Teknologi Charging Cepat Itu Seperti Apa dan Bagaimana Sih?

Teknologi-Charging-Cepat

Sejak diluncurkannya teknologi charging cepat oleh pelopornya yaitu Oppo Smartphone Find 7, teknologi ini kemudian menjadi topik yang banyak diperbincangkan. Memang terobosan yang dilakukan smartphone Oppo saat itu sangat fenomenal dengan segala kondisi dan kendala yang ada pada ponsel pintar. Bagaimana tidak, #smartphone yang secara normal membutuhkan waktu charging selama 3-4 jam dari posisi baterai kosong ini bisa dipercepat hingga 4 kali lipat hingga proses charging hanya perlu waktu kurang lebih satu jam saja.

Kini teknologi charging cepat ini sudah mulai banyak ditiru dan diterapkan pada beberapa brand ponsel. Dan kabar terbarunya kini sudah ada sebuah produk charging cepat dari Sonicable yang berupa sebuah kabel yang mampu mempercepat proses charging smartphone #Android dan iPhone hingga 2 kali lipat.

Untuk kabel charging dari sonicable sendiri sebenarnya bekerja seperti layaknya kabel sinkronisasi pada smartphone lainnya. Namun bedanya, kabel charging milik sonicable ini memiliki opsi untuk mematikan fungsi sinkronisasi untuk mempercepat mengisi daya baterai. Memang dengan mematikan fungsi sinkronisasi dengan komputer, pengisian daya baterai bisa menjadi lebih cepat.

Lalu seperti apa sebenarnya teknologi charging cepat ini bekerja? Dan apakah tekonologi ini aman dan tidak berdampak apapun pada ponsel pintar? Berikut ulasannya.



Proses Charging dan Charging Cepat

Dalam proses charging secara normal ini bekerja sebuah charger adapter yang akan memaksa ion lithium dari elektroda positif baterai (katoda) ke elektroda negatif baterai (anoda). Namun dengan berjalannya waktu, baterai akan mengalami aus dan keadaannya terus memburuk karena munculnya lapisan lithium yang terjadi akibat dorong-dorongan ion dari satu tempat ke tempat yang lain. Dan ketika ponsel di charging dengan proses yang cepat maka arus listirik akan masuk dengan secara paksa ke dalam baterai dan akibatnya sebagian besar baterai ponsel akan lebih cepat rusak.

Bagaimana Teknologi Ini Bekerja?

Teknologi charging cepat atau #teknologi VOOC Rapid Charge ini sebenarnya ada bermacam-macam jenis. Satu jenis charging VOOC telah dijelaskan pada produk sonicable sebelumnya. Teknologi VOOC lain terdapat pada smartphone Oppo find 7. Teknologi VOOC yang diterapkan Oppo ini bekerja dengan cara mengoptimalkan fungsi adaptor.

Namun untuk menjamin keamanannya, pada proses charging tahap akhir menjelang daya baterai penuh charging posel Oppo berjalan pelan untuk memberikan jeda waktu atau pengereman bertahap. Inilah yang membuat keamanan charging cepat posel pintar Oppo.

Setelah dibongkar, ternyata ada tiga rahasia dalam proses charging cepat Oppo ini. Pertama adalah adanya smart adapter yang di dalamnya terdapat software Smart Controlling yang bisa melindungi sirkuit pengisian daya dari timbulnya tegangan tinggi. Kedua, adanya chip MCU (Micro Controller Unit) yang bisa mengendalikan proses pengisian daya dengan melakukan proteksi pada adaptor, pin USB dan port baterai. Ketiga, adanya proteksi pemutus tegangan untuk menghentikanproses charging bila terjadi kondisi abnormal.

Teknologi VOOC lain dimiliki oleh smartphone Qnovo. Pada VOOC Qnovo, ada sebuah chip software yang digunakan untuk mempercepat daya pengisian. Cara kerjanya, saat ponsel Qnovo dicharge, software-nya akan mengirim sinyal ke baterai. Sinyal ini akan direspon voltase baterai dan akan mengirimkan informasi pada software mengenai status baterai seperti suhu dan riwayat charge baterai di masa sebelumnya.

Proses selanjutnya adalah software Qnovo akan menaksir seberapa banyak aliran listrik yang bisa diambil dari adaptor untuk bisa mengisi baterai dengan cepat tanpa merusak baterai. Dan proses ini akan berlangsung berulangkali saat proses charging berlangsung.

Masih Ada Teknik Charging Cepat Lain

Yang harus kita ketahui bersama bahwa proses charging cepat ini sebenarnya bisa dilakukan pula dengan teknik lain tanpa teknologi VOOC. Meski tak secepat proses charging VOOC, namun teknik ini lumayan cukup efektif untuk charging cepat dan aman. Berikut beberapa teknik charging cepat tanpa VOOC tersebut :

  1. Matikan ponsel saat proses charging
  2. Ubah ponsel pada keadaan air plane mode (mode pesawat) saat charging
  3. Gunakan charger original
  4. Charger smartphone dari listik langsung bukan lewat USB port
  5. Tempatkan ponsel ditempat yang dingin saat pengisian daya.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud