5 Strategi Pemasaran Online Standar Yang WAJIB Dilakukan Jika Ingin Bisnis Anda Bertahan

strategi-pemasaran-online-standar

Image dari Medium

Bukan rahasia lagi bahwa internet sudah menjadi kebutuhan POKOK bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, bagi masyarakat urban di Indonesia, kegiatan sehari-hari mereka selalu berhubungan dengan internet, misalnya berinteraksi dengan orang lain di #media sosial, membaca petunjuk jalan dengan Waze atau Google Maps, membaca berita di media online, transaksi online, dan masih banyak hal lainnya. Saya adalah salah satu orang yang akan merasa kesulitan ketika ‘lepas’ dari koneksi internet, mungkin Anda juga.

Nah, bila kita hubungkan dengan dunia bisnis, sudah terbukti bahwa kekuatan internet telah memberikan dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis di Indonesia. Banyak bisnis kecil yang berhasil memanfaatkan internet dengan baik sebagai media pemasaran mengalami pertumbuhan pesat, walaupun memang ada beberapa bisnis yang tidak mengalami hal serupa.

Pertanyaannya kemudian adalah, strategi pemasaran online seperti apa yang efektif dalam #marketing online? Apakah Anda atau saya harus menjalankan semua jenis pemasaran online agar bisa memaksimalkan pertumbuhan bisnis?

Sebenarnya kita tidak perlu menjalankan semua strategi pemasaran online, karena ini akan sangat menyita waktu dan uang, dan tidak akan efektif. Namun, jika kita ingin membangun reputasi bisnis di internet dan juga ingin memberikan pelayanan lebih baik bagi pelanggan, maka ada 5 strategi pemasaran online standar yang wajib dilakukan oleh bisnis Anda. Berikut ulasannya.

1. Membangun Website/ Blog Bisnis

Menurut saya, memiliki sebuah website/ blog adalah salah satu hal yang sangat krusial bagi pebisnis saat ini. Jika Anda tidak memiliki website/ blog, maka bisnis Anda akan semakin tertinggal, atau bila tidak, kemungkinan besar bisnis Anda hanya akan ‘jalan di tempat’.




Website/ blog adalah tempat di mana orang-orang bisa lebih mudah menjangkau dan menghubungi kita, sehingga kita akan memiliki kesempatan lebih baik dalam membangun leads dan pelanggan baru. Dengan keberadaan website maka pelanggan lama juga bisa lebih mengenal, dan lebih percaya pada bisnis Anda karena reputasi online yang sudah Anda bangun.

Bayangkan bila seorang calon pelanggan mengetahui bahwa bisnis Anda tidak punya website. Kemungkinan besar dia tidak akan menanggapi penawaran bisnis Anda secara serius karena tidak mengikuti trend modern. Ingin sukses berbisnis di era teknologi seperti sekarang ini tapi tidak mau membangun website? Sulit bro!

Artikel lain: Belajar Mengenali Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

2. Membuat Akun Social Media Untuk Bisnis Anda

Selain memiliki website/ blog untuk bisnis, membangun akun media sosial untuk bisnis juga merupakan sesuatu yang sangat penting lho. Ini bukan tentang berapa banyak akun media sosial yang Anda miliki, bukan juga tentang seberapa sering Anda posting di media sosial. Tapi lebih kepada seberapa baik kualitas profile akun media sosial Anda.

Menurut pengalaman saya, beberapa platform media sosial yang ‘wajib’ Anda gunakan untuk kepentingan bisnis adalah Facebook, Twitter, Google Plus, dan Instagram. Profile media sosial ini bisa sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa bisnis Anda ‘dekat’ dengan dunia modern. Selain itu, memiliki akun media sosial untuk bisnis akan membuat bisnis Anda dikenal lebih banyak orang, khususnya para pengguna media sosial.




3. Ulasan Mengenai Website Bisnis Anda di Internet

Ulasan singkat mengenai bisnis Anda di Internet ternyata bisa menjadi sebuah keuntungan besar. Ada beberapa website direktori yang sering dijadikan rujukan oleh para pengguna internet ketika mereka mencari informasi. Misalnya website Tripadvisor.co.id, website ini seringkali menjadi rujukan para traveler yang ingin mencari hotel atau tempat penginapan saat mereka ingin berlibur. Bila Anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan traveling (hotel/ penginapan, restoran, obyek wisata, bisnis cinderamata, dan lainnya), maka ulasan mengenai bisnis Anda di website ini akan menjadi promosi gratis yang bisa membuat bisnis Anda lebih terkenal.

Selain menggunakan website pihak ketiga seperti Tripadvisor, kita juga bisa memanfaatkan ulasan bisnis di website/ blog lain yang cukup populer. Misalnya Anda punya bisnis waralaba yang ingin dipasarkan, Anda bisa memanfaatkan promosi di portal bisnis waralaba yang cukup populer seperti Waralabaku.com, Ayowaralaba, Waralaba.com, dan lain-lain.

Meminta bantuan blogger untuk mengulas bisnis kita juga merupakan hal yang baik. Ulasan dari para blogger dapat meningkatkan reputasi web bisnis Anda, baik dari sisi branding maupun dari sisi SEO (search engine optimization). Namun, perlu juga kita perhatikan niche dan kualitas blog yang ingin kita minta bantuan. Pastikan niche blogger tersebut masih berhubungan dengan niche web bisnis Anda, misalnya bisnis Anda berhubungan dengan traveling, maka sebaiknya meminta bantuan dari travel blogger atau blog yang membahas tentang traveling.

4. Update Website/ Blog Secara Berkala

Memiliki website/ blog dan akun media sosial untuk bisnis bukan berarti tugas Anda sudah selesai. Ketika dibutuhkan, Anda harus berupaya untuk selalu memberikan update di website tersebut. Sebagai contoh, misalnya ada perubahan harga, perubahan layanan, atau bahkan penawaran baru di bisnis Anda, tentunya pelanggan Anda harus mengetahui hal ini.

Selain itu, untuk menjaga atau meningkatkan reputasi website bisnis di internet, Anda juga bisa memberikan tips-tips atau informasi penting berupa artikel atau video yang bisa membantu orang lain menyelesaikan masalahnya. Masyarakat urban biasanya mencari informasi di Google ketika membutuhkan bantuan untuk masalah mereka. Nah, konten Anda tersebut bisa saja sangat berharga bagi orang lain karena sudah membantu mengatasi masalah mereka, dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan Anda berikutnya. Jadi, update website/ blog itu sangat penting ya.

5. Informasi Kontak Bisnis Anda

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu mencantumkan informasi kontak bisnis Anda di website bisnis atau di akun sosial media. Namun, alasan terpenting mengapa Anda harus mencantumkan informasi ini di website Anda adalah agar calon pelanggan potensial Anda mudah menghubungi. Beberapa informasi kontak yang wajib Anda cantumkan di website adalah alamat email dan nomor telepon (fix line atau hp). Jika dibutuhkan, mungkin Anda juga perlu menambahkan fasilitas live chat di website Anda.

Dengan memberikan informasi mengenai bisnis Anda, maka pelanggan setia akan lebih mudah menjangkau dan membeli produk Anda. Selain itu, memberikan informasi kontak bisnis yang akurat kepada audiens akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pebisnis yang profesional.

Baca juga: Apa Perbedaan Antara Internet Marketer dgn Pelaku Bisnis Startup?

Tambahan

Ok, Anda sudah memiliki semua layanan online yang disebutkan di atas, tapi Anda masih menginginkan lebih. Jika ingin melakukan strategi pemasaran online yang lebih baik lagi maka Anda harus melakukan optimasi. Beberapa optimasi yang saya maksud adalah:

1. SEO (Search Engine Optimization), SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google.

2. Membangun dan terlibat dengan audiens media sosial adalah sebuah upaya yang tidak akan sia-sia. Tidak cukup hanya memiliki akun media sosial dan memposting konten yang bermanfaat bagi mereka. Ikut terlibat dengan audiens di media sosial akan membantu meningkatkan authority bisnis Anda di media sosial, dan tentunya ini akan menciptakan peluang baru untuk mendapatkan leads lebih banyak.

3. Beriklan di Google dan sosial media bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mendapatkan trafik dan leads lebih cepat dan lebih besar. Sejauh pengalaman saya beriklan di media sosial, Facebook Ads adalah media yang paling efektif dibanding dengan media sosial lainnya seperti Twitter, Instagram.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus berusaha untuk open-minded mengenai peluang pemasaran online karena memang sekarang adalah era digital. Tidak perduli bisnis Anda masuk dalam kategori bisnis yang sudah kuno, pemasaran via internet bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan performa bisnis Anda, atau setidaknya akan membuat bisnis Anda mudah dijangkau pengguna internet.



10 total comments on this postSubmit yours
  1. Tips tambahan. Khusus e-commerce yang punya web sediri tapi bingung gimana promoin web-nya. Caranya ikut jualan di marketplace, setiap ada produk yang kejual masukin selembaran berisi web dan akun medsos. Sederhana dan simpel.

  2. solusi yang cukup bermanfaat bang

  3. konsistensi konten dalam toko online harus di perkuat kayaknya

  4. saya punya blog mas. cuman belum nyobain yang namanya, ads. kira-kira kalo kita beriklan di facebook. suatu saat kita berenti beriklan, mungkin karena kurang dana atau lainnya..
    apakah visitor jadi turun mas…?

    maksih.

    • Ya pasti turun mas. Kalau mau trafik yang terus menerus ya wajib beriklan atau harus ngerti SEO untuk dapat trafik dari Google

  5. Benar sekali itu mas internet merupakan suatu yang vital untuk bisnis, kayaknya kalau jaman sekarang kalau bisnis belom bertransformasi ke online tuh kurang gimana gitu hehehe.
    Apalagi sekarang banyaknya startup yang terbentuk di Indonesia ini, semoga Indonesia bisa juga maju di sektor start upnya. Amin..

  6. Pilih produk yg everleasting (produk yg selalu dibutuhkan)

    • Misalnya produk obat kuat pria ya pak Huda, selalu dicari para pria…everlasting business :)

  7. Memang internet sangat di butuhkan sekali untuk sekarang ini,selain untuk menjalin hubungan kerja sama yang lebih luas,tentunya juga internet bisa untuk di jadikan ladang mencari uang tambahan.

    • Betul sekali mas Rio, bahkan sekarang menjual keripik pun bisa lewat internet hehehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud