Startup Rekruta ~ Tawarkan Solusi Kemudahan Dalam Perekrutan Digital Pegawai Baru

Startup Rekruta ~ Tawarkan Solusi Kemudahan Dalam Perekrutan Digital Pegawai Baru

Startup Rekruta
Image dari Capterra.com

Industri bisnis startup khususnya di Indonesia saat ini memang telah menunjukan geliatnya karena mengalami perkembangan yang begitu pesat, dan menjadikan sebagai primadona di kalangan para technopreneur. Telah dibuktikan dengan banyaknya bisnis #startup baru yang muncul ke permukaan, salah satunya yang layak menjadikan perhatian ialah masuknya startup yang baru menyasar ke segmen B2B, yakni Rekruta.

Meskipun pada segmen bussines to bussines (B2B), mempunyai tantangan tersendiri dalam menjalankannya khususnya bagi sebagian startup Indonesia, namun pada kenyataannya tidak menyurutkan nyali dan semangat bagi orang-orang kreatif yang bergelut di bidang ini untuk terus melakukan inovasi terbarunya. Rekruta sendiri merupakan startup yang menawarkan solusi software as a Service (SaaS) untuk keperluan Human Resources Applicant Tracking System, dan menentukan target bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Awal Kehadiran Startup Rekruta 

Startup Rekruta sendiri awalnya diprakarsai dan dikembangkan oleh dua anak muda berbakat asal Indonesia, yang telah menyelesaikan studinya di Amerika Serikat dan juga sempat meniti karir di sana. Anak muda tersebut ialah Silvia Pratama dan Yanuar Wibisono sekaligus sebagai Co-Founder dari Rekruta. Mencoba peruntungan dan menuangkan pengalaman yang telah mereka dapatkan sejak di bangku perkuliahan dalam mengembangkan aplikasi Rekruta besutannya tersebut. Dari kedua anak muda ini, yaitu Yanuar Wibisono sebelumnya juga sempat bekerja di Quora, dan untuk Silvia Pratama sendiri bekerja di SFO Airport.

Kedua anak muda tersebut juga telah mengklaim bahwa, Rekruta merupakan startup pertama yang hadir di Indonesia pada bidang SaaS untuk Human Resources Applicant Tracking System. Secara spesifiknya, solusi yang ditawarkan Rekruta merupakan solusi yang dapat mempermudah pekerjaan dari perusahaan yang memiliki banyak pelamar kerja, agar dapat mempercepat proses perekrutan sumber daya manusia, dan membuat keputusan akhir berdasarkan data yang terintegrasi langsung melalui satu set alat dan otomatisasi yang disediakan oleh startup Rekruta.

Artikel lain: Handy Mantis ~ Menilik Perkembangan Startup Jasa Kurir Barang Aneka Keperluan

Sistem otomatisasi yang telah di persiapkan tersebut, telah dilengkapi oleh faktor pendukung lainnya seperti tahap awal seleksi hingga sampai kepada pihak dari pelamar kerja dalam mengetahui keputusan akhir diterima atau tidaknya di perusahaan yang dilamarnya. Intinya fungsi utama Rekruta adalah untuk meringankan pihak perusahaan dalam merencanakan, melaksanakan, juga mengoptimalkan proses perekrutan yang lebih baik lagi.

Optimis dapat Merangkul Lebih Banyak Pengguna

Silvia juga menuturkan bahwa saat ini sistem perekrutan karyawan yang dilakukan oleh kebanyakan perusahaan skala kecil maupun skala besar masih menggunakan metode manual. Permasalahan inilah yang nantinya coba di bantu solusi jalan keluarnya oleh Rekruta.

Startup Rekruta menginginkan agar semua proses perekrutan karyawan baru yang berjalan secara manual dapat di lakukan secara otomatis dengan baik, yakni dengan menggunakan media bantuan perangkat #smartphone. Para pengguna Rekruta nantinya akan mendapatkan semua fitur utama lainnya antara lain seperti analisa, interview kits, alamat e-mail pekerja, jadwal interview kerja, Gmail sync, dengan hanya menggunakan satu platform saja.

Ia juga menjelaskan bahwa teknologi dan sistem otomatisasi yang diberikan secara terintegrasi oleh Rekruta telah memiliki standar Sillicon Valey, demikian juga sistem keamanan yang di berikan oleh Rekruta.

Tidak cuma berhenti di situ saja kelebihannya, Rekruta.com juga menggunakan data yang terenkripsi. Kami yakin bahwa proses otomatisasi yang di jalankan nantinya dapat membantu pihak perusahaan yang menggunakannya agar lebih meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam perekrutan sumber daya manusia mereka. Apabila perusahaan telah mencoba platform Rekruta, kami yakin mereka dapat mengerti nilai unik dan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Rekruta.

Baca juga: Perpetu ~ Startup Layanan Perlindungan Aset Online Paska Kematian

Keberadaan dan Kondisi Rekruta Saat Ini

Startup Rekruta saat ini masih bisa terbilang baru kehadirannya di industri digital khususnya yang di Indonesia. Karena Rekruta sendiri baru menggelar soft launching, dan baru tersedia dalam versi private beta. Bisa disimpulkan bahwa Rekruta baru tersedia bagi mereka yang menginginkan perusahaan atau organisasi tertentu yang telah mengajukan secara langsung perkenalan dan juga demo di laman resmi Rekruta.

Saat ini Rekruta hanya ingin memfokuskan diri pada kepuasan bagi para penggunanya. Di sisi lain Rekruta sendiri akan terus mengembangkan dan berusaha untuk bisa menambahkan fitur otomatisasi, yang nantinya dapat lebih mempermudah juga meningkatkan efisiensi perekrutan karyawan baru di masing-masing perusahaan yang telah menggunakannya.

Rekruta sendiri telah memiliki komitmen untuk memberikan dan mengerahkan segala kemampuannya yang dimilikinya dalam service premium kepada para klien kami, tutup Silvia dalam keterangan yang di sampaikannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan