Inilah 7 Strategi Planet Ban Untuk Jadikan Bisnisnya Terus Berputar Kencang

Strategi Planet Ban

Image dari Loker.web.id

Planet Ban merupakan usaha atau bisnis yang melayani penggantian ban baru untuk sepeda motor. Dengan konsep gerai maka konsumen akan diberikan kenyamanan yang lebih saat mereka sedang mengganti ban motor mereka. Berdiri sejak tahun 2010, kini Planet Ban telah berkembang pesat dengan pertumbuhan dari 220 gerai di tahun 2012 dan sekarang yang telah ada 360 gerai Planet Ban di Jawa, Bali dan Kalimantan.

Selain gerai ban motor, saat ini Planet Ban yang berada di bawah PT. Surganya Motor Indonesia (SMI) juga telah merambah layanan ganti ban untuk mobil. Dengan pertumbuhan yang pesat ini ternyata Direktur Utama SMI yaitu Andi Harjoko masih belum puas. Ia masih memiliki rencana dan target untuk memperluas area gerainya ke Sumatera.

Bahkan untuk target yang satu ini Andi sudah mengambil ancang-ancang untuk membuka gerai Planet Ban baru di Lampung dan Sumatera Selatan di tahun 2017 nanti. Dari perkembangan dan pertumbuhan Planet Ban yang drastis ini kita tentu penasaran apa strategi yang dipakai dan diterapkan oleh Andi Harjoko ini? Untuk menjawabnya kita ikuti ulasannya berikut ini.

1. Semua Gerai Dikelola Sendiri

Strategi Planet Ban yang pertama untuk bisa tumbuh cepat adalah dengan mengelola gerai secara sendiri dan mandiri. Di sini maksudnya adalah semua gerai Planet Ban yang ada dikelola oleh pusat dan tidak diwaralabakan kepada pihak lain. Strategi ini memang terbukti jitu untuk membuat setiap gerai Planet Ban berjalan dengan kualitas yang bermutu. Dari sini maka konsumen pun akan lebih pada setiap brand Planet Ban yang ada di mana-mana.

Artikel lain: Valo Car Care ~ Bisnis Cuci Mobil Unik Mengusung Kampanye Peduli Lingkungan




2. Jual Ban yang Masih “Fresh”

Karena produknya fokus menjual ban maka pihak Planet Ban juga sangat memperhatikan kualitas ban. Planet Ban sendiri menjual ban yang masih fresh, yaitu ban yang baru dan tidak berumur lama. menurut pihak Planet Ban, ban yang terlalu lama disimpan dan tidak dipakai (lebih dari setahun), memang akan membuat kualitas ban menurun dan tentunya yaitu mengurangi umur ban ketika dipakai.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Konsumen

Untuk membuat konsumennya puas atas pelayanannya, pihak Planet Ban selalu menawarkan pilihan ban yang sesuai dengan kebutuhan kepada konsumen yang datang. Planet Ban sendiri memiliki variasi pilihan produk yang beragam, mulai dari ban yang sesuai dengan standar sampai ban yang high quality.

4. Pemasangan Ban yang Profesional

Karena gerainya juga melayani pemasangan ban, maka Planet Ban juga memperhatikan prosedur pelayanan yang baik. Dalam hal ini Planet Ban mengerjakan pemasangan ban secara profesional yaitu dengan menggunakan mesin. Bahkan pengisian nitrogen pun juga dilakukan dengan menggunakan mesin. Layanan profesional ini makin diperkuat dengan adanya para mekanik yang sudah terlatih dan melewati proses pengawasan yang ketat.

5. Strategi Planet Ban Lewat Fasilitas Gratis

Strategi yang juga membuat banyak konsumen berdatangan ke Planet Ban adalah adanya fasilitas gratis yang disediakan Planet ban kepada para pelanggan yang setia dan loyal. Untuk menjadi pelanggan yang loyal sendiri, konsumen diharuskan memiliki kartu Planet Ban yang akan ditawarkan pihak Planet Ban kepada konsumen pada saat membeli ban.

Baca juga: Dery Car Seat ~ Bisnis Jasa Modifikasi Sarung Jok Mobil dengan Layanan Home Service




6. Miliki Teknologi Khusus Cairan Anti Bocor 

Berikutnya strategi Planet Ban bisa berkembang pesat adalah adanya keunggulan cairan anti bocor untuk ban tubeless yang dimiliki Planet Ban. Keunggulan ini memang juga salah satu yang menarik konsumen datang.

7. Jalin Kerjasama dengan Pihak Perbankan dan Pabrik

Terakhir, strategi Planet Ban menjadikan usahanya berkembang pesat adalah dengan menjalin kerja sama dengan pihak bank. Terhitung mulai bulan Juni 2015 silam, Planet Ban memang telah bekerja sama dengan dua Bank ternama yaitu BCA dan Bank Mandiri. Kerja sama ini sendiri menyangkut program cicilan pembelian produk dengan bunga 0% untuk konsumen. Selain jalin kerja sama dengan pihak Bank, PT SMI yang menaungi Planet Ban juga diketahui telah bekerja sama dengan pabrik ban untuk memberi hadiah, seperti beli satu pasang ban dapat helm dan hadiah lainnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Kalau mau kerjasama caranya bagaimana di getasan kabupaten semarang, saya punya lokasinya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud