Teknologi Cubeacon ~ Pemancar Bluetooth iBeacon Karya Anak Negeri

teknologi cubeacon

Seperti kita ketahui bahwa beberapa tahun sebelumnya #Apple telah mengembangkan sebuah teknologi Bluetooth bernama iBeacon. iBeacon sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan penyebaran informasi lewat Bluetooth menuju perangkat-perangkat mobile yang berada di lokasi sekitar. Teknologi ini sangatlah bermanfaat terutama bagi para pebinsis yang sedang gencar melakukan kegiatan promosi. Namun sayangnya, dalam pengoperasiannya, IBeacon yang tak memiliki wujud fisik ini masih membutuhkan perangkat pemacar Bluetooth untuk bisa digunakan.

Di Indonesia tepatnya di kota Surabaya, sebuah startup Eyro Digital #Teknologi telah sukses mengembangkan sebuah pemancar Bluetooth mengikuti standar iBeacon sekaligus memaksimalkan potensi teknologi iBeacon. Pemancar Bluetooth IBeacon yang kemudian diberi nama Cubeacon ini berbentuk kubus kecil yang di dalamnya tersimpan chip Bluetooth 4.0 yang bisa menjangkau perangkat mobile dengan radius 100 meter serta baterai kancing standar dengan estimasi daya tahan hingga 2 tahun. Lalu seperti apakah alat pemancar iBeacon bernama Cubeacon ini? Berikut ulasannya.

Beragam Fungsi Teknologi Cubeacon

Pada dasarnya, teknologi Cubeacon adalah alat pemancar Bluetooth yang bisa digunakan oleh para pebisnis menyebarkan informasi promosi produk atau layanannya dengan praktis, mudah dan efektif.

Efisiensi dan efektivitas ini terjadi karena pihak pemilik bisnis tak perlu repot-repot mendatangi konsumen dan berbicara atau memberikan selebaran, karena informasi promosi tersebut disebarkan melalui Bluetooth dan akan diterima langsung oleh calon pembeli melalui perangkat #smartphone. Promosi dengan Cubeacon sendiri bisa dilakukan di banyak tempat dan lokasi seperti di supermarket atau department store, di bandara dan di tempat umum lainnya.

Manfaat lain dari teknologi Cubeacon untuk penggunaan pribadi adalah sebagai sebuah tracker atau pencari jejak. Jika Anda kehilangan tas, sedangkan dalam tas tersebut ada Cubeacon, maka Anda bisa melacak posisi tas Anda engan menggunakan aplikasi Cubeacon pada smartphone Anda.

Artikel lain: Robot Musio ~ Inovasi Teknologi Artificial Intelegence Sahabat Anak-Anak

Bagaimana Teknologi Cubeacon Bekerja?

Untuk menjalankan Cubeacon, Anda hanya perlu mengaktifkan Bluetooth di smartphone, serta mengunduh aplikasi dengan integrasi Cubeacon yang dikembangkan oleh para developer secara bebas. Aplikasi inilah yang nantinya akan menjadi wadah interaksi dari pemilik usaha dan para pelanggan.

Meski menggunakan teknologi iBeacon yang dirancang oleh Apple, teknologi Cubeacon ternyata juga kompatibel dengan perangkat #Android. Syaratnya ada dua, pertama perangkat yang digunakan harus menggunakan versi OS Android 4.3 atau lebih, serta dilengkapi chip Bluetooth 4.0.




Target Pasar dan Pemasaran Cubeacon

Target utama pemasaran Cubeacon sendiri adalah para pelaku bisnis. Namun, menurut sang penggagas, Tiyo Avianto, Cubeacon juga bisa digunakan oleh personal secara luas untuk keperluan rumahan, kantor atau jaringan komunitasnya. Contoh penggunaan Cubeacon untuk keperluan rumah adalah saat Anda memasang Cubeacon di dekat pintu masuk rumah dan suami Anda pulang larut malam misalnya, Cubeacon akan memberi notifikasi yang berbunyi “Kalau belum makan, di kulkas ada telur siap didadar dan jangan lupa gembok pagar depan!”

Cubeacon sendiri telah dipasarkan ke banyak tempat di dalam negeri hingga luar negeri seperti Amerika Serikat, Brasil dan Jepang. Selain pemasaran langsung, Cubeacon juga dipasarkan melalui situs e-commerce #Lazada. Dengan harga spesial Rp 825 ribu, pembeli sudah mendapatkan tiga pemancar, akses gratis ke backend software milik Cubeacon selama tiga bulan yang selanjutnya akan dikenai biaya berlangganan.

Teknologi Cubeacon sendiri juga telah didukung penuh oleh Telkom Indonesia. Telkom memang sangat tertarik dengan Cubeacon yang akhirnya mengintegrasikan Cubeacon ke dalam infrastrukturnya. Meski belum terlalu luas pasar yang bisa dijangkau Cubeacon, Tiyo mengaku tetap optimis dan akan terus memberikan sosialiasi mengenai potensi yang dimiliki Cubeacon dan teknologi iBeacon.

Baca juga: Thunderbolt 3 ~ Inovasi Teknologi USB Dengan Kecepatan Mengagumkan

Potensi dan Prospek Cubeacon Ke Depan

Sampai disini jelas terlihat bahwa bahwa potensi yang dimiliki Cubeacon benar-benar luas dan bagus. Tidak sekedar mengirim informasi, Cubeacon juga bisa menjadi jembatan transaksi antara pelanggan dan penyedia layanan. Dengan potensi itu, Cubeacon memiliki prospek ke depan yang menjanjikan dalam melengkapi infrastruktur Internet of Things (IoT), baik di Indonesia maupun bersaing secara global.

Cubeacon yang diproduksi oleh anak negeri tentu harus kita acungi jempol. Karena itu diharapkan loyalitas pelanggan bisa terus meningkat, dan komunikasi antara kedua pihak bisa berlangsung tanpa hambatan.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. baca di tech in asia ini produk bikinan china kan? kok diaku-aku bikinan anak indonesia

  2. Karya mas Tyo

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud