Saat Mendapat Tawaran Kerja di Luar Kota, Pertimbangkan 5 Hal Ini

Bagi sebagian orang, bekerja di luar kota bisa saja merupakan sebuah kebanggaan. Namun sebenarnya, jika Anda mendapatkan tawaran untuk bekerja di luar kota, Anda harus bisa mempertimbangkan beberapa hal.

Tak perduli apakah yang memberikan penawaran tersebut adalah perusahaan tempat Anda bekerja sekarang, maupun perusahaan lain, Anda tetap harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan. Jika Anda mendapatkan tawaran seperti itu, sebaiknya mintalah waktu beberapa hari untuk memberi jawaban.

Apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan tersebut, perhatikan poin-poin berikut ini.

  1. Pertimbangkan Keluarga Anda

Pertimbangkan Keluarga Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk menerima tawaran bekerja di luar kota, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan keluarga Anda. Apalagi jika Anda sekarang sudah mempunyai keluarga sendiri, selain diri sendiri, Anda juga harus mempertimbangkan kepentingan keluarga Anda.

Bagaimana sekolah anak Anda misalnya, pekerjaan istri atau suami. Maksudnya adalah, apakah dengan bekerja di luar kota mempersulit salah satu anggota keluarga atau tidak, baik untuk pendidikan maupun karirnya.

Selain itu juga orang tua, apakah Anda sedang menemani orang tua atau tidak, beberapa poin ini harus Anda pertimbangkan masak-masak.

Artikel lain: 5 Tanda Anda Terlalu Ambisius Dalam Berkarir

  1. Sudah Siapkah Diri Anda?

Sudah Siapkah Diri Anda

Bukan saja keluarga, diri sendiri pun juga harus diperhitungkan. Apakah Anda benar-benar sudah siap untuk menjalani hidup di lingkungan baru. Bukan saja lingkungan kerja, lingkungan sosial juga demikian.

Anda harus bisa memperhitungkan hal ini, karena jika hanya menurut saja, maka Anda akan berpotensi mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri. Terlebih jika Anda termasuk orang yang sulit dalam pergaulan, maka sebaiknya Anda berpikir dua kali terhadap tawaran seperti ini.

Sulitnya pergaulan ini bisa menjadi penghalang dalam proses penyesuaian diri Anda baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan sosial Anda. Maka dari itu, sebaiknya tanya diri Anda sendiri mengenai hal ini, apakah diri Anda siap menjalaninya atau tidak.




  1. Pertimbangkan Situasi dan Kondisi di Tempat Kerja Baru

Situasi dan Kondisi di Tempat Kerja Baru

Yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah situasi dan kondisi tempat baru Anda. Baik tempat kerja Anda maupun situasi di tempat tinggal Anda, apakah benar-benar bisa membuat Anda nyaman atau tidak.

Jika Anda merasa nyaman, maka Anda akan bisa bekerja dengan maksimal, tapi sebaliknya, jika Anda tidak nyaman maka kinerja pasti akan menurun. Maka dari itu, sebelum menerima tawaran kerja di luar kota sebaiknya Anda kumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai kondisi tempat yang akan Anda tempati tersebut.

Sedikit informasi akan sangat berguna untuk pengetahuan Anda sebelum menerima tawaran kerja di luar kota.

  1. Bagaimana Masa Depan Anda di Perusahaan

Masa Depan Anda di Perusahaan

Jika yang memberikan penawaran kerja di luar kota adalah perusahaan, maka Anda juga perlu yakin terhadap masa depan Anda sendiri di perusahaan tersebut. Apakah dengan berpindah ke luar kota karir Anda akan semakin bagus, atau justru di luar kota membuat karir Anda menjadi terpuruk.

Ini seperti berbicara untung rugi, ketika menguntungkan untuk karir, maka Anda bisa mengambilnya. Namun jika tidak ada pengaruhnya untuk karir Anda, maka sebaiknya Anda tidak menerima tawaran bekerja di luar kota. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai kesehatan perusahaan.

Dengan pindahnya Anda ke luar kota ini apakah mengganggu keuangan perusahaan atau tidak. Karena biasanya perpindahan seperti ini tidak hanya satu atau dua orang saja, maka perusahaan juga memerlukan pembiayaan ekstra.

Baca juga: 5 Tips Agar Karyawan Tetap Produktif Saat Kerja di Rumah

  1. Jaminan Kehidupan Dari Perusahaan

Jaminan Kehidupan Dari Perusahaan

Anda juga perlu menanyakan kepada perusahaan mengenai jaminan kehidupan di tempat kerja baru Anda. Apakah kebutuhan hidup Anda dijamin seratus persen oleh perusahaan atau ada model jaminan tersendiri.

Dari sini Anda kemudian bisa mengkalkulasikan, apakah gaji dari perusahaan cukup untuk hidup di tempat baru tersebut atau tidak. Jika cukup maka Anda layak menerimanya, jika tidak, maka Anda sebaiknya berpikir dua kali. Atau mungkin saja kebutuhan hidup Anda telah dicukupi perusahaan diluar gaji bulanan Anda.

Jika demikian, maka itu merupakan kabar yang menggembirakan dan Anda pun bisa bekerja dengan lebih tenang dan fokus.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud