Mencermati 6 Teknik Dasar Fotografi untuk Produk Toko Online Anda

Teknik Dasar Fotografi untuk Produk Toko Online

Apa saja teknik dasar fotografi untuk produk toko online yang harus diketahui oleh para pengusaha internet? Ternyata tidak harus menjadi fotografer profesional untuk bisa mendapatkan hasil jepretan yang menarik di toko online Anda.

Hal apa yang biasanya kita tampilkan untuk mempopulerkan produk #toko online? Sebagian besar dari kita tentu sudah tahu bahwa toko online yang baik akan menampilkan deskripsi produk yang terkait dengan spesifikasi dan foto fisik produk tersebut. Ya, calon pelanggan akan memperoleh kesan pertama yang menakjubkan ketika melihat foto-foto produk yang tampak detail, profesional dan mengagumkan. Karena hal itulah kita wajib mengetahui teknik dasar fotografi sebagai bekal untuk mulai merintis toko online.

Kita tak memerlukan kamera profesional yang harganya puluhan juta atau seperangkat perlengkapan fotografi lainnya. Beberapa hal yang kita butuhkan adalah:

6 Teknik Dasar Fotografi untuk Produk Toko Online

1. Kamera yang Berkualitas

Yang dimaksud dengan kamera berkualitas bukanlah kamera SLR yang harganya selangit. Dengan 1 unit kamera digital yang cukup canggih, kita bisa mulai mengambil foto-foto produk secara detail. Pastikan bahwa kamera tersebut memiliki kemampuan lensa minimal 50 mm untuk memotret detail produk yang kecil seperti detail motif baju atau detail perhiasan.



Artikel lain: Daftar Harga Kamera Digital Terbaru

Selain memanfaatkan kamera digital, kita juga bisa menggunakan kamera smartphone yang resolusinya lumayan besar. Menggunakan iPhone 5 atau smartphone Android lainnya bisa menjadi salah satu alternatif bila kita belum memiliki kamera digital.

2. Pelajari Tehnik Pencahayaan

Bila sedang memiliki budget lebih, tak ada salahnya bila kita mengalokasikan budget tersebut untuk membeli seperangkat alat pencahayaan yang terdiri dari tripod, diffuser box dan lampu. Disamping memanfaatkan perangkat pencahayaan canggih, kita tentu bisa memanfaatkan alam untuk membangun build in yang memuaskan.

Namun saat memanfaatkan pencahayaan alami, kita tentu memperhatikan waktu pengambilan foto karena biasanya letak matahari selalu berubah-ubah tergantung waktu.

3. Menggunakan Tripod

Mengambil banyak foto dalam waktu yang lama tentu bisa membuat tangan kita menjadi pegal dan tidak fokus saat mengabadikan obyek foto. Hasilnya, foto jadi tampak buram dan kurang menarik. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menggunakan tripod untuk membantu meletakkan kamera sehingga foto-foto yang dihasilkan akan tampak seragam dan lebih menarik.

4. Background Foto Juga Penting

Background foto akan menjadi bagian dari obyek foto yang kita abadikan. Background foto yang warnanya cerah dan bersih akan membuat obyek foto jadi tampak lebih menarik. Untuk menyiasati hal ini, kita bisa menggunakan gulungan kertas karton yang digelar di meja dan salah satu sisinya dijepit dengan penjepit kertas pada ketinggian kurang lebih 1 meter dari permukaan meja.

Dengan begitu, kita akan jadi lebih leluasa untuk mengabadikan foto obyek yang kita inginkan. Background putih adalah salah satu background paling netral dan akan membuat obyek foto tampak lebih detail.

5. Perhatikan Letak Bayangan

Saat mulai mengambil foto, usahakan untuk tidak mengarahkan pencahayaan yang bisa mengakibatkan jatuhnya bayangan pada permukaan obyek foto. Hal ini malah akan membuat produk tampak kusam dan kurang menarik. Jadi, usahakan untuk mengarahkan pencahayaan untuk mengatur letak jatuhnya bayangan.

6. Pastikan Kebersihan Produk yang Akan Difoto

Mengabadikan foto produk toko online dengan kamera berkualitas tentu akan menghasilkan hasil yang sempurna. Namun sebelum mulai memfoto, sebaiknya kita memastikan bahwa tak ada debu atau sidik jari yang tertinggal pada produk tersebut.

Produk yang berdebu atau memiliki sidik jari akan membuat foto tampak kurang menarik dan terkesan berantakan. Untuk produk toko online berupa baju, kita bisa menyetrika baju tersebut agar bentuknya lebih rapi dan menarik saat difoto.

Baca juga: Fotografi ~ Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Mintalah Pendapat Orang Lain

Kadangkala kita mungkin merasa bahwa foto produk yang sudah kita kerjakan tampak sangat detail dan sempurna. Padahal kita juga harus mengetahui pendapat orang lain mengenai hasil foto tersebut. Cobalah untuk meminta pendapat dari 1 atau 2 orang yang sedang berada di dekat kita ketika sedang melakukan proses pemotretan. Bila sekiranya foto yang dihasilkan kurang berkualitas, kita bisa segera mengulang sesi pemotretan kembali di waktu tersebut.

Walaupun banyak hal yang harus diperhatikan saat akan mengabadikan foto-foto produk toko online, kita tak perlu takut untuk meng-explore hal-hal yang berkaitan dengan foto tersebut. Karena dengan banyak melakukan eksplorasi, kita bisa mempelajari lebih banyak lagi teknik-teknik dasar fotografi.

Demikianlah beberapa teknik dasar fotografi untuk produk toko online yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat.






3 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya sangat kewalahan dalam hal foto produk di website padahal itu hal pertama yang kita tampilkan untuk menarik konsumen… oya Mas, kalo kita pake foto dari website orang lain itu berpengaruh terhadap seo website kita gak ?

    • Kalau menggunakan foto orang lain, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:
      1. Hati-hati dengan gambar yang punya copy right. Kalau copy right gambarnya dilindungi mendingan jangan digunakan karena melanggar hak cipta, kecuali memang diijinkan si pemilik gambar ya.
      2. Jangan mengambil URL gambar, lebih baik download gambar lalu upload ke server sendiri. Selain lebih baik dari sisi SEO nya, juga tidak merugikan orang lain. Kalau ngambil URL gambar orang bisa memakan bandwidth si pemilik gambar.

  2. makasih mas atas masukannya,, kebetulan saya jualan kripik silet dari bandung,, dapat blajar lah dari pemaparan mas max,, terutama dalam pemotretan gambar produk . makasih, info nya bermanfaat

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud