Strategi Marketing LINE – Apa yang Membuatnya Menarik?

Strategi-Marketing-LINE

Anda pasti tahu platform social networking yang satu ini, apalagi beberapa waktu terakhir ini namanya semakin berkibar. Ya, LINE! Anda juga pasti pernah melihat iklan LINE di ranah offline, mulai dari sekadar promo fitur-fiturnya hingga sampai mengiming-imingi hadiah mobil jika melakukan ini dan itu.

Bicara soal socmed, sekarang ini makin banyak sekali #media sosial yang bertebaran. Yang uniknya adalah, masyarakat juga tidak henti-hentinya menampung sesuatu yang baru, meski platform-nya sama. Setiap brand social media saling menunjukkan keunggulan masing-masing. Sebagai contoh platform LINE yang memang ditekankan pada fitur messenger namun memiliki fitur pendukung lainnya. Beberapa di antaranya adalah grup chat, permainan dan bisa dimainkan bersama, bisa update status dan sebagainya. Penggunapun memang tidak hanya menginginkan fitur messenger-nya saja.

LINE memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan sebelum pihak LINE gencar melakukan promosi hingga ke media offline, sebenarnya LINE sudah punya pasar fanatik. Bukan hanya soal mengeluarkan biaya besar untuk marketing, LINE sukses menjawab strategi marketing yang bisa dikatakan sangat kreatif! Coba tanya pada pengguna LINE, atau mungkin Anda salah satunya: Apa yang membuat Anda tertarik pada LINE? Survei mengatakan bahwa mereka suka pada karakter-karakter cute yang dimiliki (bahkan oleh mereka para pria), terdapat game menarik dan program-program khusus ‘iseng-iseng berhadiah’.

Mari kita simak strategi marketing LINE ini, yang walau tanpa beriklanpun, mereka bisa meraih simpati calon pengguna dan mempertahankan pengguna mereka. Tidak hanya sampai di situ, LINE-pun berhasil memperoleh profit, bahkan bukan dari iklan.



Artikel lain: Social Media Baru yang Sedang Trend di 2014

Strategi Marketing LINE yang Menarik

1. Sticker-Sticker Cute

Emoticon yang dihadirkan LINE sangat menarik. Karakter-karakter tersebut dinamakan “sticker”. Menariknya lagi adalah LINE punya karakter-karakter yang mem-branding mereka, layaknya McDonalds dengan Ronald McDonalds-nya, Alfamart yang punya maskot Albi dan KFC dengan Colonel Sanders.

LINE-pun punya karaker-karakter yang konsisten ditampilan sebagai sticker mereka, ada Moon, James, Brown, Cony dan Sally. Anda pengguna LINE pasti sudah tidak asing dengan karakter-karakter ini. Ditambah lagi, ada banyak sticker-sticker lucu lainnya. Inilah yang membuat pengguna bahkan rela mengoleksi sticker-sticker lainnya dengan cara membeli di LINE store.

2. Emotional Feature

Inilah yang membedakan LINE dengan fitur messenger lainnya yang dimiliki oleh brand lain. LINE bisa memberikan sentuhan emosional. Contohnya? LINE memberikan fitur LINE camera yang memungkinkan kita mengedit foto serta menambah sitcker dan icon lain pada foto kita. Selain itu, LINE juga menghadiran LINE card yakni kartu ucapan singkat yang dibubuhi karakter-karakter LINE.

Anda juga bisa menghadiahi pengguna lain sticker-sticker yang dijual di LINE Shop, terdapat pula theme untuk aplikasi LINE Anda dengan beragam tema. Fitur-fitur lucu ini tentu saja “menggugah emosi”, khususnya pengguna perempuan.

3. Local Content

Yap! Ini adalah salah satu daya tarik LINE, hadir dengan local content. Maksudnya? LINE meluncurkan beragam fitur seperti misalnya sticker dengan tema artis-artis Korea, tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri, apalagi bagi para penggemar. LINE Indonesia sendiri meluncurkan sticker-sticker dengan tema artis Indonesia, sebagai contoh ada sticker Agnes Monica dan sticker Sandra Dewi.

4. Limited Offer

Strategi marketing LINE ini dipadukan dengan limited offer. Jadi, sesuatu yang gratis tersebut diberikan dalam batas waktu tertentu. Tujuannya? Tentu saja agar market segera melakukan action saat itu juga. Sebagai contoh, LINE meluncurkan sticker dengan tema Brown Special Edition, PSY ataupun Cony Special Edition dengan batas waktu tertentu. Para penggunapun tidak menunda-nundal lagi dan bahkan mengirimkannya sebagai gift ke pengguna lainnya.

5. Quiz and Merchandise!

Ini adalah strategi marketing yang bisa dibilang jadul tetapi ternyata masih menarik hingga sekarang. Bukan soal seberapa besar hadiah yang Anda berikan, bahkan kecilpun nilai hadiahnya tetapi ada kepuasan tersendiri bagi pengguna karena merasa diapresiasi. LINE adalah salah satu brand social platform yang rajin memberikan kuis dengan hadiah mulai dari boneka, voucher (dan ada juga iming-iming dapat mobil).

Namun, efek merchandise seperti ini semakin menaikkan brand LINE. Anda mungkin sudah pernah melihat teman atau yang lainnya men-share fotonya dengan boneka LINE atau merchandise lainnya dari LINE?

Baca juga: Pemasaran Melalui Media Sosial Jadi Lebih Efektif dengan Trik Ini

Dengan strategi marketing LINE yang bersifat personal seperti ini, LINE sukses meraih pasar “fanatik”, yang bukan hanya sekadar jadi pengguna tetapi juga jadi pengguna LOYAL.





5 total comments on this postSubmit yours
  1. Itu mah bukan apa apa om. Paling mempan tuh yang gratisan Telkomsel, kalo cuma promo doank app sebelah (kakaotalk) jg sering tuh

  2. Saya pengguna baru line. Semakin tertarik menggunakan line karena ada beberapa fitur nya yang bisa di gunakan sebagai media promosi seperti update status dengan karakter yang tidak di batasi.

  3. menarik juga strateginya marketing line..
    kalau saya sih suka line karena ada stiker-stiker lucu :D

  4. Strategi yang unik menarik digunakan dalam pemasaran online. Terima kasih untuk artikel Anda.

  5. Unik juga ya strategi marketing ya digunakan line, tp persiapannya pasti butuh dana yang banyak tuhh :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud