Siomay Addict, Bisnis Kuliner Siomay Dengan Tawaran Kemitraan yang Menguntungkan

Siomay Addict

Siomay Addict dari tribunnews.com

Siomay Addict, jajanan yang satu ini memang selalu mengundang selera. Bagaimana tidak, dengan adanya olahan daging ikan dan kuah kacangnya yang lezat telah membuat dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menggemarinya.

Meskipun berlabel jajanan rakyat, siomay tetap menjadi pilihan untuk mengganjal rasa lapar atau sekedar berkuliner. Siomay yang sangat digemari kalangan masyarakat ini kemudian membuat bisnis di bidang olahan ikan ini semakin menggairahkan. Maka kemudian gerai-gerai usaha siomay pun bermunculan dan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Salah satu pelaku usaha yang juga ikut meramaikan bisnis siomay ini adalah Andy Putra dan Tommy Putra. Dengan membawa nama Siomay Addict, dua pria bersaudara asal Bekasi ini membuka usahanya sejak September 2014. Dengan pasar yang masih besar, Siomay Addict kini telah berkembang dengan cukup pesat. Lalu seperti apakah bisnis Siomay Addict ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Produk  dan Harga Siomay Addict

Siomay Addict ini memiliki cita rasa yang akan menggugah selera para konsumennya karena dibuat dengan bahan baku berkualitas dan dengan komposisi ikan lebih banyak daripada tepung, sehingga hasilnya lebih kenyal dan lebih gurih.

Varian Siomay Addict sendiri ada delapan jenis siomay seperti siomay, tahu, kentang, dan pare. Menurut penuturan Andy sebagai founder Siomay Addict menyatakan bahwa pihaknya menjual produk yang akan selalu segar karena pihaknya membuat dan memasaknya pada pagi hari dan langsung dipasarkan seketika siomay sudah masak.




Artikel lain: Taco Truck ~ Sensasi Kelezatan Bisnis Kuliner Meksiko Berkonsep Food Truck

Untuk harga jual sendiri karena Siomay Addict ini membidik konsumen kelas menengah ke atas maka harga jualnya pun sedikit lumayan mahal yaitu sekitar Rp 7.000 per buah. Namun konsumen tak perlu khawatir karena mereka akan mendapatkan rasa yang berkualitas dan pantas sesuai dengan harga tersebut.

Membuka Kemitraan

Saat ini, tepatnya di awal tahun 2015 silam, Andy Putra dan Tommy Putra telah membuka kemitraan untuk Simoay Addict. Bagi yang tertarik bergabung menjadi mitra Siomay Addict, Andy menawarkan kemitraan #waralaba dengan investasi Rp 50 juta. Dengan modal tersebut, mitra mendapatkan booth alumunium, perlengkapan memasak, perlengkapan promosi, produk awal sebanyak 100 buah dan perlengkapan tambahan lainnya.

Setelah berinvestasi, mitra pun sudah bisa langsung menjalankan pemasaran Siomay Addict dengan sebelumnya telah siap sebuah tempat dengan luas sekitar 2 m x 2 m. Karyawan yang dibutuhkan untuk mejalankan bisnis kemitraan ini juga hanya cukup sekitar dua orang karyawan. Dan untuk menjaga kualitas dan standardisasi produk Siomay Addict, Andy mewajibkan semua mitra mengambil semua produk utama dari pusat.

Keuntungan Mitra Bisnis

Dalam kerjasama ini, Andy menuturkan akan banyak keuntungan yang bisa diperoleh mitra. Dengan penjualan yang bisa mencapai 150 hingga 200 buah siomay per hari, mitra akan mendapatkan omzet harian sekitar Rp 1,4 juta. Jika penjualan ini konsisten maka total omzet mitra akan mencapai Rp 42 juta per bulan.




Setelah dikurangi biaya pembelian bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional lainnya, keuntungan bersih yang didapatkan mitra sekitar 30% dari omzet tiap bulan. Menurut Andy target penjualan yang ditetapkan 150-200 buah siomay per hari bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. Pasar dan permintaan yang besar merupakan hal yang membuat produk siomay akan selalu laris manis.

Berdasarkan asumsi ini, mitra akan bisa balik modal hanya dalam waktu kurang dari satu tahun, dengan catatan mitra mempunyai lokasi jualan yang strategis dan sesuai dengan segmen konsumen yang disasar. Sepanjang tahun 2015 ini, Andy menargetkan bisa menerima satu atau dua mitra usaha yang baru. Bila tidak ada rintangan Andy dan Tommy akan membuka dua cabang baru yang berada di sekitar Jakarta.

Baca juga: Cireng Kamsia ~ Lezatnya Kuliner Bandung Dengan Peluang Kemitraan

Peluang Bisnis Siomay 

Menurut konsultan Bisnis dari Proverb Consulting, Erwin Halim, usaha siomay merupakan bisnis kuliner yang mudah dijalani. Karena mudah dijalani maka pelaku bisnisnya pun tidak akan terlalu menghadapi banyak kendala saat menjalankannya.

Untuk dapat eksis dan terus sukses menurut Erwin si pemilik usaha siomay harus bisa berkreasi dan berinovasi untuk membuat varian produk siomay yang tampil beda dengan siomay umumnya dan juga harus memiliki banyak pilihan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud