Shinta Chandriani ~ Gadis Belia Sukses Raup Untung Jutaan Rupiah Dari Toko Online

Shinta Chandriani

Image dari Studentpreneur.co

Semakin hari semakin banyak saja cerita mengenai kesuksesan para pengusaha online. Baik yang beraktifitas mencari uang di internet dengan mengembangkan blog, membangun toko online, ataupun bisnis online yang lain. Ini menunjukkan bahwa potensi bisnis online di Indonesia ini seperti tak pernah habis. Kemampuan seseorang dalam menangkap setiap peluang yang ada menjadi sangat penting jika ingini mendapatkan sukses dari bisnis yang dikerjakan.

Untuk kali ini, kami akan kisahkan perjalanan kesuksesan #bisnis online gadis belia yang bernama Shinta Chandriani. Gadis muda kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1996 ini sampai saat ini telah menjalankan bisnisnya kurang lebih selama empat tahun. Untuk bisnis online yang ia kerjakan adalah membangun dan mengembangkan toko online dengan menjual produk-produk fashion. Bagaimana kisah inspiratif dari Shinta, simak selengkapnya di bawah ini.

Sejak Sekolah Dasar Suka Berjualan

Ketika ditanya alasan kenapa sampai memutuskan untuk menjalankan bisnis, Shinta Chandriani menyebutkan bahwa memang sejak masih duduk di bangku SD ia senang berjualan. Meski saat itu tidak jelas keuntungan yang didapat dari jualan, namun ia menjelaskan pada dasarnya memang ia sudah suka berjualan. Kemudian seiring berjalannya waktu, saat ia duduk di bangku SMA, ia mulai berjualan secara online. Ia mengaku menemukan keseruan tersendiri ketika berjualan secara online.

Untuk berjualan online ini, Shinta kerap menggunakan media sosial sebagai sarana untuk jual beli. Kalau dulu ia sering menggunakan #Facebook, kini karena yang sedang digandrungi banyak orang adalah Instagram, maka ia pun juga menyesuaikan dengan menggunakan Instagram untuk berjualan.

Artikel lain: Dewi Sekar Arum Aprilia ~ Sukses Merintis Bisnis Travel Sejak Usia Muda

Produk yang ia jual sampai saat ini adalah aksesoris dan fashion. Untuk aksesoris, ia menuturkan bahwa ia sudah lama berjualan aksesoris. Selain aksesoris, ia juga berjualan baju, sandal atau fashion-fashion wanita yang lainnya. Alasan Shinta sendiri memilih jenis produk ini untuk diperjual belikan adalah karena memang potensi di kalangan wanita tentang fashion ini sangat tinggi. Menurut Shinta, bisnis fashion wanita itu tidak ada matinya, akan selalu ada dan menyesuaikan trend-trend terbaru.

“Menurut Saya, fashion wanita itu nggak ada matinya. Ya cewek kan kesukaannya belanja terus menerus” terang Shinta.

Hambatan Dalam Menjalankan Bisnis yang Sering Timbul

Hambatan dalam menjalankan bisnis secara umum menurutnya sama saja dengan yang lainnya. Secara spesifik untuk menjalankan bisnis online shop dengan produk fashion, Shinta menjelaskan kesulitannya adalah mencari calon konsumen yang benar-benar ingin membeli produk kita. Karena kebanyakan dari konsumen ini hanya banyak bertanya saja, namun akhirnya tidak melakukan transaksi apapun. Bisa dimaklumi memang, karena seringnya kekecewaan para pembeli dengan beberapa toko online menjadi salah satu penyebab utamanya.

Selain kesulitan itu, mempertahankan konsumen untuk tetap menjadi pelanggan kita juga bisa menjadi kendala yang berarti untuk perkembangan bisnis #toko online fashion. Dengan semakin banyaknya pesaing yang bermunculan, mempertahankan eksistensi toko online, menjaga konsumen agar tidak beralih ke toko online lain menjadi sesuatu yang sangat menantang. Dan yang paling utama tentunya adalah persaingan harga, karena bagaimanapun juga dengan banyaknya penjual yang menjual produk yang sama, para konsumen akan memilih produk dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Farah Farce ~ Gadis Belia Dibalik Sukses Farceee Online Shop




Tips Memulai Bisnis Dari Shinta Chandriani

Untuk teman-teman yang ingin memulai menjalankan bisnis, apapun itu, menurut Shinta lebih baik mulailah dari yang kecil-kecil saja dulu. Dari yang kecil tersebut, latihlah dan pelajari berbagai ilmu seperti target pasar, survey pasar, atau produk apa yang akan kita jual. Kemudian ketika kita sudah memulai bisnis, utamakan pelayanan pada konsumen yang ramah dan sopan. Pelayanan pada konsumen itu sangat penting, maka dari itu kita harus pandai menjaga mood kita ketika menjalani bisnis.

Jangan sampai hanya karena emosi sesaat kemudian kita menjadi tidak ramah pada konsumen. Itu akan sangat buruk sekali akibatnya, konsumen sekali saja merasa tidak nyaman, mereka akan selalu mengingat dan tak pernah lagi menjadi pelanggan kita. Dan bisa jadi mereka juga akan berbagi pengalaman kurang menyenangkan dengan kita pada orang lain, dan itu sangat fatal akibatnya.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Untuk menjalankan bisnis seperti toko online butuh kesabaran yang tinggi. Tekun dan Rajin memasarkan produknya baik di sosmed maupun lainnya. Saya sendiri sdh 2Tahun menjalankan bisnis online walaupun masih reseller, namun dgn usaha ini saya bisa dapat penghasilan tambahan.

  2. Terima kasih untuk tipsnya, memang benar sekali harus sabar-sabar :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud