Startegi Memenangkan Persaingan Toko Online Tanpa Turunkan Harga

persaingan toko online

Semakin banyaknya kompetitor #bisnis online tentu akan meningkatkan persaingan untuk merebut hati konsumen. Pertumbuhan toko online baru yang kian hari kian menjamur bisa saja mengancam perkembangan toko online Anda.

Persaingan yang ketat jika Anda tidak mampu memenangkannya, maka bisa jadi akan membuat penjualan toko online Anda menjadi lesu. Memang menjadi suatu kewajaran terjadi persaingan di dunia online, karena bisnis ini menawarkan keuntungan yang sangat besar. Karena itu, kita harus melakukan sesuatu untuk bisa bertahan dan berkembang menghadapi persaingan.

Persaingan toko online untuk menggaet pelanggan yang demikian ketat biasanya sedikit banyak akan memunculkan kompetisi yang kurang sehat dalam berbisnis. Segala cara akan dilakukan demi untuk mendapatkan pelanggan, seperti dengan cara menurunkan harga yang tidak wajar.



Cara ini meskipun akan cepat mendapatkan perhatian dari konsumen, namun sangat riskan jika terus dilakukan. Karena lambat laun pasti akan menurunkan positioning atau daya tawar produk di mata konsumen, dan jika tetap seperti ini maka akan membunuh produk itu sendiri.

Untuk memenangkan persaingan dalam menjalankan toko online sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus banting harga. Perhatikan beberapa tips di bawah ini.

Artikel lain: Toko Online Sepi Pembeli? Maksimalkan Promo Dengan Kata Ajaib Ini

1. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Produk Anda

Sebelum melakukan treatment pada produk maupun pada pasar, kenali dahulu kelebihan dan kekurangan produk Anda. Takar seberapa besar keunggulan produk Anda yang bisa dijadikan untuk meningkatkan daya jual, serta seberapa besar kekurangan yang mungkin bisa menurunkan daya jual produk Anda. Ini sangat penting karena menentukan langah apa nantinya yang harus Anda ambil untuk memenangkan persaingan.

Maksimalkan kelebihan dengan branding yang tepat, dan sebisa mungkin perbaiki kekurangan yang ada pada produk online Anda. Itu langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan #toko online.

2. Jangan Ragu Membuat Pelayanan yang Beda

Perlu Anda tanamkan pada diri sendiri bahwa memenangkan persaingan dalam toko online tidak harus menjadi yang paling murah. Pikiran seperti itu cenderung lebih pada keuntungan jangka pendek yang kemungkinan tidak akan mampu bersaing di masa depan. Menjadi beda dari kompetitor lebih bisa bersaing untuk menghadapi kompetitor toko online di masa depan.

Mengenai perbedaan, jangan hanya berfokus kepada produk yang Anda jual saja. Perbedaan bisa hadir pada teknik pemasaran, pada pelayanan juga bisa. Perbedaan kecil dalam pelayan bisa sangat berpengaruh besar terhadap penjualan toko online.

Pelayanan lebih familiar, fast respon, after sales service sangat berperan penting dalam hal ini. Biasakan mulai sekarang untuk sekedar memberikan perhatian kecil, seperti mengucapkan selamat saat ulang tahun, atau apa saja yang bisa mendekatkan Anda dengan pelanggan.

3. Menangkan Persaingan Toko Online Dengan Kualitas

Ini harus dilakukan pada produk Anda, seberapa besarpun promo, branding, maupun #strategi marketing yang dilakukan, namun jika kualitas produk Anda tidak mumpuni maka konsumen pun akan enggan untuk kembali pada produk Anda. Selalu lakukan eksplorasi terhadap produk Anda sendiri untuk meningkatkan kualitasnya. Meningkatkan kualitas adalah strategi branding paling mujarab.

Lakukan eksplorasi secara komprehensif, mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Mulai dari kemasan misalnya sampai dengan produk itu sendiri. Jangan pernah meremehkan hal kecil dalam melakukan eksplorasi, bisa jadi hal kecil menjadi kunci kelebihan dari produk Anda.

Baca juga: Toko Online Anda Menawarkan Free Ongkir, Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini

4. Berikan Voucher Belanja Pada Konsumen

Memberikan voucher belanja pada konsumen tidak sama dengan memberikan diskon. Memberikan voucher belanja lebih memiliki keterikatan pada pelanggan Anda. Pemberian voucher juga bisa meningkatkan kualitas hubungan dari produsen dengan konsumen.

Diskon sedikit mengekang para konsumen karena tidak memberikan ruang untuk memilih produk yang diinginkan, sedangkan voucher belanja sedikit lebih memberikan kebebasan pada pelanggan dalam menentukan barang yang disukai atau dibutuhkan. Berikan voucher pada pelanggan yang sudah membeli produk Anda, dan yang terpenting adalah bagaimana cara memberikan voucher pada pelanggan dengan tetap bisa menguntungkan penjualan Anda. Berikan voucher tersebut dimana voucher tersebut bisa dimanfaatkan pada pembelian selanjutnya.

Dengan cara ini, konsumen cenderung akan kembali berbelanja karena tidak ingin menyia-nyiakan voucher yang Anda berikan. Nah, secara tidak sadar, Anda sudah mengikat konsumen untuk menjadi pelanggan setia Anda.





8 total comments on this postSubmit yours
  1. Bagaimana kalau barangnya sama,.. jualan online ada untung ruginya,. persaingan sangat keras,. hanya orang dengan modal kuat bisa bertahan nih,. karena dg hanya filter harga orang bisa langsung tahu siapa penjual terkuat dalam hal harga jual. Ujung2nya mungkin hanya pabrikan langsung yg bisa jual

    • Menurut saya, perang harga bisa merusak bisnis sendiri. Lebih baik tetapkan harga, lalu fokus pada kelebihan lainnya. Misalnya, harga tetap sedikit lebih mahal tapi ongkir nya gratis untuk Jabodetabek. Bisa pakai cara lain.

  2. betul, tidak hanya itu, menganalisa pesain serta arena persaingan juga gak kalah penting

    • yup, setuju

  3. Thank you buat petunjuk2 nya. Saya mau dapat traffic banyak tapi saya masih belum mahir cara seo dan banyaknya saingan lain.

    • sama-sama

  4. Trimakasih Ilmunya… ini yg saya butuhkan. Saya buat blog untuk toko online. Puyeng toko online nya banting harga. Padahal itu termasuk black market.

    Sekali lg trimakasih ya.

  5. Tipsnya oke nih mas, kalau punua toko online pasti saya terapkan….tri,s ats sharingnya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud