Simply Homy ~ Bisnis Waralaba Guest House Menarik untuk Pemilik Rumah dan...

Simply Homy ~ Bisnis Waralaba Guest House Menarik untuk Pemilik Rumah dan Para Penyewa Rumah

Simply Homy
Image dari Bisnistop.id

Waralaba saat ini memang menjadi bisnis yang banyak dijamah oleh beberapa kalangan. Tidak harusnya merintis dan membangun brand bisnis menjadi kelebihan dan sesuatu yang menarik bagi banyak pewaralaba untuk memilih dan menjalankan #bisnis waralaba. Saat ini sendiri beragam bisnis waralaba bisa dipilih oleh masyarakat. Dari bisnis makanan dan minuman (kuliner) hingga pangkas rambut (barbershop) semua bisa dipilih sebagai bisnis waralaba yang tepat.

Seiring dengan bertumbuhnya bisnis waralaba maka saat ini konsep waralaba pun makin meluas hingga pada bisnis penginapan. Ya, waralaba bisnis penginapan memang sudah ada ketika Simply Homy hadir ke hadapan publik. Lalu seperti apakah bisnis Simply House yang dianggap sebagai bisnis waralaba penginapan (guest house) pertama di Indonesia ini?  Berikut ulasannya.

Ide Bisnis dan Inspirasi Simply Homy

Bisnis waralaba penginapan Simply Homy sendiri menurut Alfiansyah Denny Purwono, Manajer Operasional Simply Homy Guest House berawal dari ide pendirinya yaitu Agung Nugroho Susanto ketika melihat banyaknya rumah-rumah yang kosong alias menganggur. Saat ada rumah kosong atau  menganggur pastinya rumah tersebut jadi tidak berarti dan juga tidak produktif. Dari ide dan inspirasi inilah kemudian muncul dan berdiri bisnis yang beroperasi di bawah bendera PT Vindra Sushantco Putra, begitu Alfiansyah menjelaskan.

Artikel lain: SewaKasur.com ~ Bisnis Penyewaan Kasur di Yogyakarta yang Beromset Miliaran Rupiah

Cara Kerja Simply Homy

Bisnis yang merupakan bisnis waralaba ini memiliki mekanisme kerja dimana pemilik rumah yang ingin menyewakan rumahnya dapat menghubungi pihak Simply Homy untuk proses menjadi franchisee terlebih dahulu. Setelah proses ini berlangsung maka akan ada proses wawancara hingga juga dilakukan survei lokasi rumah. Dalam kerjasama ini juga nantinya pemilik rumah tidak akan direpotkan dengan bisnis yang ada. Pasalnya pengelolaannya akan sepenuhnya dilakukan oleh Simply Homy.

Lalu bagaimana hasil dari kerjasama ini? Nantinya pihak waralaba akan melakukan sistem bagi hasil dengan pemilik rumah dari omset bersih yang didapat dari penyewa.

Cara Bergabung dengan Simply Homy

Untuk bisa menjadi franchisee Simply Homy sendiri seseorang harus memenuhi persyaratan. Tak harus dekat lokasi wisata tapi persyaratan ini seperti lokasi rumah yang strategis, akses jalan ke rumah yang mampu dilewati mobil dengan dua lajur, dan yang ketiga yaitu dekat dengan fasilitas umum.

Persyaratan lain adalah adanya minimal tiga kamar tidur ditambah satu kamar pembantu di rumah tersebut. Daya listri rumah pun diharuskan memiliki daya minimal 3500 watt. Ketika semua persyaratan dipenuhi maka nanti akan ada kesepakatan bisnis, dimana beberapa bagian rumah franchisee akan dimodifikasi.

Harga Sewa Rumah dari Bisnis Simply Homy

Untuk rumah yang telah diajak kerjasama dengan Simply Homy ini maka akan ada harga sewa yang harus ditebus seseorang yang akan menyewa. Harga sewa untuk rumah franchise ini sendiri adalah Rp1-1,5 juta per malam untuk satu rumah dan Rp300.000-350.000 untuk sewa satu kamar per satu malam. Namun harga-harga tadi ternyata adalah harga kisaran, sebab di waralaba ini seorang penyewa bisa melakukan penawaran dari harga yang ada.

Tentu saja dengan adanya hal ini melakukan sewa via Simply Homy jadi sangat menarik. Dalam kisaran harga yang ada sendiri penyewa akan mendapati bahwa harga sewa per kamar jatuhnya akan lebih mahal. Hal ini dikarenakan sasaran bisnis memang keluarga, sehingga sangat disarankan penyewa bisa menyewa rumah secara keseluruhan bersama keluarga. Satu hal lagi dari harga yang ada adalah adanya kemungkinan harga kisaran satu rumah dengan rumah lain akan berbeda karena hal ini didasarkan pada fasilitas yang tersedia di rumah tersebut.

Baca juga: 8 Jenis Usaha/ Bisnis Yang Cocok di Tempat Wisata

Cara Pemesanan dan Pencapaian

Untuk memesan sewa rumah sendiri masyarakat sudah bisa melakukannya via telepon. Pemesanan via telepon ini sendiri diakui Alfiansyah masih dalam tahap awal, sebab dirinya merencanakan nantinya pemesanan sewa rumah Simply Homy bisa dilakukan secara online. Sampai saat ini sendiri Simply Homy telah memiliki 15 franchisee guest house. Dari angka tersebut sebanyak 12 guest house berlokasi di Yogyakarta. Sisanya sebanyak 3 guest house berada di kota Bandung.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan