Beranda Bisnis Peluang Bisnis Sewa Motor di Malang, Ini Beberapa Persiapannya

Peluang Bisnis Sewa Motor di Malang, Ini Beberapa Persiapannya

Peluang Bisnis Sewa Motor

Malang adalah kota yang selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan karena memiliki banyak tempat wisata. Adanya peningkatan jumlah wisatawan seringkali membuat jalanan di Malang menjadi padat dan macet di beberapa titik tertentu.

Motor memang menjadi transportasi yang paling efektif untuk digunakan berkeliling kota Malang. Hal ini dikarenakan, padatnya jalanan membuat motor menjadi transportasi paling fleksibel untuk menembus kemacetan.

Selain itu, motor juga lebih nyaman digunakan untuk berkendara pada banyaknya jalanan kecil dan sempit di Malang. Banyak wisatawan yang pergi ke daerah Malang dengan membawa mobil, dan bukan dengan membawa motor.

Lalu bagaimana solusi untuk mendapatkan motor sebagai solusi untuk terhindar dari kemacetan selama berwisata di Malang?

Mengapa Memilih Bisnis Sewa Motor di Malang

Usaha penyewaan kendaraan bermotor menjadi suatu usaha yang menjanjikan dan mendatangkan banyak keuntungan. Itulah mengapa peluang bisnis ini menjadi prospek yang bagus untuk menjadi investasi anda, karena sewa motor di Malang sepertinya tidak akan pernah sepi dari pengunjung yang ingin menyewa.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha rental motor tidak begitu besar, karena anda bisa saja memulai dengan motor yang anda miliki terlebih dahulu, kemudian setelah modal terkumpul lebih banyak lagi, anda bisa secara perlahan menambah armada motor untuk bisnis rental motor anda.

Anda juga bisa memulai bisnis dengan bekerja sama bersama beberapa rekan untuk meminjam motor mereka sebagai motor rental, dengan sistem bagi hasil.

Persiapan Untuk Bisnis Sewa Motor

Demi menunjang keberhasilan bisnis dari sewa motor anda, anda harus melakukan beberapa persiapan untuk memulainya. Berikut ini adalah beberapa tahapan persiapan yang harus anda perhatikan sebelum membuka usaha ini:

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Sudah menjadi hal yang lumrah untuk menentukan lokasi strategis bagi persewaan motor anda. Usahakan tempat persewaan motor dekat dengan tempat wisata ataupun dengan terminal, bandara maupun stasiun untuk memudahkan akses dari calon customer menuju ke tempat persewaan motor milik anda.

Semakin strategis tempat usaha anda, maka semakin cepat pula bisnis anda akan berkembang. Lokasi yang strategis menjadi poin yang paling penting untuk memulai bisnis, karena wisatawan akan dengan mudah menemukan tempat anda.

2. Tentukan Target Pasar yang Tepat Sasaran

Hal kedua yang penting untuk diperhatikan dan disiapkan dalam berbisnis sewa motor adalah tentang target pasar yang anda incar. Salah dalam memilih target pemasaran, maka sama artinya dengan anda harus bersiap menerima kerugian, karena penentuan target ini akan berpengaruh kepada pemilihan lokasi.

Sebagai contoh, jika target anda adalah anak-anak muda seperti anak kuliahan yang merantau dan tidak membawa motor, maka anda harus memilih lokasi yang dekat dengan tempat kost ataupun universitas. Kebutuhan untuk mobilitas seperti pergi ke suatu  tempat untuk mengerjakan tugas kuliah, rapat organisasi di luar kampus ataupun bepergian untuk hangout bersama teman-teman akan mengharuskan mereka menyewa motor di tempat sewa motor anda.

Dan tidak sedikit yang akan menyewa dalam jangka waktu yang panjang seperti mingguan atau bulanan, jika mereka membutuhkan motor sebagai transportasi utama untuk menuju kampus. Lain hal nya jika target anda adalah wisatawan, maka anda bisa membuka tempat sewa di dekat daerah wisata, ataupun tempat-tempat yang digunakan untuk menginap wisatawan seperti hotel, homestay, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuka kios sewa di dekat terminal, stasiun, ataupun bandara jika target sasaran anda adalah pendatang ataupun wisatawan.

3. Menyediakan Motor Yang Disesuaikan Dengan Target

Hal ketiga yang harus dipersiapkan adalah menyiapkan motor yang sesuai dengan target anda. Jika target sewa anda lebih spesifik untuk anak muda, anda harus menyediakan motor matic dengan gaya yang sporty, yang cocok digunakan baik pria ataupun wanita.

Apabila anda menginginkan jenis motor yang dapat dipakai untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita, anda dapat memilih motor matic untuk anda sewakan karena motor matic merupakan motor yang paling mudah penggunaannya dan sudah pasti semua orang yang bisa mengendarai motor, bisa mengendarai matic. Namun jika target pasaran anda memang dikhususkan untuk laki-laki anda bisa menyediakan jenis motor trail maupun motor sport.

Malang memiliki banyak jalur trail yang bisa menjadi pilihan. Hal ini membuat sering diadakannya event untuk komunitas trail di malang, dan biasanya bagi mereka yang datang dari luar kota pasti akan mencari persewaan motor trail untuk dapat mengikuti touring jalur trail yang indah dan eksotik di Malang. Khusus untuk motor trail, kebanyakan peminat datang dari komunitas trail, yang gemar untuk memacu adrenalin mereka dengan mengendarai motor jenis ini di area yang menantang.

Kesempatan emas dari banyaknya komunitas dan jalur trail di kota Malang ini, patut menjadi pertimbangan anda untuk membuka jasa sewa motor Malang dengan memasukkan motor trail sebagai pilihan utama.

5. Penentuan Harga Sewa Motor Dan Promo Khusus

Untuk penentuan harga sewa motor, anda harus melakukan survei pasar terlebih dahulu untuk melihat kisaran harga dari kompetitor. Setelah melakukan survei dan mengetahui kisaran harga yang dibandrol oleh pesaing, anda harus dapat menentukan harga di tengah-tengah penawaran harga termahal dan termurah dari kompetitor.

Untuk mengimbangi dan semakin menarik perhatian customer anda harus memberikan panambahan fasilitas kelengkapan dalam paket penyewaan seperti helm, jas hujan dan masker. Selain itu anda bisa menambahkan penawaran promo yang menarik, misalnya untuk persewaan jangka panjang, anda bisa memberikan potongan harga atau anda bisa membuat sistem kartu member dan memberikan gratis 1 kali sewa bagi mereka yang sudah beberapa kali menyewa motor di tempat anda dengan nama dan identitas yang sama.

6. Perawatan Unit Motor Sewa

Setiap unit motor yang anda sewakan harus dalam keadaan baik dan prima.  Sangat penting untuk merawat dan memelihara performa mesin  dengan cara menservis secara rutin untuk menjaga performa mesin kendaraan. Hal ini penting dilakukan agar menjauhkan semua hal buruk yang dapat terjadi, seperti mesin mogok ataupun performa motor jelek saat digunakan.

Pelanggan dapat memberikan feedback yang kurang baik di media sosial, dan feedback atau review tersebut nantinya dapat tersebar luas dan memberikan dampak yang kurang baik bagi bisnis anda. Itulah mengapa perawatan rutin mutlak diperlukan.

Itulah beberapa kiat persiapan yang harus anda lakukan sebelum memulai usaha sewa motor. Peluang sewa motor memang sangat menguntungkan, karena kebutuhan kendaraan sebagai alat transportasi untuk bepergian di dalam kota sangat diperlukan untuk semua kalangan.

Namun hal tersebut harus diimbangi dengan pengelolaan atau manajemen yang tepat serta ide pemasaran yang unik dan kreatif untuk membantu jasa sewa anda cepat dikenal oleh para calon pelanggan. Sekian informasi mengenai sewa motor di malang yang dapat kami bagikan, semoga info ini bermanfaat bagi anda untuk memulai bisnis.

Baca juga: Usaha Rumahan Modal Kecil

1 KOMENTAR

  1. Rizki Gusnandar

    Bagus kak artikelnya. Patut dipertimbangkan ni bagi yang suka touring.

Tinggalkan Balasan