broadband yang mumpuni, kita dapat terhubung dengan podcast dan mengunduh jenis file yang kita butuhkan.

Para pengguna podcast yang populer dengan sebutan podcaster bisa membangun komunitas baru dengan bergabung bersama para pengguna podcast lainnya. Sejumlah #komunitas web dan forum terbentuk dengan hubungan antar para anggota yang solid dan interaktif. Bahkan kini banyak pula perusahaan besar yang memanfaatkan podcast untuk kebutuhan iklan yang bisa menjangkau target dengan cara yang relatif praktis dan hemat waktu.

Hal yang Membuat Podcast Jadi Berbeda

Sekilas kita tentu tidak memahami apa perbedaan podcast dengan format file biasa. Padahal tentu saja format podcast memiliki keunggulan yang menjadikannya berbeda dengan format file lain. Salah satu keunggulan podcast adalah proses berlangganan podcast yang menyerupai proses berlangganan blog. Setiap file terbaru yang dimuat di podcast akan memberikan notifikasi pada kita sehingga kita tetap update dengan informasi file podcast terbaru.




Disamping itu, ada pula fitur pendukung di Itunes yang memungkinkan kita untuk mengunduh file podcast dan langsung mentransfernya pada portable player seperti iPod. Penggunaan podcast memungkinkan kita untuk menetapkan konten-konten yang kita gemari secara bebas. Tidak seperti acara televisi atau radio yang berfokus pada satu topik, para pengguna Apple bebas mengunduh dan menyaksikan file podcast kapan pun dan di mana pun sesuai dengan minat dan selera.

Kalau kita masih merasa bingung dengan penggunaan podcast, maka kita bisa segera mencobanya dengan mengunduh Itunes terlebih dahulu. Sedangkan untuk bisa mendapatkan informasi terbaru seputar podcast, maka kita juga bisa berlangganan (subscribe) beberapa blog yang terintegrasi langsung dengan podcast.

Baca juga: Apa Itu Li-Fi, Teknologi Yang Digadang-gadang Menggantikan Wifi

Perkembangan Podcast di Masa Depan

Di masa depan, perkembangan podcast diharapkan menjadi salah satu sarana baru yang mendukung pendistribusian ide-ide orisinal secara global dengan penggunaan teknologi yang praktis dan universal. Sehingga perkembangan dunia #pendidikan maupun hiburan akan semakin variatif dengan penggunaan podcast sebagai salah satu sarana distribusinya.

Sebagai pengguna produk Apple yang cerdas, kita tentu harus memahami definisi dan penggunaan podcast dengan benar. Supaya kita tidak menjadi pengguna Apple yang hanya mementingkan gengsi, tapi juga bisa memahami dan memanfaatkan esensi teknologi canggih untuk memudahkan aktivitas kita setiap hari.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud