4 Sikap Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai di Tempat Kerja

Ilustrasi via Istockphoto

Untuk menggapai prestasi di dunia kerja, ada banyak hal yang harus kita perhatikan. Termasuk diantaranya adalah sikap atau sifat negatif dari beberapa rekan kerja Anda. Karena bagaimanapun juga tentu ada saja rekan kerja yang memiliki sifat negatif dan kadang bisa berpengaruh pada masa depan karir Anda.

Bukan untuk membuka konflik dengan rekan kerja, namun untuk sekedar waspada dan menjaga diri. Yang perlu kita waspadai sebenarnya adalah jika sifat negatif tersebut bisa mengancam karir di masa depan.

Ada beberapa sifat atau sikap negatif dari rekan kerja yang secara langsung atau tidak langsung bisa mengganggu kinerja kita, perhatikan di bawah ini



  1. Sikap Merasa Paling Senior

Sikap seperti ini cukup sering kita jumpai di tempat kerja, senioritas memang kerap terjadi. Sering kita jumpai ada beberapa rekan kerja yang bekerja lebih lama bersikap superior. Bahkan kadang mereka terlihat bersikap seolah lebih dari bos, sok memerintah, sok memarahi dan sebagainya.

Menjadi senior dan dihormati bukanlah sesuatu yang salah, bagi junior memang perlu menghormati senior. Namun sikap sok senior atau merasa paling senior ini yang bisa membuat suasana kerja tidak nyaman.

Sebaiknya yang Anda lakukan adalah, pelajari terlebih dahulu kebijakan di kantor Anda. Bagaimana kantor menerapkan peraturan tentang senioritas ini, jika ada yang berlebihan dan keluar peraturan dilakukan oleh senior, Anda bisa melaporkannya.

Artikel lain: 5 Cara Berkompetisi di Lingkungan Kerja Tanpa Berkonflik

  1. Suka Mengakui Hasil Kerja Orang Lain

Ternyata ada cukup banyak lho sikap seperti ini di lingkungan kerja. Mereka yang bersikap seperti ini biasanya adalah orang-orang yang miskin kreatifitas dan malas. Sehingga mereka sering mengakui pekerjaan teman kerja yang lain.

Bukan saja pekerjaan yang diaku, bahkan prestasi orang lain pun bisa jadi diklaim atas bantuannya. Ini perlu disikapi dengan tegas agar tidak berlarut-larut. Yang perlu Anda lakukan adalah bersikap tegas, jangan biarkan apa yang sudah Anda lakukan diklaim telah dilakukannya.

Sikap mendompleng ini biasanya kerap dilakukan untuk mencapai prestasi namun dengan cara yang salah. Tegur dan ingatkan jika ada yang seperti itu, dan jika ternyata tetap dilakukannya, maka segera laporkan ke atasan Anda.

  1. Kurang Bertanggung Jawab Pada Pekerjaan

Sikap rekan kerja seperti ini wajib Anda waspadai. Terutama jika dilakukan oleh rekan kerja satu tim dengan Anda yang bisa berpotensi menghambat kinerja Anda dan seluruh divisi. Tentu saja hal ini pada akhirnya akan bisa menghalangi perkembangan karir Anda dan juga karir teman satu tim yang lain.

Nah, sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah memberikan pengertian kepada rekan tersebut akan pentingnya sebuah pekerjaan. Nasehati dia jika ia ada di dalam tim Anda, jangan biarkan dia menjadi penghalang kesuksesan bersama.

Jika Anda tidak bisa memberikan ia pengertian, maka sebaiknya rencanakan dengan teman satu tim Anda yang lain bagaimana cara yang tepat untuk menyadarkannya. Jika sudah tidak bisa, maka jalan terakhir adalah melaporkan kepada bos atau atasan Anda.

Baca juga: 20 Situs Lowongan Kerja Indonesia

  1. Sikap Suka Menjilat Atasan

Diakui atau tidak, pasti ada saja rekan kerja yang memiliki sikap seperti ini. Biasanya orang yang memiliki sikap suka menjilat atasan ini juga cenderung suka mengakui pekerjaan dan prestasi orang lain.

Orang seperti ini memiliki keinginan untuk dipandang sebagai yang terbaik di hadapan atasan namun tidak memiliki kemampuan yang memadai. Pada dasarnya, orang seperti ini akan ‘hancur’ dengan sendirinya karena suatu saat pasti akan terkena batunya juga.

Namun demikian, sikap seperti ini juga tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena tentu saja akan membuat kerja menjadi kurang nyaman, dan akan menimbulkan prasangka tidak baik antar sesama karyawan yang lain. Anda dan teman kerja yang lain harus bersikap tegas. Jika si penjilat sedang “beraksi” segera lakukan konfrontasi, tentunya Anda harus berbicara terlebih dahulu dengan rekan yang lain.

Sebenarnya masih ada banyak sikap negatif yang perlu Anda waspadai di dalam lingkungan kerja. Namun, setidaknya beberapa sikap negatif di atas adalah sikap yang sering kali bisa menghambat karir dan prestasi Anda di lingkungan kerja. Karena itu, waspadalah jika Anda punya rekan kerja dengan sikap seperti itu.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Sikap2 seperti ini cukup banyak di tempat kerja. Saya terkadang juga merasakannya, dari poin pertama di artikel ini membantu saya untuk intropeksi diri. Terkadang saya merasa lebih pintar dari yang lainnya. Ini tidak bagus, jelas! Namun, semakin lama semakin menyadari bahwa dimanapun kita membutuhkan bantuan orang lain. Kita tidak bisa bekerja sendirian. Maka, kita selayaknya memberikan sikap terbaik kepada rekan kerja. Bahwa mereka ada, dan mereka bisa membantu kinerja kita. Makasih infonya mas..sukses selalu

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud