Sidewalk Labs ~ Proyek Google dengan Misi Peningkatan Kualitas Hidup Perkotaan

Sidewalk Labs

Image dari Thestrategist.com

Ketika mendengar kata Google, mungkin mayoritas dari kita (orang indonesia) akan terfikirkan sebuah layanan lewat internet di mana kita bisa mencari berbagai macam informasi di sana. Namun yang terkadang masih banyak belum diketahui orang adalah sebenarnya perusahaan yang di bawah nauangan Alphabet Inc. tersebut masih menyimpan banyak sekali misi yang menyentuh berbagai aspek hidup manusia.

Salah satu yang masih hangat adalah rencana peluncuran layanan #internet Google yang dipersenjatai sebuah balon canggih berjuluk Project Loon. Dan mengacu pada tujuan yang sama yakni peningkatan kualitas hidup manusia, beberapa waktu yang lalu Google juga telah merilis sebuah proyek bernama Sidewalk Labs.

Secara singkat tujuan dibentuknya Sidewalk Labs adalah membantu meningkatkan kondisi dan tingkat kehidupan di berbagai kota urban di dunia. Dengan proyek ini, Google berusaha mengimplementasikan beragam inovasi teknologinya yang diramu dengan pemecahan masalah yang ada di kota-kota besar. Lebih dalam, berikut ulasan mengenai proyek Sidewalk Labs dari #Google.

Sekilas Tentang Pembentukan Sidewalk Labs

Selama beberapa tahun terkahir, selain mempunyai padangan pengembangan produk teknologi mutakhir Google juga tengah fokus dalam upaya peningkatan kualitas hidup perkotaan. Dan baru pada tahun 2015 ini, tujuan tersebut sudah selangkah menjadi kenyataan dengan dirilisnya sebuah proyek baru bertajuk Google Sidewalk Labs.

Secara umum, untuk proyek Sidwalks Labs lebih mengacu pada sisi sosial dan pembangunan sarana prasarana. Dan yang menjadi obyek utama dalam proyek ini adalah kawasan perkotaan urban yang ada di seluruh dunia. Mengapa harus perkotaan urban, menurut perusahaan binaan Sergey Brin dan Larry Page tersebut, kawasan perkotaan urban saat ini sudah semakin banyak. Terutama di negara-negara berkembang, kawasan seperti ini dipandang sebagai jantung perkembangan sebuah negara yang perlu diperhatikan.




Artikel lain: Inilah 6 Proyek Spektakuler Google yang Pernah Dijalankan Di Google X Lab

Karena disadari atau tidak, nantinya dari kota urban seperti inilah akan muncul ekosistem ideal dalam berbagai sektor yang pastinya tidak hanya berdampak pada negara tersebut namun juga bagi seluruh dunia. Inilah pentingnya mengapa Google sangat peduli dengan tingkat kehidupan di perkotaan urban dengan segala aspeknya.

Aspek yang dibahas di sini antara lain contohnya seperti tata ruang bangun kota, penataan jalan dan lalu lintas, hingga #teknologi pendukung kota lain. Singkatnya  seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Google ingin mencari obyek implementasi nyata dari beragam produk teknologi yang telah dikembangkan serta lebih luas lagi memberi saran terkait sistem agar kehidupan di kota urban tersebut bisa berjalan lebih baik.

Dipimpin Oleh Orang Berpengalaman

Sebagai sebuah proyek yang disokong oleh perusahaan sekelas Google, Sidewalks Labs tentu tidak digarap secara sembarang. Demikian untuk orang yang diplot menempati kursi pimpinan, Google tentu telah memilih sosok yang dirasa paling pas dan sempurna. Dan pilihan tersebut jatuh pada Dan Doctoroff.

Siapakah Dan Doctoroff? Mayoritas dari kita tentu masih awam dengan nama tersebut, namun untuk masyarakat yang tinggal di Amerika utamanya New York City tentu sudah hafal betul siapa sosok tersebut. Dan Doctoroff adalah mantan wakil walikota New York yang kini telah ditarik masuk mengisi posisi CEO Sidewalk Labs. Tidak hanya itu, sebelumnya Dan juga pernah menjabat sebagai CEO Bloomberg LP yang merupakan salah satu media berita bisnis termasyur di dunia.




Pertimbangan penunjukkan Dan tentu melihat kinerja apik yang ia suguhkan selama menangani kota New York yang terkenal sebagai salah satu kota paling kompleks. Masalah lalu lintas, tata kota, penerapan teknologi hingga transportasi di kota tersebut memiliki tantangan yang amat besar untuk dijalankan. Namun buktinya selama menjabat dirinya nampak mampu dan lihai menjalankan tanggung jawab tersebut.

Baca juga: Project Wings ~ Tahun 2017 Google Akan Kirimkan Paket Lewat Drone

Di Manakah Peran Google?

Selain sebagai perusahaan induk, nantinya Google akan menjadi penyuplai terkait finansial, tenaga profesional serta yang pasti berbagai inovasi baik produk maupun platform digital yang akan diterapkan pada kota garapan Sidewalk Labs.

Saat ini Sidewalk Labs masih terus mengembangkan rancang sistem yang akan diterapkan dalam kota tertentu. Namun yang pasti beberapa lokasi di Amerika akan menjadi ladang uji coba bagi proyek tersebut. Dan nantinya ketika sudah mencapai keberhasilan yang diinginkan, hasil tersebut bisa diterapkan pada kawasan urban lain yang ada di seluruh dunia.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud