Suka Lupa Password Personal? Ini Dia Aplikasi Mobile Solusinya

aplikasi mobile penyimpan password

Image dari Avg.com

Seperti diketahui, saat ini layanan yang berbasis digital sudah sedemikian banyaknya. Mulai dari layanan perbankan hingga yang berbasis #internet, nampaknya bukan lagi menjadi hal asing bagi masyarakat modern. Namun satu hal yang pasti, setiap dari layanan digital tersebut umumnya mempunyai password pengaman yang wajib kita ingat.

Di sinilah letak masalahnya bahwa tidak semua orang mempunyai ingatan yang cukup baik untuk terus mengingat banyak password dari berbagai layanan yang kita gunakan. Password ATM, email, #media sosial serta layanan lainnya tak jarang terlupa karena berbagai alasan. Untuk orang biasa saja sudah cukup sulit, terlebih bagi Anda yang memang kurang lihai dalam hal ingat mengingat, tentu masalah tersebut akan terasa semakin berat.

Beruntung saat ini sudah terdapat beberapa #aplikasi mobile yang bisa membantu kita untuk mengingat berbagai password untuk banyak layanan digital yang kita gunakan. Apa sajakah aplikasi yang menjadi rekomendasi bagi kita yang ingin mencegah lupa password? Berikut ulasannya.

1. Aplikasi Mobile Lastpass

Aplikasi pertama yang bisa kita gunakan untuk memanajemen password milik kita adalah aplikasi LastPass. Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang lain, aplikasi yang satu ini bisa dibilang menjadi pilihan yang menawarkan layanan yang sangat lengkap.

Yang pertama, aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat komputer maupun ponsel berbasis #Android dan iOS. Nantinya dengan aplikasi ini kita bisa mengatur banyak password pribadi kita dengan lebih mudah melalui jaringan internet. Dari sisi keamanan, aplikasi yang tergolong berbobot ringan ini tidak perlu diragukan karena mengadopsi sistem keamanan berlapis.




Artikel lain: 8 Aplikasi Mobile Pendukung Kegiatan Sales Profesional

Selain itu bagi Anda yang ingin mendapatkan password super aman, juga bisa menciptakan password tersebut lewat aplikasi LastPass. Dengan fitur password generator, kita bisa membuat password sendiri yang kemudian akan tersimpan secara otomatis di aplikasi. Namun untuk bisa mendapatkan layanan dan fitur penuh aplikasi LastPass, kita harus membayar biaya berlangganan sebesar US$1 per bulan.

2. KeePassX

Alternatif aplikasi mobile yang bisa digunakan untuk me-manage password berikutnya adalah KeePassX. Yang unik dari aplikasi ini yang ini nantinya password yang kita unggah harus melalui layanan Google Drive ataupun Dropbox. Dengan teknologi enkripsi yang diterapkan di dalamnya, tentunya akan menjamin keamanan dari setiap password yang Anda masukkan.

Dengan fungsinya yang cukup kompleks, aplikasi ini tidak terlalu disarankan bagi pengguna pemula. Pasalnya untuk bisa mengakses fitur-fitur dari aplikasi KeePassX, sudah harus melalui beberapa tahap tertentu.

3. Dashlane

Bagi rekan-rekan yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi #iOS, aplikasi Dashlane bisa menjadi pilihan tepat untuk keperluan me-manage password pribadi. Dalam hal penggunaan, aplikasi ini juga terkesan sangat simple dan tidak membingungkan.




Secara umum fungsi dari aplikasi Dashlane adalah untuk membuat sebuah password yang kuat, menyimpan password tersebut, serta dapat mengisikan secara otomatis password ketika kita ingin masuk pada satu layanan tertentu. Bagi yang ingin menggunakan layanan premium dari aplikasi ini, dikenakan biaya sebesar US$ 3 untuk setiap bulan.

Baca juga: Inilah 5 Rekomendasi Aplikasi Backup Data Android Nggak Pake Ribet

4. Sticky Password

Dan aplikasi terakhir yang dapat membantu kita mengatur dan me-manage password pribadi adalah aplikasi Sticky Password. Meski berada di posisi buncit, bukan berarti aplikasi yang satu ini tidak cukup powerful untuk menghandle kebutuhan organisir kata sandi Anda.

Selain memiliki kelebihan dapat dijalankan di perangkat komputer maupun ponsel, terdapat juga layanan cloud syncing yang dapat menyelaraskan kata sandi dengan layanan digital yang anda gunakan. Tidak hanya itu, untuk menambah tameng keamanan terdapat juga #teknologi konfirmasi biometrik ketika pengguna akan masuk pada halaman muka aplikasi.

Teknologi selalu menawarkan beragam kemudahan bagi manusia. Namun di sisi lain teknologi juga dapat mengantarkan kita pada beragam ancaman serta kemungkinan buruk yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu langkah yang terbaik adalah mengantisipasi dengan mempertebal sistem keamanan perangkat teknologi yang kita miliki.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud