Sigori Lafau, Batu Akik Fenomenal yang Dibandrol Rp 15 Miliar

Sigori Lafau

Sigori Lafau

Sigori Lafau – Pada artikel sebelumnya kita sudah banyak mengulik tentang tren batu akik yang sedang meledak di tanah air. Nah masih berbau batu mulia yang akrab disebut gem stone, kali ini Maxmanroe akan menyajikan informasi yang sedang hangat diperbicangkan para pencinta batu akik.

Dikabarkan terdapat sebuah batu akik langka yang tembus bandrol Rp 15 Miliar! Batu tersebut terdapat di daerah Gunungsitoli wilayah kepulauan Nias, Sumatera Utara. Menurut sang pemilik, Karsani Aulia Polem, batu yang dijuluki Sigori Lafau tersebut mempunyai banyak sekali keistimewaan sehingga sangat layak dilabeli harga yang begitu fantastis.

Salah satunya yakni dalam satu batu tersebut diklaim mengandung beberapa material berharga seperti emas dan permata. Selain itu batu dengan tampang sangar tersebut dipercaya mampu menjadi tolak balak bagi si empunya batu. Nah bagi rekan-rekan yang hobi gem stone tentunya penasaran bukan? Berikut rangkuman ulasan mengenai batu akik langka “Sigori Lafau” yang fenomenal tersebut.

Artikel lain: 6 Jenis Batu Akik Kecubung yang Paling Diburu

Ditemukan di Wilayah Nias Utara

Menilik awal mula penemuan batu akik tersebut sang pemilik, Karsani Aulia Polem mengaku bahwa ia mendapatkan dalam pencarian di Sungai Mida, Kecamatan Alasa, Kabupaten Nias Utara. Kala itu pria paruh baya tersebut sedang melakukan pencarian rutin bahan bakalan batu akik.

Wilayah Sungai Mida memang dikenal oleh warga sekitar sebagai spot potensial untuk mencari bahan bakalan batu akik. Beragam jenis batu seperti badar besi, junjung drajat, lavender serta batu lumut jamak ditemui di kawasan yang cukup terpencil tersebut.




Karsani mengatakan waktu itu dirinya memang membawa cukup banyak bakalan batu dalam berbagai jenis. Dan beruntungnya ia setelah mengolah batu bakalan, terdapat salah satu batu yang mempunyai keunikan tersendiri dibanding batu yang lain. Bahkan pria yang berprofesi sebagai wiraswasta itu menyebut sangat jarang melihat corak maupun isi batu yang serupa dengan batu tersebut.

Dari sisi fisik, Sigori Lafau mempunyai badan utama berwarna hampir bening transparan dengan beberapa serpihan material lain yang membeku di dalamnya. Warna penyusun batu juga sangat beragam mulai kuning, merah, hitam, abu abu dan beberapa warna sekunder lain. Batu Sigori Lafau yang dimiliki Karsani sendiri memilik ukuran kurang lebih panjang 6 cm, lebar 3 cm, dan tebal 0,5 cm.

Mengenai penamaan batu akik Sigori Lafau, saya sendiri belum mendapatkan informasi pasti apakah nama tersebut merupakan nama jenis batuan yang memang sudah pernah ditemukan sebelumnya atau nama yang diberikan oleh sang pemilik. Namun dari salah satu informasi menyebutkan batu Sigori Lafau tersebut dipercaya para penduduk nias telah ada sejak jaman dahulu.

Artikel lain: Mengenal Lebih Dekat Batu Akik Bacan, Si Cantik Dari Maluku Utara

Keistimewaan Batu Akik Sigori Lafau

Karsani menyatakan sebelumnya batu Sigori Lafau miliknya sudah ada yang menawar dengan harga Rp 1,2 miliar. Namun mengingat keistimewaan serta kelangkaan batu tersebut, dirinya masih enggan melepas salah satu “jagoan”nya tersebut.




Sebenarnya apa sih keistimewaan batu Sigori Lafau ini?

Yang pertama adalah adanya kandungan logam dan batuan mulia dalam satu batu tersebut. Sang pemilik menyampaikan bahwa kemungkinan batu yang telah berumur ribuan tahun tersebut mengandung material emas, perak dan berlian di dalamnya. Jika dilihat sekilas memang nampak berkas kilau warna seperti emas, putih seperti perak serat kilauan layaknya berlian. Inilah alasan utamanya mengapa Karsani mematok harga fantastis untuk mendapat batu tersebut.

Kelebihan berikutnya mungkin lebih ke arah kepercayaan. Menurut warga nias, dengan memiliki batu tersebut akan bisa menjadi tameng dari berbagai hal negatif baik penyakit atau nasib buruk. Selain itu kelebihan lainnya yakni dikabarkan batu akik Sigori Lafau tersebut dapat dapat membantu mencegah terjadinya longsor. Entah ditinjau dari sisi keilmuan atau sebatas kepercayaan lokal, yang pasti banyak yang mengamini bahwa keguanaan batu tersebut untuk mencegah tanah longsor memang benar adanya.

Baca juga: 5 Jenis Potongan Batu Permata Akik, Maksimalkan Keindahan Batu Akik

Akan Diperiksa di Laboratorium

Sebagai langkah untuk menegaskan keunikan batu akik Sigori Lafau, dalam waktu dekat Karsani berencana membawa batu miliknya tersebut ke perwakilan Gem Research International (GRI) yang ada di Medan untuk di uji laboratorium. Dengan begitu bakal dapat diketahui kandungan dan jenis pasti dari batu akik Sigori Lafau tersebut.

Nantinya setelah uji lab dilaksanakan maka pembeli tidak akan ragu lagi karena batu akik sudah dilengkapi dengan sertifikat resmi yang menjamin kandungan batu. Tertarik melihat kecantikan akik Sigori Lafau? tidak perlu jauh-jauh ke Nias untuk melihatnya, Maxmanroe sudah siapkan video ulasannya di bawah ini.




27 total comments on this postSubmit yours
  1. Dimanado ada batu akik mirip sigori lafau, ciri-cirinya sama. Untuk memastikan cek di facebook. Ķetty dalos mandiri. Ada foto disitu. Batu ini baru di temukan di daerah menado.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud