Tak Hanya Google, Microsoft Juga Bakal Sediakan Akses Internet Untuk Daerah Pelosok Indonesia

Image dari Techmoran.com

Image dari Techmoran.com

Nampaknya Indonesia benar-benar magnet yang sangat menarik bagi para pengembang #teknologi internet dunia. Mungkin mereka melihat Indonesia adalah negara dengan potensi yang luar biasa besar ke depan jika benar-benar digarap dengan serius. Bukti paling gres adalah mega proyek dari Google yang bertajuk “Project Loon” yang segera akan hadir di Indonesia.

Project Loon adalah salah satu project besar dari #Google yang berfokus pada bidang penyediaan akses internet di seluruh dunia dengan menggunakan media balon udara. Tujuan dari Google Loon sendiri adalah untuk menyediakan akses internet ke daerah terpencil yang sulit dijangkau di sejumlah negara termasuk salah satunya Indonesia. Rupanya tidak mau ketinggalan dengan Google, Microsoft pun juga akan segera meluncurkan proyek internet ke pelosok negeri dengan menggunakan teknologi yang mereka sebut dengan TV White Space.

Internet Untuk Daerah Pelosok Indonesia Dari Microsoft

Kabar yang tentunya sangat membahagiakan bagi yang berada di daerah pelosok Indonesia. Seperti halnya dengan Google yang akan memancarkan internet ke seluruh Indonesia melalui balon udara, #Microsoft juga menginisiasi penyaluran akses internet yang difokuskan pada daerah-daerah terpencil melalui teknologi TV White Space.

Bekerja sama dengan pemerintah Indonesia, Microsoft tengah mengembangkan teknologi ini. Teknologi yang sedang dikembangkan ini adalah memanfaatkan spektrum frekuensi pemancar TV yang tidak terpakai. Daripada mubadzir tidak terpakai, spektrum frekuensi pemancar TV tersebut bisa dimanfaatkan untuk alternatif pilihan baru akses internet. Menurut Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro, Indonesia adalah negara dengan potensi yang sangat besar untuk pengembangan akses internet.

Artikel lain: Asyik! Tahun Depan Balon Google Loon Mulai Sambangi Indonesia




Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan pasar mobile terbesar nomor empat di dunia. Hal ini tentu saja karena agresifitas penetrasi yang dilakukan oleh perusahaan smartphone dan akses #internet di dunia.

Kesenjangan di Daerah Terpencil Menjadi Alasan Microsoft

Begitu pesatnya perkembangan teknologi internet di kota-kota besar, berbanding terbalik dengan keadaan yang ada di daerah terpencil. Apalagi di Indonesia dengan topografi daerah yang bergunung-gunung semakin membuat kesenjangan semakin lebar. Terutama dalam bidang ekonomi dan pendidikan, jurang kesenjangan masih sangat lebar.

Kedua raksasa produsen teknologi Google dan Microsoft sebenarnya sama-sama ingin membuat rakyat Indonesia bisa merasakan teknologi internet namun membawa visi yang berbeda. Sedikit berbeda dengan Google, fokus utama dari Microsoft adalah meratakan pengembangan pendidikan dengan memanfaatkan layanan Office 365.

Pada bulan September yang lalu, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Microsoft telah menandatangani kesepakatan bersama yang menyatakan bahwa Microsoft akan memberikan akses gratis ke layanan Office bagi setiap guru anggota PGRI. Sejauh ini setidaknya ada sekitar 3,5 juta guru yang akan menikmati layanan dari Microsoft ini guna meningkatkan produktivitas guru dalam mendukung aktivitasnya di sekolah. Jika program ini benar-benar bisa berjalan sesuai dengan rencana, tentu saja akan sangat membantu meningkatkan mutu dunia pendidikan di Indonesia melalui kemudahan akses internet pada guru.

Harapan Besar Terhadap Akses Internet Di Indonesia

Bagaimanapun juga kita sadari bahwa internet di Indonesia masih sangat jauh dari kata memuaskan. Selain mahal dan sangat lambat, pemerataan koneksi internet ini masih sangat terbatas. Internet masih sangat sulit didapatkan di daerah pegunungan atau daerah terpencil. Jika tidak ada terobosan yang inovatif, saya kira akan sangat sulit sekali mendapatkan internet yang memadai saat ini.




Tentu saja kabar pemerataan internet dari Google dan Microsoft ini sangat membahagiakan bagi pengguna internet di Indonesia. Lebih dari itu, kehadiran koneksi internet yang cepat dan kemudahan akses serta murah menjadi harapan besar bagi kita semua.

Baca juga: Perkembangan Kecepatan Akses Internet di Indonesia

Tentu dengan keberadaan internet yang mudah dan murah akan meningkatkan kualitas #pendidikan dan ekonomi rakyat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semakin majunya teknologi internet akan membuka berbagai peluang dalam berbagai bidang.

Semoga saja koneksi internet yang maksimal bisa benar-benar terwujud di Indonesia. Selain itu, kemudahan koneksi internet juga harus dibarengi dengan berbagai kebijakan dari pemerintah sebagai regulasi untuk menjaga keseimbangan penggunaan internet agar tetap menjadi manfaat bukan menjadi musibah untuk warga masyarakat.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya rasa akan sangat membantu efektivitas menyebaran informasi di Indonesia jika raksasa komputer itu merealisasikan rencananya. Semoga masyarakat menyikapi dengan kecerdasan atas hadirnya teknologi super cepat di masa depan.

  2. Semoga cepat terlaksana, soalnya untuk daerah pedalaman wilayah papua masih susah sekali mencari jaringan.

    Kadang untuk mencari jaringan, pengguna harus naik permukaan tinggi.

    • amiin

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud