Sudah Tahu Belum? Logo Facebook Berubah Lo!

Image dari Webdesignerdepot.com

Image dari Webdesignerdepot.com

Ada yang sudah tahu kalau #Facebook telah ganti logo? Coba cek logo Facebook sekarang. Banyak yang akan mengira bahwa logo facebook tidak akan berubah meski telah melihatnya berulang-ulang. Saya sendiri masih harus mencermati dengan teliti logo baru Facebook tersebut meskipun mengetahui kabar bahwa Facebook telah mengubah logonya.

Sebagai perusahaan raksasa yang berdiri sejak tahun 2004, Facebook tercatat baru dua kali melakukan perubahan logo. Pertama, perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat mengganti logonya di tahun 2005. Dan yang kedua, #media sosial terpopuler ini melakukan perubahan sekarang di bulan Juli tahun 2015 sekarang.

Lalu seperti apakah wujud perubahan logo Facebook saat ini? Dan apakah ada tujuan tertentu dari perubahan logo tersebut? Berikut ulasannya.

Perubahan yang Tak Mencolok

Perubahan logo Facebook yang terjadi saat ini memang tak terlalu mencolok. Karena wujud yang berganti hanya sebatas pada huruf dan font. Huruf “f” pada sebuah persegi berwarna biru yang menjadi lambang Facebook masih tetap dipertahankan. Namun pada huruf lainnya Anda akan menemukan perubahan jika Anda teliti melihatnya. Ya, huruf yang berubah adalah huruf “a”. Huruf “a” pada logo yang baru memiliki perubahan bentuk ukuran huruf yang terasa lebih kecil dan langsing.

Selain huruf, perubahan juga terjadi pada font dan karakter huruf. Jika Anda amati, pada logo lama, karakter huruf menunjukkan kesan yang tebal atau tinggi. Namun pada logo baru yang sekarang, karakter huruf terasa tipis dan fleksibel. Pada font sendiri, logo baru Facebook telah berubah menjadi font Klavika.

Artikel lain: TheFind, Mesin Pencari Belanja Online yg Resmi Diakuisisi Facebook

Bekerja Sama Dengan Eric Olson

Terkait font pada logo terbaru, Facebook telah menjalin kerjasama dengan Eric Olson dari Process Type Foundry yang memiliki hak cipta pada font Klavika. Saat mendapatkan font tersebut, tim desainer internal Facebook pun segera bekerja mendesain font untuk logo terbaru Facebook. Dan akhirnya lahirlah logo Facebook yang sekarang terasa lebih bersahabat dan eye caching.

Tidak Banyak Orang yang Menyadari perubahannya

Dari segala perubahan yang ada, dapat disimpulkan bahwa logo Facebook terbaru ini tak terlalu nampak berbeda dengan logo lama. Walhasil, banyak orang yang tidak menyadari pergantian logo tersebut. Memang jika dilihat sekilas logo ini tidak nampak berubah, namun jika Anda mau mengamatinya lebih seksama maka Anda akan mampu mendapati perbedaannya.

Kepala Kreatif Facebook, Josh Higgins pun menyatakan bahwa  logo terbaru Facebook ini akan membuat orang tak menyadari perubahannya. Hal ini disebabkan orang-orang yang jarang memperhatikan dan menggunakan logo Facebook tersebut secara lengkap. Untuk bisa mendapatkan perubahan yang ada pada logo baru ini, pihak desainer logo menyarankan agar seseorang lebih teliti dan cermat.

Tampil Lebih Mobile dan Fresh

Perubahan logo Facebook ini menjadi cerminan bahwa pengguna #smartphone adalah hal yang penting bagi Facebook. Hal ini terbukti dari kesan logo baru yang lebih mobile dan ramah smartphone. Dengan banyaknya ruang putih, memang akan membuat logo baru Facebook ini terlihat lebih baik di layar ponsel ketimbang logo lama.




Selain logo yang lebih mobile, logo terbaru Facebook ini juga terasa lebih fresh dan santai. Kepala Kreatif FB,  Josh Higgins sendiri menyatakan bahwa logo terbaru Facebook dirancang agar terlihat lebih ramah di mata. Perubahan menuju tampilan yang lebih mobile ini memang sangat disadari Facebook untuk bisa mengakomodasi pertumbuhan perangkat mobile yang luar biasa.

Saat ini sendiri lebih dari 1,44 miliar orang mengunjungi Facebook setiap bulannya, kebanyakan dari perangkat ponsel. Pada kuartal pertama, 87% pengguna mengakses Facebook dari ponselnya. Naik 79% dari tahun sebelumnya. Pendapatan iklan mobile Facebook pun pada tahun 2014 telah menyumbang 65% dari total pendapatan iklan Facebook. Pendapatan mobile ini sendiri naik 45% pada tahun 2013.

Baca juga: Facebook Riff, Aplikasi Baru Untuk Membuat Video Kolaborasi

Sudah Direncanakan Sejak tahun 2012

Di balik peluncuran logo baru Facebook kemarin, ternyata perubahan pada logo tersebut sudah direncanakan Facebook semenjak tahun 2012 silam. Hal ini seperti yang diungkap oleh mantan bagian kreatif FB, Ben Barry, bahwa keinginan Facebook itu baru bisa terwujud bulan Juli 2015 saat ini. Lebih lanjut, logo baru ini akan mulai digunakan baik di #aplikasi mobile ataupun situs desktop dalam jangka waktu dekat setelah peluncurannya.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Wahh…. ternyata berubah too… ndak sadar saya walaupun pengguna aktif

  2. Sebenernya saya sendiri juga tidak menyadarinya,, karna saya cek perubahannya tidaklah begitu besar.

  3. Baru sadar mas kalau logo facebook berubah. Padahal tiap hari buka facebook.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud