Tanda Ini Ada Padamu? Berarti Kamu Tidak Cocok Bekerja Freelance

Image dari freelancefolder.com

Image dari freelancefolder.com

Bagi teman-teman yang saat ini menekuni profesi sebagai seorang pegawai atau karyawan, kadang memandang profesi seorang freelancer adalah profesi yang menyenangkan. Tak sedikit kemudian yang memutuskan untuk resign dari perusahaan dan menekuni profesi baru sebagai seorang freelancer tanpa melalui pemikiran yang tuntas.

Hal ini yang sering membuat mereka kemudian gagal menjalankan profesi sebagai seorang freelancer. Padahal seharusnya sebelum memutuskan untuk resign dan terjun ke dunia #freelance, harus melalui beberapa pertimbangan yang matang.

Ada beberapa hal yang sebenarnya harus teman-teman perhatikan ketika ingin menekuni bisnis sebagai seorang freelancer. Tentu saja pertanyaan pertama adalah apakah teman-teman cocok bekerja di sini, apakah freelance benar-benar passion kalian. Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, di bawah ini adalah beberapa ciri seseorang yang tidak cocok bekerja sebagai seorang freelancer.

1. Kamu Ingin Penghasilan Tetap Disertai Tunjangan

Jika teman-teman adalah seorang yang selalu mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya, maka jangan sekali-kali terjun ke dunia freelance. Karena dunia freelance adalah penuh dengan ketidak pastian, sekali waktu kalian bisa mendapatkan gaji yang sangat besar, dan mungkin saja suatu saat kalian sama sekali tidak mendapatkan pemasukan.

Apalagi tunjangan, tunjangan hanya didapatkan oleh pegawai atau karyawan. bagi seorang freelancer, diri sendiri lah yang mengatur keuangan untuk tunjangan.

Artikel lain: 7 Entrepreneur Sukses Ini Memulai Karir Sebagai Pekerja Freelance

2. Kamu Ingin Mendapatkan Sesuatu Dengan Instan

Tidak ada yang instan dalam dunia bisnis, terlebih dalam dunia freelance. Percayalah, jika teman-teman ingin mendapatkan yang instan di dunia freelance, kalian berada di tempat yang salah. Menjadi seorang freelancer memerlukan perjuangan yang tidak mudah.

Apalagi bagi teman-teman yang masih dalam tahap memulai, itu pasti akan sulit. Jika kalian termasuk orang yang ingin mendapatkan sesuatu secara instan, freelance sama sekali tidak cocok untuk kalian.

3. Kamu Adalah Orang yang Kurang Aktif

Bagaimanapun juga, menjalani profesi sebagai seorang pengusaha mandiri memerlukan tenaga lebih. Kalian dituntut bekerja lebih dari biasanya untuk menjemput peluang bisnis yang ada. Tidak beda jauh dengan freelancer, seorang freelancer tidak bisa hanya berdiam diri menunggu peluang menghampirinya.

Kalian harus aktif menjemput bola untuk mendapatkan sebuah proyek. Nah, jika kalian bukan termasuk orang yang aktif dalam melihat peluang yang ada, maka saya sarankan tidak usah menjadi seorang freelancer.




4. Kamu Tidak Tegas Mengatur Waktu

Nah, ini juga sangat penting untuk kalian perhatikan. Waktu sering menjadi kendala yang membuat para pekerja lepas tidak bisa mendapatkan kesuksesan. Kesulitan mengatur waktu adalah sesuatu yang tidak semua orang bisa mengatasinya. Padahal kemampuan mengelola waktu adalah sangat penting bagi seorang freelancer.

Karena dalam menekuni profesi ini, tentu akan ada banyak tawaran proyek yang masuk, kalau seorang freelancer tidak mampu mengelola waktu, pasti akan kacau semuanya. Maka dari itu, jika kalian adalah termasuk orang yang tidak mampu mengelola waktu dengan baik, maka tidak tepat rasanya jika kalian ingin menekuni profesi sebagai seorang freelancer.

5. Kamu Orang yang Suka Keramaian

Bukan keseluruhan, tapi kebanyakan pekerja freelance menyelesaikan proyek-proyek mereka dalam kesendirian. Mereka cenderung menyukai keadaan yang sepi dan lengang karena itu bisa memudahkan mereka dalam berkonsentrasi, sebuah alasan yang sangat masuk akal. Maka, jika karakter kalian adalah orang yang senang dengan keramaian, apalagi ketika bekerja, maka pikirkan lagi jika kalian memiliki niat untuk menjadi freelancer.

Baca juga: 4 Tips Mengatur Keuangan Yang Baik Bagi Seorang Freelancer

6. Kamu Tidak Suka Perubahan

Dalam dunia freelancer tidak akan mungkin semuanya akan tetap, pasti akan berubah pada waktu tertentu. Setiap hari bahkan setiap menit perubahan akan selalu ada, seorang freelancer dituntut selalu bisa memenuhi selera pasar yang tentu juga mengikuti perkembangan jaman.

Tidak akan bisa bersaing seorang freelancer jika hanya diam dan tidak pernah mengikuti perkembangan, apalagi tidak suka dengan perubahan. Jika kalian ada sifat seperti ini dalam diri kalian, maka sebaiknya urungkan saja niat untuk menjadi seorang freelancer, sepertinya kalian tidak cocok.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud