Shortir ~ Aplikasi Baca Berita Khusus Anak Muda Yang Layak Dicoba

Shortir

Image dari Twitter.com

Jika dulu sebelum memasuki masa perkembangan teknologi, saat kita ingin membaca atau memperoleh sebuah berita tertentu, kita hanya bisa menyimaknya lewat media cetak seperti koran, tabloid atau majalah saja. Atau untuk media elektronik, bagi yang mempunyai bisa menggunakan radio atau televisi.

Sangat berbeda ketika teknologi sudah semakin maju. Bahkan dengan sebuah ponsel di tangan, kita sudah bisa mengetahui berbagai berita dan kabar update dari berbagai bidang. Namun ternyata, seiring dengan perkembangan zaman secara tidak langsung juga telah mengubah pola berfikir dan juga konsumsi informasi dari generasi muda.

Anak muda sekarang cenderung jauh lebih selektif dalam memilih berita atau informasi yang ingin mereka baca. Selain itu, tidak sedikit juga dari generasi muda kita yang justru akhirnya kehilangan minat baca karena beberapa alasan, seperti banyaknya  informasi yang tidak benar, atau pembahasan yang terlalu panjang dan bertele-tele.

Permasalahan Minat Baca Anak Muda

Jika ditilik kembali, minat untuk membaca berita ataupun informasi terkini  merupakan hal yang sangat positif terutama bagi generasi muda. Dengan mengetahui informasi terkini, kita bisa lebih faham dalam meningkatkan wawasan ketika dalam pergaulan.

Namun hal ini terbentur masalah yang telah disebutkan sebelumnya yakni terkait mulai minimnya minat baca informasi dari generasi muda. Mereka semakin enggan untuk membaca berita terbaru, bahkan lebih memilih menghabiskan waktunya untuk beberapa kegiatan yang sebenarnya kurang memberikan manfaat seperti, mengakses #media sosial secara berlebihan.




Artikel lain: Download Aplikasi Android Babe (Baca Berita)

Namun tentunya kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada generasi muda. Generasi yang masuk kriteria generasi Y dan Z ini, memang mempunyai karakter yang berbeda dengan generasi yang kini telah berada pada usia 40an ke atas.

Karakter yang dimaksud di sini adalah karakter yang ingin segala sesuatunya terasa lebih ringkas dan mudah difahami, namun tanpa mengesampingkan kualitas. Oleh karena itulah, perlu adanya pembaruan utamanya dalam pola pemberian informasi dan berita agar semakin banyak generasi muda yang tertarik.

Solusi Yang Ditawarkan Aplikasi Shortir

Menanggapi permasalahan ini, sebuah pengembang aplikasi bernama Shortir, berupaya untuk menghadirkan konser baru dari kebiasaan membaca informasi atau berita yang dikhususkan untuk karakter generasi muda. Dalam layanan berbasis #aplikasi mobile ini, nantinya para pengguna yang menargetkan generasi millennial, disuguhkan berita serta informasi yang lebih ringkas yakni hanya dalam 60 kata saja, namun tanpa mengurangi esensi dari berita tersebut.

Aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah tim yang terdiri dari 4 orang yakni Adnan Satyanugraha P, Gibral Muhammad, Aries Gumilang dan Bayu Febianto. Mereka kemudian mengembangkan Shortir sebagai sebuah layanan news aggregator yang menawarkan kemudahan  dan kepraktisan tidak hanya dalam mendapatkan informasi terkini namun juga membaca informasi secara cepat dan tepat.




Dengan berita yang dikemas dalam tampilan yang lebih “ramping” ini, diharapkan mampu menarik minta generasi muda yang terkadang juga sudah banyak mempunyai kegiatan lain yang menyita waktu. Oleh karena membaca cepat adalah solusi yang cukup rasional.

Mengenai cara kerja dari aplikasi Shortir,  nantinya pengguna tinggal mengunduh aplikasi berbasis sistem operasi Android ini di Google Play Store. Dari situ, pengguna bisa langsung mengakses beragam berita dan informasi terkini dalam tampilan sepanjang 60 kata saja.

Di dalamnya ada beberapa topik khusus yang bisa disesuaikan dengan minat membaca antara lain seperti Hype, Olahraga, Hiburan, Teknologi, Kuliner hingga tema Traveling. Dan nantinya jika pengunjung ingin membaca artikel secara penuh, bisa langsung mengklik pada tautan sumber yang ada di bagian bawah ringkasan artikel.

Baca juga: Aplikasi Kentongan ~  Layanan Mobile Unik untuk Komunikasi Antar Warga

Yang menarik dari aplikasi ini adalah,  selain mudah dan ringkas dalam pengoperasian, tampilan berita pun akan dimuat secara otomatis  ketika penggunaan scroll layar ke atas. Jadi ini akan semakin meningkatkan minat pengguna  untuk terus membaca dan mengupdate berita terbaru.

Aplikasi semacam ini, tentunya sangat positif terlebih jika disandingkan dengan kenyataan bahwa kebanyakan pelajar dan generasi muda kita saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mengakses ponsel pintar atau smartphone untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Dengan memperkaya diri melalui informasi dan berita update,  semoga generasi muda kita bisa menjadi generasi yang lebih baik.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Bisa jadi solusi tepat. Soalnya baca berita online malah kaya baca novel.. Bersambung ke halaman berikutnya

  2. Sangat cocok sekali di gunakan oleh para pencari berita ter-update di smart phone! keren…

  3. Solusi, kreativitas, dam inovasi !
    Sukses :-)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud