Takon ~ Aplikasi Lokal Untuk Kegiatan Tanya Jawab Netizen Indonesia

Takon-Aplikasi-Lokal-Untuk-Kegiatan-Tanya-Jawab

Melalui mesin pencari #Google kita bisa mencari berbagai berita, informasi, hiburan gambar, file musik hingga video secara praktis. Tapi keberadaan Google terkadang masih terasa sulit untuk menjawab aneka tantangan pertanyaan yang ingin kita selesaikan. Melalui halaman Google, kita masih harus membuka berbagai halaman website atau blog satu per satu untuk menemukan jawaban yang tepat.

Berawal dari kurang efisiennya penggunaan Google untuk menjawab pertanyaan, maka hadirlah Quora, salah satu aplikasi berkonsep from user to user yang bisa digunakan untuk mengajukan atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para penggunanya. Meski Quora memang berkonsep aplikasi tanya jawab, tapi ternyata tak banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi ini sehingga kita tak bisa mendapat jawaban yang tepat. Dengan alasan inilah, sekelompok developer muda asal Malang akhirnya terinspirasi membuat #aplikasi serupa yakni Takon.

Apa itu Takon?

Takon adalah aplikasi tanya jawab yang didesain secara simpel dan bisa digunakan secara praktis. Dibawah naungan developer PT. Techrun Innovation Indonesia, Jimmy Kurniawan bersama dengan Andry Susanto dan Willyanto Wijaya berupaya mewujudkan aplikasi tanya jawab dengan bahasa dan topik khas Indonesia. Kata Takon sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya “bertanya”. Pemilihan kata Takon sebagai nama aplikasi membuat aplikasi ini terkesan sangat unik dan bernuansa Indonesia.

Tampilan homescreen Takon begitu keren dan minimalis. Mengusung konsep flat dengan dominasi warna putih dan hijau begitu eye catching dan bisa membuat kita betah berlama-lama menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi lain: Serunya Memainkan Game Sakitnya Dimana: Disini

Fitur Apa Saja yang Ada di Aplikasi Takon?

Sejak diluncurkan pada bulan November 2014, Takon terdiri dari 5 fitur yaitu takon, topik/ explore, pertanyaan baru, aktivitas dan profil. Sebelum membuka fitur Takon, kita bisa mengakses fitur topik terlebih dahulu untuk menentukan topik apa yang pertanyaannya ingin kita ajukan atau kita jawab. Aplikasi Takon menyediakan beberapa topik untuk dibahas yakni fitur komputer, otomotif, buku serta ragam topik lainnya.




Setelah memilih topik yang ingin kita lihar, selanjutnya kita bisa mengakses fitur Takon untuk melihat berbagai posting pertanyaan sesuai dengan topik yang tadi kita pilih. Fitur Takon ini menyerupai timeline yang memuat posting pertanyaan sesuai dengan urutan waktu posting. Bila kita tertarik dengan para pengguna Takon lain yang memberikan pertanyaan dan jawaban di timeline kita, maka kita bisa memilih untuk mem-follow pengguna tersebut.

Bila ingin mengajukan pertanyaan, kita bisa segera mem-posting pertanyaan tersebut dengan masuk ke fitur pertanyaan baru. Pada fitur pertanyaan baru, kita bisa mengajukan pertanyaan berbentuk teks dengan penambahan gambar untuk memperjelas. Tak lupa kita juga harus memilih minimal 1 topik yang terkait dengan pertanyaan yang kita ajukan.

Bagaimana Dengan Fitur Aktivitas?

Hampir mirip seperti #Facebook, fitur aktivitas akan memuat beragam notifikasi dari pertanyaan yang pernah kita jawab atau kita ajukan serta aktivitas lain dari pengguna Takon yang kita follow. Tak hanya fitur aktivitas yang mirip dengan Facebook, fitur profil pada Takon juga menyerupai fitur di media sosial #Twitter. Fitur profil pada Takon memungkinkan kita untuk menambahkan foto profil serta mencari informasi mengenai jumlah follower, jumlah following, daftar pertanyaan yang pernah kita ajukan serta ragam aktivitas terbaru lainnya.

Fokus yang Ingin Dicapai oleh Aplikasi Takon

Sebagai aplikasi yang terhitung baru, hingga Desember 2014 sejak 1 bulan peluncurannya Takon sudah diunduh oleh tak kurang dari 1000 pengguna Android dan memiliki 280 akun terdaftar. Jumlah ini tentu diharapkan semakin bertambah dan mampu membuat Takon menjadi populer serta bisa menyaingi berbagai media sosial buatan luar negeri.

Walaupun kini Takon masih dikelola secara boostrap oleh para pendirinya, namun Takon berupaya untuk meningkatkan jumlah pengguna serta peningkatan kualitas konten serta penyediaan fitur. Saat pengguna Takon semakin banyak dan aktif, kedepannya Jimmy Kurniawan selaku salah satu pendiri Takon akan mulai meluncurkan konten berkonsepfreemium dan menawarkan aneka layanan advertising untuk sejumlah #startup lain seperti perusahaan travel atau jenis startup lainnya.




Baca juga: Aplikasi Petani 8villages, Saatnya Petani Indonesia Menggunakan Media Sosial

Jadi, kamu sering punya pertanyaan yang sulit dijawab oleh orang-orang disekitarmu? Unduh saja Takon melalui gadget #Android secara gratis dan dapatkan pengalaman seru bertanya jawab dengan sesama pengguna Takon dari sekarang!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud