Tak Ingin Smartphone Anda Meledak? Maka Jangan Lakukan 4 Hal Berikut Ini

penyebab smartphone meledak

Image dari ABCnews.com

Smartphone meledak? Memang bisa? tentu saja bisa. Mengapa bisa demikian? Sebab perangkat pintar dengan daya yang lebih besar ini memiliki kemungkinan besar terjadi hal fatal seperti meledak dibandingkan dengan ponsel biasa. Beberapa kejadian dari ponsel pintar yang meledak ini sudah beberapa kali terjadi.

Tak hanya dari smartphone kelas bawah, namun beberapa ponsel pintar sekelas #Apple pun pernah mengalami kejadian ini. Dari beberapa kejadian fatal yang pernah ada ini tentu saja kita sebagai pengguna harus lebih waspada dalam penggunaan perangkat ini. Tidak hanya dengan memberikan perlindungan software antivirus, namun lebih dari itu ada hal-hal yang perlu Anda lakukan dalam perawatannya.

Jangan lupa juga hindari beberapa hal berikut ini yang bisa menyebabkan smartphone ini meledak. Berikut ulasannya.

1. Usahakan Jangan Menggunakan Asesoris Palsu

Untuk menghindari agar #smartphone tidak meledak, maka hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak menggunakan aksesoris yang palsu. Ya, hal ini memang yang membuat banyaknya kasus terjadinya ponsel pintar yang meledak. Penggunaan aksesoris yang tidak tepat dan tidak asli memang akan membuat stabilitas smartphone akan terganggu.

Misalkan Anda membeli dan menggunakan baterai smartphone yang tidak asli, maka bisa jadi kebutuhan daya smartphone menjadi tidak tercukupi atau berlebihan. Dan saat daya yang diberikan tidak tepat ini maka smartphone bisa saja meledak. Dari sinilah maka Anda harus selalu memakai dan menggunakan aksesoris yang asli untuk smartphone Anda untuk menghindari meledaknya ponsel pintar.

Artikel lain: Punya Smartphone? Beginilah 5 Tips “Nge-charge” yang Baik untuk Ponsel Pintar Anda

2. Jangan Pernah Menduduki Smartphone

Bagi Anda yang sering menaruh smartphone pada saku belakang kantong celana Anda maka lebih baik mulai sekarang Anda menghindarinya. Mengapa demikian? Sebab saat Anda melakukan hal ini dan kemudian Anda tidak sadar kemudian Anda mendudukinya, maka hal ini akan membuat terjadinya hal yang fatal.

Apa hal yang fatal tersebut? Tentu saja meledaknya smartphone. Kenapa bisa demikian? Sebab saat Anda menduduki smartphone maka hal ini akan membuat tekanan yang kuat pada ponsel pintar dan kemudian akan berakibat pada berubahnya bentuk baterai secara perlahan yang pada akhirnya akan menyebabkan konseleting arus baterai dan meledak.

3. Jangan Disimpan Dalam Keadaan Tertekan 

Hal berikutnya yang bisa membuat smartphone meledak adalah disimpannya ponsel pintar di dalam tas? Disimpan di dalam tas bisa meledak? Kok bisa? tentu saja bisa, sebab saat smartphone di simpan dalam tas bisa saja perangkat pintar ini mengalami tekanan yang berlebih akibat tertindih barang-barang yang lain dengan beban yang lebih berat. Nah dari tekanan yang lebih berat ini maka akan mampu membuat bentuk baterai berubah dan kemudian menyebabkan konseleting arus baterai dan meledak.

4. Charging di Suhu Panas Dapat Pacu Smartphone Meledak

Setiap smartphone pastinya membutuhkan pengisian daya saat baterai berkurang. Nah ketika daya baterai berkurang tentunya hal ini membuat Anda harus melakukan pengisian daya. Namun saat melakukan hal ini Anda harus mewaspadai tempat atau lokasi pengisian. Mengapa demikian? Sebab ketika Anda meletakkan smartphone saat pengisian daya ini di bawah terik panas matahari maka akan menyebabkan smartphone meledak.




Hal ini terjadi terik matahari yang panas akan membuat smartphone yang sudah bersuhu panas akibat pengisian daya makin bersuhu panas. Dan jika smartphone makin mengalami panas berlebih maka bukan tidak mungkin hal ini akan membuat ponsel pintar Anda meledak. Beberapa tempat yang memiliki kontak langsung dengan sinar matahari adalah jendela, pintu atau dashboard mobil.

Baca juga: Inilah 5 Cara untuk Mengenali Ciri Smartphone Android Palsu

5. Jangan Bermain Game Berat Sambil Mengisi Baterai

Terakhir, hal yang harus Anda hindari agar smartphone tidak meledak adalah tidak menggunakan ponsel pintar ini bermain #game berat bersamaan dengan pengisian daya. Apa hubungannya bermain game berat dengan meledaknya smartphone? Jadi jika smartphone sedang dalam pengisian daya dan sekaligus dalam penggunaan game yang berat maka hal ini aka membuat prosesor bekerja lebih ekstra. Game berat memang membutuhkan kerja prosesor makin tinggi.

Pasalnya grafik yang besar membuat prosesor bekerja ekstra. Dan bila hal ini terjadi bersamaan dengan pengisian daya maka keadaan ini akan membuat smartphone menjadi super panas. Dan bila panas ini sudah mencapai derajat yang paling tinggi maka dampak buruk meledaknya smartphone bisa saja terjadi.



1 comment on this postSubmit yours
  1. kalo pas ngisi baterai sambil BBMan bis meledak gk ya? soal nya aq sering gitu

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud