Studio Union Yoga ~ Menilik Perkembangan Bisnis Kursus Acroyoga Dengan Laba Besar

Studio Union Yoga

Image dari Blogto.com

Yoga saat ini memang telah menjadi salah satu olah raga yang telah populer dikalangan masyarakat. Dengan penggemar yang makin banyak setiap tahunnya, olahraga ini pada akhirnya memunculkan turunannya yaitu acrobatic yoga (acroyoga). Acroyoga sendiri pertama kali dikenal di Montreal, Kanada dan Amerika Serikat tahun 2002-2003 hingga kemudian meyebar ke Indonesia.

Di kalangan kaum urban, acroyoga memang telah banyak digandrungi oleh kaum urban yang memiliki latar belakang dari pegawai kantoran hingga selebritas papan atas. Dari tingginya permintaan dari masyarakat terhadap acroyoga ini membuat Fajar Putra, penggiat acroyoga, mendirikan usaha bernama “Studio Union Yoga” sejak September 2014.

Dengan perjuangan dan kerja kerasnya kini Fajar Putra telah sukses menjadikan “Studio Union Yoga” menyerap laba yang besar dan menarik. Lalu bagaimanakah cerita bisnis “Studio Union Yoga” yang dirintis oleh Fajar Putra ini? Berikut ulasannya.

Awal Mula Usaha Studio Union Yoga

Bersama kedua sahabat karibnya, Cocolio dan Junita Caesar, Fajar Putra menjadi pemilik saham Union Yoga. Meski tidak mau menyebut nilai investasi yang dikeluarkan, namun Fajar menyatakan bahwa modalnya cukup besar dan diperoleh dari tabungannya yang dikumpulkan dalam empat tahun terakhir. Modal besar dari bisnis ini bisa dilihat dari lokasi usahanya yang terletak di kawasan prestisius, yaitu Jl. Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dengan ilmu arcoyoga yang dimilikinya, maka Fajar telah menjadi praktisi dan juga sekaligus guru acroyoga pertama di Indonesia. Pria lajang kelahiran 29 tahun silam ini memang sudah sangat profesional dengan ilmunya, sebab ia telah mengajar acroyoga sejak tahun 2006 untuk kelas privat. Bahkan pada awal-awal usahanya mempopulerkan arcoyoga, Fajar bahkan harus berkorban banyak untuk tidak memungut bayaran sepeser pun pada kliennya. Namun dengan perjuangannya dan kerja kerasnya ini Fajar akhirnya sekarang telah mampu memetik buahnya.




Artikel lain: Junius Rahardjo ~ Sukses Antarkan Produk Herbal Lokal Tembus Pasar Internasional

Tawarkan Beragam Pelatihan Yoga

Dalam usahanya ini Fajar menyatakan bahwa Studio Union Yoga menawarkan beragam pelatihan yoga, seperti acroyoga, bikram yoga atau sveda yoga. Untuk tarifnya sendiri Fajar membanderol Rp 450-750 ribu untuk kelas privat.

Sedangkan untuk kelas umum Fajar mematok tarif sebesar Rp 250 ribu. Dengan banyaknya klien yang kini dimiliki, maka Stuido Union Yoga yang memiliki kapasitas maksimum mencapai 60 orang setiap sesi akan memiliki durasi untuk setiap sesinya mencapai 60 menit.

Pemasaran Studio Union Yoga

Menurut Fajar melejitnya usahanya hingga mampu menarik banyak selebriti ini tidak terlepas dari promosi word of mouth atau getok tular dari seorang artis. Dari satu orang artis ini yang telah merasakan kepuasan berlatih yoga di Studio Union Yoga, ia akan mempromosikan ke teman-teman artis lainnya. Dari sanalah kemudian Fajar mampu menjaring puluhan artis lainnya yang kini menjadi murid Fajar. Jumlah artis yang berlatih yoga di Studio Union Yoga sendiri saat ini sudah mencapai 50 orang yang kebanyakan dari mereka mengambil kelas privat.

Selain menjalankan promosi word of mouth, pria alumni Jurusan Public Relations Universitas Paramadina, Jakarta ini juga melakukan marketing online dengan cara menggunggah aksi acroyoga-nya bersama para pesohor ke media sosial seperti Instagram, Path, Twitter dan lainnya. Menurut Fajar, promosi atau marketing dengan jaringan online ini sangat sangat efektif untuk menjaring konsumen.




Baca juga: haiDokter ~ Startup Baru yang Menghadirkan Layanan Kesehatan Digital Untuk Para Generasi Muda

Pencapaian Usaha

Walau usahanya belum genap  berumur dua tahun namun Studio Union Yoga telah mampu menyerap klien dalam jumlah yang banyak. Bahkan beberapa dari kliennya ini merupakan artis terkenal seperti Carrisa Putri, Ario Bayu, Chelsea Olivia, Rossa, Ivan Gunawan, hingga pendangdut Inul Daratista. Dari kalangan publik, Studio Unio Yoga ini juga telah mendapat respon yang bagus.

Pasalnya telah ada sekitar 250 orang menjadi member Union Yoga. Peserta lain kelas yoga Fajar ini sendiri tidak hanya berasal dari Jakarta, namun peserta dari luar kota seperti dari Bandung, Makassar Semarang dan Yogyakarta juga berdatangan mencoba kelas yoga. Guru atau instruktur Yoga di Studio Unio Yoga sendiri sudah ada 15 guru yoga yang menjadi mitra kerja.

Meski telah terbilang sukses, namun ternyata Fajar masih belum puas. Ia pun memperluas bisnisnya dengan membuka agensi guru yoga bernama Penyogastar. Selain membuka Penyogastar, sejak bulan Desember tahun 2014 sendiri Fajar juga telah melakukan road show ke Makassar dan Surabaya untuk kelas indoor.



1 comment on this postSubmit yours
  1. apakah yoga juga sama dengan semedi

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud