Tak Ingin Beri Warisan Anak, 5 Milliuner Ini Lebih Pilih Amalkan Hartanya

miliuner dermawan

hands holding letters spelling words

Pada sebuah artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang kisah founder dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, dimana dirinya mempunyai nazar untuk memberikan mayoritas uang yang dimilikinya untuk kegiatan amal. Nazar tersebut dibuat ketika menyambut kelahiran sang buah hati. Dan selepas kelahiran putri yang diberi nama Max tersebut, Mark benar-benar menepati janjinya dengan melepas 99% saham kepemilikan #Facebook bentuk kegiatan amal.

Tahukah Anda berapa nilainya? Tak kurang dari 45 miliar dollar AS! Angka yang sangat fantastis untuk segala sebuah amal. Namun apakah benar begitu besarnya, tentu jawaban setiap orang akan cukup relatif. Namun yang pasti apa yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg tersebut menjadi tanda bagaimana seorang miliuner sepertinya juga berfikir tentang bagaimana memanfaatkan harta yang dimilikinya dengan cara yang terbaik.

Pilihan Amal Atau Mewariskan

Bagi banyak orang yang memiliki harta melimpah di dunia ini, tak jarang mereka menggunakan harta tersebut untuk berbagai keperluan dan juga keinginan duniawi. Membeli perhiasan mahal, makan di tempat mewah, membeli rumah berharga miliaran hingga liburan dengan akomodasi kelas satu mungkin menjadi kegiatan rutin mereka.

Namun ternyata, tidak semua jutawan di dunia memiliki pemikiran seperti itu. Ada juga beberapa jutawan yang justru mengambil langkah berbeda terutama dalam memanfaatkan kekayaannya. Bahkan yang unik, beberapa orang kaya di dunia ini justru tidak ingin memberikan warisan dalam bentuk harta kepada anak cucunya.

Artikel lain: Tahukah Anda, Bill Gates Jadi Dermawan Karena Sosok Ibunda




Kekayaannya yang begitu besar, dipandang akan lebih cocok jika dikelola untuk kepentingan amal seperti yang dilakukan oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Selain Mark, ternyata masih ada beberapa miliuner dunia Lain yang juga melakukan hal serupa, yakni memilih memberikan harta untuk kepentingan amal ketimbang mewariskan untuk keturunannya.

1. Bill Gates

Sebagai salah satu orang paling kaya di dunia, harta yang dimiliki pimpinan perusahaan teknologi #Microsoft Bill Gates tentu tak terhitung lagi jumlahnya. Dalam catatan terbaru, uang yang dimiliki oleh Bill Gates bahkan mencapai 84,9 trilliun dollar. Dan ternyata ketika nanti dirinya telah meninggal, Gates berpesan untuk memberikan mayoritas harganya untuk menjalankan organisasi amal Bill & Melinda Gates Foundation yang ia dirikan Bersama sang istri.

Namun tentunya ia tidak begitu saja membiarkan ketiga anaknya tanpa “kenang-kenangan” dari sang ayah. Untuk itu Bill Gates memberikan kepada setiap anaknya uang “hanya” sebesar 10 juta dollar AS.

2. Pierre Omidyar

Berikutnya ada juga pendiri situs jual beli online terbesar di dunia eBay, Pierre Omidyar yang juga mengikuti jejak Bill Gates untuk menyumbangkan mayoritas kekayaan yang dimilikinya. Dalam sebuah kesempatan, pendiri eBay ini telah menyumbangkan tak kurang 1 triliun dollar AS untuk berbagai keperluan amal.

Saat ditanya mengapa dirinya lebih memfokuskan pemanfaatan kekayaan untuk bidang amal, jawaban Pierre Omidyar sangatlah sederhana dan inspiratif, dia menjawab karena keperluan keluarga mereka tidaklah sebesar uang yang mereka miliki saat ini.




3. Gordon Moore

Masih mengulas tentang perusahaan Microsoft, kali ini giliran salah satu cofounder Microsoft, Gordon Moore yang ikut menyumbangkan begitu banyak hartanya untuk kepentingan amal. Gordon Moore dan sang istri, Betty setuju untuk memberikan harta yang dimiliki dalam program Amal Giving Pledge yang juga diprakarsai oleh Bill Gates. Secara total, Gordon Moore telah mengucurkan sekitar 1 trilliun dollar AS untuk beberapa acara amal seperti konservasi alam, kesehatan serta peningkatan komunitas di kawasan San Francisco.

4. Larry Page

Jika beberapa miliuner lain memilih untuk menyumbangkan hartanya dalam kepentingan amal secara langsung, salah satu pendiri perusahaan mesin pencari #Google Larry Page, memilih untuk memberikan hartanya dalam upaya mendukung berbagai program utamanya dalam bidang teknologi yang nantinya bermanfaat bagi umat manusia.

Dari sini, beberapa proyek yang pernah mendapat kucuran dana dari Larry Page antara lain proyek penjelajahan Mars yang dijalankan oleh CEO Tesla, Elon Musk.

Baca juga: 10 Hartawan Bidang Teknologi Yang Dikenal Paling Dermawan

5. Richard Branson

Sama seperti keempat orang sebelumnya, pendiri dari beberapa bisnis dan industri Richard Branson juga lebih banyak menghabiskan uang yang dimilikinya untuk berbagai acara amal. Selain Giving Pledge yang diprakarsai oleh Bill Gates, Richard Branson juga menyumbang untuk program pendidikan, pengembangan teknologi, serta membantu banyak anak-anak yang membutuhkan di seluruh dunia.

Dalam hidupnya Richard Branson berfikir bahwa sebenarnya harta terbesar yang harus selalu dijaga bukanlah uang ataupun aset bisnis, melainkan keluarga, teman, kesehatan serta kepuasan dalam menghasilkan sesuatu yang bersifat positif.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud