Sulap Ruang Kerja Jadi Lebih Hidup Dengan 5 Tips Berikut Ini

Image dari esbov.com

Image dari esbov.com

Kantor sebagai ruang kerja memang sangat berpengaruh besar terhadap produktivitas para pekerja di dalamnya. Bagaimana tidak, hampir 7 jam dalam setiap harinya mereka akan berada disebuah lokasi yang menjadi ruang kerjanya.

Bayangkan bagaimana tingkat kejenuhan yang akan terjadi pada para pekerja Anda yang berada disatu tempat yang sama selama bertahun-tahun mereka bekerja. Kejenuhan yang sangat mungkin terjadi ini bisa berpeluang besar menciptakan semangat dan produktivitas kerja karyawan menurun.

Produktivitas pekerja yang menurun ini tentu akan membuat Anda sebagai pebisnis mengalami kerugian. Maka dari itu menjadikan kantor sebagai tepat yang nyaman dan produktif adalah sebuah hal yang tak bisa Anda sepelekan. Lalu bagaimanakah cara membuat kantor sebagai ruang kerja yang menjadikan para karyawannya bekerja dengan produktif? Berikut ulasannya.

1. Gunakan Warna yang Tepat

Tips pertama untuk membuat ruang kerja menjadi tempat yang lebih produktif adalah dengan menggunakan warna yang tepat. Dominasi warna yang ada di kantor memang sedikit banyak akan mempengaruhi mood atau suasana hati para pekerja. Maka dari itu penggunaan warna di dinding, pintu serta lokasi kantor lainnya haruslah Anda perhatikan dengan seksama.

Untuk dapat memberikan daya stimulan, seorang psikolog Angela Wright mengatakan bahwa warna cerah adalah pilihan yang tepat. Namun jika Anda menginginkan susana kantor yang tenang, maka warna-warna redup adalah yang musti Anda pilih. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa untuk bisa membuat kantor memiliki pengaruh produktivitas kerja, maka pilihan warna cerah merupakan yang harus Anda pilih.




Artikel lain: 10 Tips Cara Jadi Rockstar di Kantor, Coba Deh!

2. Biarkan Cahaya Matahari Masuk

Jangan biarkan ruang kerja Anda gelap atau hanya memiliki penerangan dari lampu saja. Cahaya alami yang datang dari sinar matahari adalah salah satu komponen penting bagi kantor Anda untuk menciptakan produkstivitas kerja.

Bekerja di dalam kantor dengan mata menghadap perangkat komputer tentu akan membuat mata cepat lelah jika tidak ada cahaya masuk yang cukup. Jika mata lelah umumnya tubuh juga ikut lelah dan akhirnya membuat prduktivitas menurun. Disinilah letak keutamaan dan pentingnya cahaya bagi produktivitas pekerja di kantor.

Namun yang juga harus diingat bahwa jangan membuat banyak cahaya yang masuk ke kantor Anda. Cahaya alami berlebihan yang masuk juga tidak baik bagi Anda dan para pekerja Anda. Maka dari itu pastikan cahaya yang masuk ke kantor cukup, tidak lebih dan juga tidak kurang.

3. Jika Anda Ingin Pegawai Anda ‘Work Hard’, Bantu Juga Mereka Untuk ‘Play Hard’

Pekerja yang juga seorang manusia tentu saja bukan robot yang harus terus dipaksa bekerja tiada henti. Mereka para pekerja juga butuh refreshing atau rekreasi untuk menjaga stabilitas tubuhnya agar tidak drop atau sakit. Maka produktivitas yang berarti peningkatan kerja tentu harus diimbangi dengan refreshing atau rekreasi bagi yang mengerjakannya.




Dr. Stuart Brown, founder National Institute for Play mengatakan bahwa rekreasi atau bermain bisa meningkatkan produktivitas seseorang, berapapun usianya. Maka dari itu untuk meningkatkan produktivitas di kantor Anda harus membuat kantor sebagai tempat yang menyediakan tempat rekreasi dan bermain seperti misalnya ruang karaoke, ruang biliar, futsal, SPA dan ruang menyenangkan lainnya.

4. Sediakan Ruang Kerja Alternatif

Duduk di satu tempat dan satu lokasi bukan hanya akan membuat jenuh dan produktivitas menurun tapi juga akan menimbulkan banyak kerusakan pada tubuhseperti  penyakit jantung, leher yang tegang, degenerasi otot, dan sirkulasi yang buruk pada kaki. Maka dari itu jika Anda menginginkan pekerja Anda bekerja lebih Anda harus bisa membuat pekerja Anda bekerja di beberapa ruang kerja alternatif atau dengan bekerja dengan beberapa kondisi.

Beberapa alternatif tempat kerja lain selain meja kerja yang bisa Anda pilih untuk hal ini adalah sofa dan bantal duduk, booth, tempat kerja berdiri, dua kursi astronot, dan counter di sepanjang satu dinding. Hal senada juga dilakukan perusahaan Wandoujia asal China yang mengajak para pegawainya untuk berpindah-pindah dan bekerja di tempat yang mereka inginkan.

Baca juga: Lakukan 5 Trik Berikut Jika Terpaksa Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah

5. Sediakan Makanan Dan Minuman

Terakhir, tips untuk menjadikan ruang kerja lebih produktif adalah dengan menyediakan makanan dan minuman. Kenapa makan dan minuman? Karena makana dan minuman bisa membuat emosi menurun. Seorang yang lapar bisa tidak akan bisa berkonsentrasi dengan baik.

Lagipula, makanan adalah bahan bakar yang membuat tubuh kita bisa bekerja dengan baik. Menyediakan makanan dan minuman untuk para pekerja akan membuat mereka tetap fokus dan bertenaga untuk mencapai produktivitas yang lebih baik.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud