Smart Reply ~ Balas Email Gmail Lebih Asyik dengan Fitur yang Satu Ini!

Image dari cbc.ca

Image dari cbc.ca

Bicara tentang Google sepertinya kita diberikan pandangan setiap harinya tentang pentingnya sebuah update atau pembaharuan. Entah karena sebuah kebutuhan atau pamer teknologi, akhirnya kita semakin ”dipaksa” untuk terbiasa mendapati atau menjumpai pembaruan-pembaruan Google yang intens ini.

Belum terlupa saat kemarin kita membahas karya dan pembaruan Google mulai dari fitur Google Docs, Drone Google, Balon Google dan aplikasi chat Signal, kini kita sudah menjumpai update Google yang baru yaitu fitur Smart Reply. Fitur Smart Reply sendiri merupakan fitur terbaru dari layanan emailnya, Gmail. Lalu seperti apakah fitur Smart Reply ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Mengingatkan Pengguna untuk Membalas Pesan

Fitur Smart Reply sendiri berfungsi membaca konten dari email yang masuk dan menyediakan tiga macam respom terhadap email yang masuk tersebut. Dengan adanya fitur ini maka pengguna akan selalu diingatkan untuk segera membalas pesan.

Fitur canggih yang akan segera hadir pekan ini pada aplikasi Inbox pengguna iOS dan #Android itu akan bekerja memprediksi sebuah teks dalam aplikasi keyboard dan juga bekerja secara otomatis untuk mengingatkan kepada pengguna agar segera membalas pesan. Fitur ini juga akan tampil sebanyak tiga kalimat pendek saja sebagai pengingat, berdasarkan pesan yang diperoleh penggunanya.

Artikel lain: Cara Membuat Email Baru

Mempercepat Membalas Email

Dengan adanya fitur ini tentu saja sebagai pengguna Gmail Anda akan semakin dimudahkan dalam me-manage #email. Hal ini dikarenakan fitur Smart Reply akan memungkinkan penggunanya untuk dengan cepat menanggapi email tanpa harus meluangkan waktu menulis jawaban Anda sendiri.

Apabila Anda menerima email yang memerlukan jawaban yang panjang dan kompleks, Anda terlebih dahulu bisa mengirimkan salah satu dari tiga pilihan Smart Reply yang ada. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu saat mengirimkan jawaban yang lebih tepat. Intinya fitur ini akan semakin cerdas bekerja membantu Anda ketika Anda sering menggunakannya.

Menyingkirkan atau Menampilkannya

Selain berfungsi untuk mengingatkan dan memudahkan pengguannya dalam membalas email dengan cepat, fitur Smart Reply ini juga berguna untuk menyingkirkan email yang tidak Anda harapkan atau menampilkan email-email penting yang harus segera Anda balas.

Anda yang tak mengharapkan email tertentu memang dapat menunda serta menyingkirkan email tersebut untuk jangka waktu tertentu sebelum email itu kembali muncul di Inbox Anda. Kemudian, pesan yang serupa pun dapat Anda kelompokkan bersama-sama, sehingga Anda akan lebih mudah menemukannya.

Cara Kerja Fitur Smart Reply

Smart Reply akan bekerja untuk Anda dengan memprediksi kemungkinan kalimat atau kata yang cocok saat Anda akan membalas email. Prinsip kerjanya sendiri mirip dengan fitur prediksi teks yang ada pada perangkat mobile ketika mengetikkan pesan pada keyboard virtual.




Pada Smart Reply ini pengguna akan disarankan tiga pilihan kalimat balasan sehingga degan demikian pengguna akan mampu dengan cepat membalas email yang masuk. Kalimat atau kata yang muncul dan disarankan sendiri akan berkaitan dengan materi email yang akan dibalas.

Selain itu Smart Reply juga secara pintar akan mampu membaca respons ke email yang sama sebelumnya. Jadi, dalam hal ini ketika menggunakan Smart Reply, Anda sebagai pengguna tak akan direpotkan untuk mengetik kata yang sama yang bisa menghabiskan banyak waktu.

Baca juga: Cara Memunculkan Notifikasi Gmail di Mozilla Firefox

Kunci Fitur Smart Reply

Menurut Bálint Miklós, insinyur peranti lunak Google kunci dari fitur Smart Reply yang canggih itu adalah penggunaan teknik artificial intelligence (AI) untuk menyarankan berbagai opsi kalimat balasan secara real time. Selain penggunaan teknik pembelajaran mesin, rahasia kecanggihan dari Smart Reply adalah adanya alat #teknologi bahasa natural yang memungkinkan akan meningkatkan kemampuannya memprediksi kata dan bahasa di masa depan seiring dengan makin banyak pemakaian Smart Reply.

Lebih lanjut Miklós bahkan menyatakan bahwa ketika awal percobaan, fitur ini malah menyarankan kalimat balasan email yang tak relevan dengan materi email yang akan dibalas yaitu dengan menyarankan balasan ‘I love you’. Untuk bisa mendapatkan dan menggunakan fitur ini Anda tak pelu lagi menunggu undangan, karena saat ini Anda sudah bisa mendapatkannya dengan mengunduhnya pembaruannya aplikasi Inbox Gmail dari App Store atau Google Play Store.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud