Beranda Social Media 3+ Cara Mengatasi Tanggal WhatsApp Tidak Akurat

3+ Cara Mengatasi Tanggal WhatsApp Tidak Akurat [Update]

Tanggal WhatsApp Tidak Akurat

Ada beberapa bug atau error yang bisa terjadi pada aplikasi WhatsApp. Salah satu masalah yang bisa terjadi yaitu tanggal di aplikasi WhatsApp tidak akurat.

Masalah ini diidentifikasi ketika ada muncul pesan, yaitu; Tanggal ponsel tidak akurat atau Your Phone Date is Inaccurate.

Apakah kamu sedang mengalami masalah ini? Kalau iya, maka sebaiknya simak artikel ini sampai akhir agar tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Tanggal WhatsApp Tidak Akurat

Bagi kamu yang belum tahu, ada beberapa penyebab masalah tanggal atau waktu yang tidak akurat pada WhatsApp, yaitu:

  1. Pengaturan waktu yang salah; hal ini bisa terjadi jika kamu mengatur tanggal dan waktu ke zona yang salah. Misalnya, kamu tinggal di Indonesia tapi waktu di ponsel zona Amerika.
  2. Pengaturan Waktu Ponsel berubah menjadi manual; mungkin kamu pernah mengubah pengaturan waktu ke manual. Misalnya saat mengganti kartu SIM dari ponsel. Hal ini dapat mengakibatkan pengaturan waktu di ponsel menjadi salah.
  3. Aplikasi WhatsApp Kadaluarsa; masalah tanggal dan waktu yang tidak akurat pada WhatsApp sering juga terjadi karena aplikasi WhatsApp di ponsel tidak update.

Kalau kita perhatikan, sebenarnya penyebab masalah tersebut terlihat sepele. Namun, ternyata banyak orang yang tidak menyadarinya sehingga tidak tahu cara memperbaikinya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Baca penjelasan selanjutnya.

Cara Mengatasi Tanggal WhatsApp yang Tidak Akurat

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tanggal WhatssApp tidak akurat. Mari kita mengatasi berdasarkan penyebab masalahnya.

1. Memperbarui Aplikasi WhatsApp

Seperti disebutkan sebelumnya, kesalahan tanggal di WhatsApp bisa disebabkan karena aplikasi WA di ponsel kamu tidak update.

Seperti kita ketahui, WhatsApp merilis pembaruan terhadap aplikasi mereka untuk memperbaiki bug atau penambahan fitur baru. Jadi, setiap kali ada update maka kamu disarankan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Playstore di ponsel kamu
  • Cari WhatsApp di Playstore
  • Ketuk aplikasi WhatsApp
  • Ketuk Update

Jika kamu melewati update WhatsApp hingga beberapa versi, mungkin saja menjadi penyebab masalah tanggal error pada WhatsApp.

Jadi, pastikan aplikasi WhatsApp di ponsel kamu sudah pada versi terbaru. Jika ada permintaan untuk UPDATE, lakukan segera.

2. Mengatur Ulang Tanggal dan Wakti Ponsel

Bisanya tanggal dan waktu di smartphone akan diatur secara otomatis sesuai dengan pengaturan provider kartu SIM. Namun, mungkin saja terjadi kesalahan saat melakukan pengaturan tanggal dan waktu di ponsel.

Hal ini bisa terjadi ketika kita mengaturnya secara manual dan salah memasukkan tanggal. Bisa juga karena melepas kartu SIM sehingga pengaturan dilakukan secara manual.

Nah, kamu bisa memperbaiki pengaturan tanggal dan waktu di smartphone dengan cara berikut:

  • Buka Pengaturan di ponsel kamu
  • Pilih menu Manajemen Umum
  • Ketuk menu Tanggal dan Waktu
  • Aktifkan opsi “Tanggal dan waktu otomatis”

Pengaturan tanggal ponsel

Dengan melakukan metode ini, maka kesalahan pengaturan tanggal dan waktu pada ponsel akan otomatis diperbaiki.

3. Menghapus Data WhatsApp

Langkah ini bisa dicoba jika dua cara sebelumnya tidak berhasil untuk mengatasi masalah tanggal WhatsApp yang tidak akurat.

Namun, pastikan kamu mencadangkan data chat WhatsApp sebelum menghapus datanya agar bisa dikembalikan lagi.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa nomor WA yang digunakan masih aktif untuk proses verifikasi saat login.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan di ponsel kamu
  • Pilih menu Aplikasi
    Pengaturan Ponsel
  • Cari aplikasi WhatsApp lalu ketuk
    Menu aplikasi WhatsApp
  • Ketuk menu Penyimpanan
    Penyimpanan WA
  • Pilih Hapus memori
    Hapus Data Clear Data

Dengan clear data WhatsApp maka bug atau error yang ada pada aplikasi ini akan terhapus. Termasuk masalah tanggal yang tidak akurat.

4. Menginstal Ulang Aplikasi WhatsApp

Apakah dengan 3 langkah di atas masalah kamu belum teratasi? Jika belum, maka kamu bisa mencoba cara terakhir, yaitu menginstal ulang aplikasi WhatsApp.

Dengan menginstal ulang maka semua data WhatsApp di ponsel kamu akan menjadi baru, termasuk versinya menjadi update. Menginstal ulang aplikasi WA bisa dilakukan melalui Playstore.

Pastikan kamu sudah mencadangkan data chat WhatsApp dan nomor WA yang digunakan masih aktif agar dapat melakukan verifikasi saat login.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Buka Playstore di ponsel kamu
  • Telusuri aplikasi dengan mengetik WhatsApp di kolom pencarian
    Cari WhatsApp
  • Ketuk Logo WhatsApp
    Ketuk Logo WA
  • Pilih Uninstal
    uninstal WA
  • Terakhir, Instal ulang aplikasi WhatsApp

Penutup

Itulah empat cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tanggal di aplikasi WhatsApp tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas harus masalah kamu sudah dapat teratasi.

Kalau diperhatikan, ternyata caranya sangat mudah dan cepat ya.

Apakah kamu punya masukan lain cara menyelesaikan masalah tanggal tanggal yang tidak akurat di WhatsApp? Silahkan berbagai melalui halaman komentar.

Baca juga: Cara Logout WhatsApp

Tinggalkan Balasan