Sukses Dengan Cara “Gila” Ala Richard Branson

Sukses Dengan Cara “Gila” Ala Richard Branson

Richard Branson
Image dari Icaew.com

Tentu rekan-rekan semua jika saya mengatakan setiap manusia merupakan makhluk yang unik. Tidak ada 2 manusia yang benar-benar sama persis, bahkan mereka yang terlahir kembar pun tentu mempunyai beberapa perbedaan baik dari sisi fisik maupun mental dan pemikiran.

Demikian juga dalam bidang bisnis, setiap pebisnis tentu mempunyai gaya serta strategi bisnis yang berbeda. Yang unik adalah, terdapat beberapa pengusaha yang kini mempunyai nama besar serta kekayaan yang luar biasa, namun mempunyai kepribadian yang sedikit berbeda dari umumnya pebisnis lain. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, perbedaan ini bisa dalam hal gaya hidup maupun strategi bisnis yang mereka terapkan.

Seperti salah satu contohnya yakni seorang taipan multi bisnis asal Inggris yakni Richard Branson. Mempunyai beberapa bidang bisnis yang nampaknya jauh dan tidak berhubungan, keunikan dari pebisnis satu ini juga terletak dari bagaimana ia menjalankan keseharian hidupnya. Bagi Anda yang tertarik untuk menyimak lebih dalam tentang rahasia sukses dengan cara nyeleneh ala Richard Branson, bisa menyimak artikel yang telah kami rangkum di bawah ini.

Berkantor Di Atas Kapal Hingga Pulau Pribadi

Keunikan pertama dari seorang Richard Branson adalah ia tidak pernah mempunyai kantor resmi layaknya pebisnis umum lainnya. Bagi para eksekutif perusahaan besar dunia, tentu mereka mempunyai satu ruangan khusus yang terkesan eksklusif modern dan tertata dengan rapi di salah satu bagian gedung perusahaan. Namun tidak dengan pebisnis nyentrik yang satu ini, dia lebih memilih beberapa tempat tak lazim untuk ia jadikan pusat menyusun strategi bisnis.

Kembali ke masa awal ia mengembangkan usaha, Richard pernah menggunakan ruang bawah tanah rumah sahabatnya sebagai kantor ketika mengembangkan majalah “Student”. Dan setelah beberapa waktu, ia akhirnya pindah namun masih di ruang bawah tanah. Kala itu ia mendapatkan ruangan khusus di salah satu gereja di kawasan tempat tinggalnya.

Artikel lain: Inilah 5 CEO Kelas Dunia Dengan Follower Twitter Melebihi Follower Akun Perusahaannya

Berikutnya setelah bisnis recording Virgin yang ia bangun mengalami perkembangan, lagi-lagi ia memilih lokasi tak lazim untuk dijadikan kantor yakni di rumah perahu yang ia parkir di kanal salah satu pantai di kota London. Di rumah perahu ini pula, Richard sering menghabiskan waktu untuk mengasuh sang buah hati sembari menjalankan banyak kepentingan bisnis. Lebih eksklusif lagi, kabarnya Richard Branson juga mempunyai kantor di sebuah pulau pribadi yakni Necker Island yang berada di kawasan kepulauan Karibia.

Dalam sebuah kesempatan ia menyatakan bahwa, kantor tempatnya bekerja bukanlah lokasi di mana ia harus merasa terasingkan. Sebaliknya dengan memilih tempat tempat seperti rumah atau lingkungan yang dekat dengan keluarga, menjadikan semangat dan inovasi bisnisnya semakin terasa. Selain itu lokasi kantor yang sempit menurutnya justru bisa meningkatkan kolaborasi antara individu individu yang bekerja di dalamnya. Dan tak jarang inspirasi justru datang dari mereka yang memang keseharian ada di dekatnya.

Tipisnya Perbedaan “Gila” Dan Berfikir “Out Of The Box”

Dalam sebuah kesempatan Richard Branson pernah menyampaikan bahwa sebenarnya perbedaan antara berfikir “gila” dan “out of the box” sangatlah tipis. Untuk bisa melahirkan Inovasi dan kreasi yang benar benar orisinil, tak jarang ia harus melakukan banyak hal gila dan di luar nalar.

Beberapa kegilaan Richard antara lain kegemarannya terbang mengelilingi dunia dengan balon udara serta upaya untuk memecahkan rekor melakukan pelayaran lintas Atlantik. Namun ia sangat meyakini bahwa aksinya tersebut telah berhasil menyumbang ide-ide segar dalam otaknya.

Mengulas kembali pada tahun 1984, kalau itu Richard dikenal memang telah sukses dengan perusahaan label musiknya. Namun langkah radikal ia tempuh ketika membangun sebuah bisnis penerbangan Virgin Atlantic Airways. Banyak pihak yang sangat meragukan keputusan Richard tersebut. Bahkan salah satu bank yang menjadi jaminan finansialnya, mengancam akan menarik dana jika bisnis tersebut jadi dieksekusi.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Richard Branson, Taipan Bisnis Dunia

Namun apakah ancaman tersebut membuat Richard Branson gentar? Tidak! Dan hasilnya setelah beberapa waktu berupaya keras menjalankan bisnis penerbangan tersebut, justru bank yang mengancam sebelumnya ia putus kontrak dan mencari bank lain yang lebih baik.

Perbedaan cara pandang out-of-the-box ala Richard Branson, bisa kita pandang sebagai inspirasi utamanya dalam membangun sebuah bisnis. Namun tentu bukan berarti kita harus melakukan banyak hal gila seperti yang dia lakukan. Kita hanya perlu menggali lebih dalam potensi dalam diri kita, hingga berhasil menemukan satu titik yang kita yakini bisa merubah hidup kita. Get inspired!

1 KOMENTAR

  1. Bisnis Jaringan

    Adakalanya harus menjadi unik untuk mendapatkan perhatian dan memenangkan persaingan. Sangat menginspirasi terutama pemula yg sedang merintis. Dare to be different!

Tinggalkan Balasan