Siap Senggol Apple dan Samsung, LG Bakal Rilis Layanan Mobile Payment G Pay

Image dari Actualandroid.com

Image dari Actualandroid.com

Layanan mobile payment atau pembayaran berbasis mobile memang sedang naik daun paska banyaknya perusahaan perangkat #teknologi kenamaan terjun pada ceruk bisnis tersebut. Seperti diketahui, Apple dengan layanan Apple Pay-nya, menjadi pabrikan perangkat komunikasi yang mengawali persaingan antar raksasa industri teknologi tersebut. Tak berselang lama, Samsung pun ikut terjun dengan brand layanan Samsung Pay.

Nah, meskipun sudah kalah start, perusahaan perangkat komunikasi LG Mobile nampaknya tidak mau ketinggalan momen. Walau masih belum secara penuh membeberkan detil layanan mobile paymentnya, langkah LG ke arah tersebut sudah santer tercium publik. Bahkan nama LG G Pay kabarnya sudah di plot menjadi brand sayap bisnis terbaru dari LG Mobile itu.

Selengkapnya tentang rencana ekspansi LG pada bisnis layanan mobile payment telah kami rangkum dalam artikel di bawah ini.



Teken Kontrak Dengan Dua Rekanan Perusahaan Besar

Kabar bahwa LG akan segera merilis layanan mobile payment semakin santer dibicarakan setelah secara resmi pihak LG menandatangi sebuah kerjasama dengan dua perusahaan besar asal Korea yakni Shinhan Card dan KB Kookmin Card. Dengan resminya teken kontrak dengan dua perusahaan besar di bidang penyedia jasa kartu pembayaran tersebut, sudah hampir bisa dipastikan layanan mobile payment milik LG kian menjadi kenyataan.

Pun demikian tentang detil konsep layanan masih disimpan rapat oleh pihak LG. Belum ada keterangan pasti terkait hal tersebut. Terkait nama layanan, kabarnya LG sudah membidik brand G Pay sebagai label layanan tersebut. Hal ini didasarkan bahwa saat ini pihak LG telah mendaftarkan hak paten dari nama tersebut di dua lokasi yakni di Korea serta di wilayah Amerika.

Artikel lain: Facebook Payment, Fitur Pembayaran Inovatif via Facebook Messenger

Sistem Layanan G Pay

Salah satu detil informasi lain yang juga banyak dibicarakan adalah perihal teknologi mobile payment yang akan digunakan pada layanan G Pay. Dalam beberapa pemberitaan, sistem Near-Field Communication Technology alias NFC masih menjadi opsi yang paling mungkin untuk diambil.

Seperti diketahui bahwa pesaing yang lain yakni #Apple dan Samsung juga mengadopsi teknologi NFC karena telah support dengan banyak metode pembayaran yang dikembangkan oleh brand bisnis dan merchant  besar. Secara umum, selain cukup praktis sistem NFC juga dipandang lebih mudah pengelolaannya dibanding teknologi mobile payment lain.

Sedang Dalam Tahap Ujicoba

Fakta pendaftaran hak paten dan trademark tersebut juga membuka asumsi lain tentang wilayah mana yang akan pertama kali mencicipi layanan mobile payment dari LG. Dan nama pertama tak lain tentu pasar Korea. Selain besarnya potensi pasar di negeri sendiri, pemilihan Korea sebagai lokasi perintis layanan mobile payment LG bukan tanpa alasan.

Pasalnya informasi dari media Korea menyebut bahwa saat ini pihak LG sebenarnya telah menjalankan tahap ujicoba selama beberapa bulan ke depan. Yang menjadi obyek testing yakni produk jam pintar LG, Watch Urbane serta pada perangkat smartphone LG G4 yang digandeng penyedia jasa pembayaran asal Korea, Cashbee.

Yang lebih unik dari layanan mobile payment khas LG ini yakni adanya adopsi teknologi fingerprint sensor yang saat ini tersedia pada produk LG V10. Dengan begitu, nantinya proses pembayaran bisa dijalankan dengan lebih aman berkat teknologi pindai sidik jari tersebut. Dan setelah masa uji coba  selesai, semua fitur akan coba diterapkan pada semua produk LG seperti LG G5 yang dicanangkan rilis awal tahun depan.

Baca juga: Android Pay, Fitur Terbaru Sistem Pembayaran Dari Google

Tidak Akan Menghapus Layanan Google Andorid Pay

Fakta menarik lainnya yakni pihak LG Mobile menyatakan tidak akan menghapus layanan Android Pay yang menjadi alternatif pembayaran pada setiap perangkat bermesin #Android. Perusahaan tersebut memastikan bahwa untuk seri Android terbaru Marshmallow yang ada pada produk berikutnya tetap akan dipertahankan.

Hal tersebut didasarkan pertimbangan bahwa fitur pembayaran Android Pay tidak akan memberi pengaruh negatif pada perkembangan layanan mobile payment  milik LG nantinya. Bahkan dengan variasi tersebut diharapkan bisa semakin menarik minta pengguna terhadap produk flagship LG selanjutnya.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud