Beranda General Menilik Bisnis Sewa Bus Murah di Jakarta, Serta Tips Memilih Perusahaan Otobus

Menilik Bisnis Sewa Bus Murah di Jakarta, Serta Tips Memilih Perusahaan Otobus

Bagi kamu yang sedang di Jakarta, apakah kamu sedang merencanakan liburan dengan berwisata, atau akan melakukan study tour dengan para siswa? Apakah kamu memiliki agenda tahunan untuk berwisata dengan rekan kerja di instansi tapi kamu bingung untuk mencari tempat sewa bus yang murah dan berkualitas?

Lalu, bagaimana cara memilih dan memilah perusahaan otobus mana yang sesuai dengan estimasi budget agar tidak sampai salah pilih? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, di artikel ini saya akan menyajikan ulasan menarik yang mudah-mudahan dapat membantu kamu dalam memilih tempat sewa bus murah Jakarta yang tepat.

Sewa Bus Kebutuhan Wisata di Jakarta

Sewa Bus Murah di Jakarta

Wisata sudah menjadi kebutuhan wajib di sela-sela rutinitas. Wisata bersama keluarga di rumah maupun kolega di instansi kerja tentu hal yang perlu diagendakan untuk me-refresh kembali pikiran. Menyewa bus pariwisata akan menjadi pilihan yang baik apabila berwisata bersama-sama dengan sejumlah orang. Selain akan menghemat tenaga, rasa kebersamaan juga akan lebih terasa.

Ada yang berwisata tentu harus ada pula armadanya. Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan akan armada bus wisata memang saat ini semakin meningkat di berbagai daerah, termasuk di Jakarta.

Kini sudah sangat mudah menemukan berbagai perusahaan penyewaan bus dimanapun, apalagi dengan penambahan pelanggan baru yang datang dari berbagai daerah tentu akan membuat semakin banyak perusahaan yang menyewakan busnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan baru tersebut.

Tidak hanya penawaran bus wisata konvensional, bahkan berbagai penawaran penyewaan bus juga menyebar luas di internet sehingga memberikan kemudahan untuk kamu yang membutuhkan. Sekali kita menuliskan “sewa bus” pada lama pencarian Google, sudah tentu ada banyak sekali penawaran yang ada baik itu bus milik perusahaan sendiri atau sekadar berperan sebagai marketing.

Jakarta merupakan salah satu kota dengan tingkat mobilisasi yang sangat tinggi setiap hari, bahkan setiap jamnya. Tentu saja bukan hal yang mengherankan jika kebutuhan bus pariwisata juga meningkat pesat di wilayah ibu kota. Ada berbagai macam kebutuhan, mulai dari big bus, medium bus, dan masih banyak armada lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera pengguna.

Selain itu, biasanya perusahaan penyewaan bus juga menyediakan sopir yang ramah plus fasilitas di dalam bus yang sangat memadai, sekalipun jasa tersebut termasuk layanan perusahaan otobus murah di Jakarta.

10 Tips Memilih Perusahaan Otobus Parawisata

Jika kamu mencari bus pariwisata untuk disewa, itu bukanlah hal yang sulit saat ini. Ada banyak sekali perusahaan otobus yang menyewakan bus-busnya. Namun, meskipun ada begitu banyak penawaran sewa bus pariwisata di internet, sebagai calon pengguna harus tetap jeli dalam memilih. Tentu kamu tidak ingin dikecewakan karena salah memilih perusahaan otobus itu bukan?

Dalam memilih perusahaan sewa bus pariwisata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai asal tunjuk.  Salah pilih bukanlah opsi jika sudah menyangkut nyawa dan keselamatan banyak orang. Di bawah ini, beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih bus pariwisata yang tepat, terlebih bila kamu sedang mencari jasa sewa bus murah di Jakarta.

1. Pilihlah Perusahaan Rental Bus Dengan Reputasi Baik

Tidak dipungkiri apabila reputasi diperlukan untuk mempertimbangkan perusahaan jasa sewa bus mana yang hendak dipilih. Semakin baik reputasi maka akan semakin kecil pula kemungkinan untuk dikecewakan oleh perusahaan. Kamu juga bisa meminta pendapat kepada kawan atau sahabat yang pernah menggunakan perusahaan rental bus sebagai bahan pertimbangan.

Selain itu, kamu bisa mengecek website resminya dan melihat ulasan tentang perusahaan tersebut dari para pengguna/pelanggan yang pernah menggunakan jasa mereka. Carilah perusahaan sewa bus yang memiliki lebih banyak feedback positif dari masyarakat.

Selanjutnya agar semakin yakin, kamu bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi fisik bus, model bus, hingga karoseri apa yang digunakan.

Jangan memilih armada yang hanya ‘nampak’ bagus namun keamanan dan keselamatan tidak terjamin.

2. Menentukan Biaya

Biaya adalah yang hal sangat sensitif dan perlu perhitungan yang matang. Oleh karena itu, sebelum memilih perusahaan yang akan digunakan, kamu perlu menentukan besaran biaya yang akan dikeluarkan.

Harga sewa bus pariwisata bisa dikatakan cukup bervariasi, ada yang murah ada pula yang sangat mahal. Oleh karenanya, sebelum deal dengan harga yang dipatok, ada baiknya kamu melakukan survey ke sejumlah perusahaan sewa bus pariwisata lainnya untuk membandingkan harga, sekalipun perusahaan tersebut sudah mengaku bahwa ia menawarkan jasa sewa bus murah di Jakarta.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penentu besaran tarif sewa bus pariwisata, diantaranya:

  1. Jenis bus yang akan dipilih; setiap jenis bus pariwisata memiliki harga sewa yang cukup bervariasi.
  2. Type bus; harga bus yang terbaru dan customasi yang khusus biasanya akan lebih mahal, namun memang lebih aman.
  3. Tujuan perjalanan; tujuan perjalanan jauh dekatnya menjadi salah satu faktor penentu harga sewa bus.
  4. Rute perjalanan; rute perjalanan yang sesuai request atau mungkin akan singgah di beberapa tempat memungkinkan harga sewa bus akan menjadi lebih mahal.
  5. Lokasi penjemputan berada di beberapa tempat; apabila lokasi penjemputan tidak hanya berada pada satu titik serta apabila lokasi penjemputan tersebut tidak searah akan ada tambahan biaya penjemputan tersendiri.
  6. Tanggal reservasi bus; momen peak season, di mana ada banyak orang yang bepergian pada puncak musim liburan akan membuat harga sewa bus relative lebih mahal disbanding biasanya.

Faktor-faktor tersebut dapat dijadikan acuan untuk mempertimbangkan keberangkatan serta dalam menentukan besaran biaya untuk transportasi wisata. Namun, jangan hanya terfokus pada harga yang paling murah, namun pertimbangan  mengenai fasilitas dan layanan yang diberikan.

Banyaknya komplain pada pihak jasa sewa bus biasanya adalah mengenai harga mahal namun fasilitas tidak dapat mengakomodasi kebutuhan penyewa. Tentu sebagai pengguna layanan, meskipun sedang menyewa jasa sewa bus murah di Jakarta kita tidak akan puas bukan?

Jangan lupa juga untuk menanyakan biaya-biaya lainnya yang mungkin dibebankan kepada penyewa. Seperti tol, parkir, konsumsi sopir, tempat penginapan (bila menginap) dan sebagianya.

Pertimbangkan budget yang kamu miliki kemudian sesuaikan dengan armada yang akan dipilih serta fasilitas apa yang akan diberikan. Hal itu semua perlu dilakukan secara matang agar tidak ada overbudget dan fasilitas yang terakomodir. Bagi pengguna hal yang pasti diinginkan ketika wisata adalah tenang dan bersenang-senang tanpa pusing memikirkan overbugdet di belakang.

Carilah perusahaan otobus yang profesional dalam pelayanannya dan kalau bisa dengan harga yang tidak terlalu mahal.

3. Memastikan Kondisi Mesin Bus Aman

Satu hal ini juga sangat perlu diperhatikan pihak penyewa mengenai mesin bus yang akan dipilih masihkah layak jalan atau tidak. Tentu ini penting untuk dicermati, terlebih oleh para pencari jasa sewa bus murah di Jakarta.

Tentu bukan hal diinginkan apabila terjadi kecelakaan dan penyebab dari hal itu adalah faktor mesin bus yang tak layak jalan yang bisa jadi disebebkan oleh kurangnya perawatan oleh pihak perusahaan sehingga menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

Jangan sampai pula hanya terfokus pada penampilan bus sehingga mengabaikan pemeriksaan mesin. Dengan memeriksa dan memastikan mesin bus yang akan digunakan akan lebih mengamankan perjalanan kamu sebagai penyewa.

4. Memilih Driver Bus yang Sudah berpengalaman

Selain mesin yang terawat serta layak jalan, sopir merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Sama saja jika mesin sudah bagus namun sopir masih dipertanyakan, karena selama perjalanan wisata, keamanan kita bergantung pada sopir bus. Memastikan sopir yang memang sudah berpengalaman dan fasih dalam banyak medan akan lebih aman dan nyaman.

Sopir bus handal biasanya selain menguasai medan juga sabar dalam berkendara. Sopir memahami kapan waktunya menancap gas dengan kecepatan yang tinggi juga tahu kapan harus menurunkan kecepatan, sehingga perjalanan akan lebih nyaman dan tidak was-was karena sopir.

Setiap perusahaan sewa bus tentu memiliki sopir andalan masing-masing yang sudah memiliki banyak jam terbang serta terjamin handal dalam berbagai medan. Namun, tak ada salahnya jika kita memastikan bukan?

Bahkan apabila diperlukan, kamu bisa meminta copy-an SIM dan identitas lain dari sopir untuk memastikan bahwa sopir tersebut berlisensi dan memenuhi kualifikasi, sekalipun diberikan berbagai macam kemudahan ketika bernegosiasi dengan pengelola jasa sewa bus murah di Jakarta.

5. Memastikan Unit Bus Mendapat Perawatan Rutin Secara Berkala

Hal ini memang merupakan kewajiban dari pihak perusahaan penyedia sewa bus, namun bukan berarti hal yang boleh disepelekan.

Meskipun kendaraan tersebut sudah teruji aman, tapi apabila tidak dibersamai dengan perawata rutin secara berkala, pasti akan rusak juga. Perawatan rutin juga berguna untuk memantau kesehatan mesin adakah yang perlu diperbaiki dan sebagainya, supaya apabila sedang dikendarai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamu bisa menanyakan track record perawatan bus agar memastikan bahwa bus-bus di perusahaan itu memang benar-benar terawat demi kelancaran dan keamanan ketika berwisata, sekalipun sedang menggunakan jasa sewa bus murah di Jakarta.

6. Menentukan Tujuan Perjalanan atau Destinasi Wisata

Hal yang wajib ditentukan sebelum menyewa bus adalah tujuan wisata. Tentukan dan pastikan tujuan wisata kamu, pertimbangkan medan yang akan dilalui dan siapa saja yang akan mengikuti wisata yang akan dilakukan.

Apabila wisata yang akan dilakukan adalah ke luar kota, pastikan perusahaan bus yang dipilih melayani perjalanan wisata ke luar kota. Hal itu penting diperhatikan untuk mengantisipasi kemungkinan perubahan jadwal perjalanan wisata ke sejumlah tempat di luar kota namun dengan biro pariwisata yang sama.

Akan lebih baik apabila perusahaan bus yang kita sewa dapat melayani perjalanan ke semua kota di Indonesia. Kota-kota di Indonesia memiliki khas objek wisata terkenalnya masing-masing, karena itulah akan sangat baik apabila perusahaan bus yang dipilih berpengalaman melayani perjalanan ke objek wisata yang populer.

7. Memastikan Kelengkapan Surat-Surat Bus

Kelengkapan surat-surat bus tentu sangat penting dalam perjalanan. Kamu harus berhati-hati terhadap unit sewaan bodong yang artinya tidak memiliki surat lengkap atau malah masa berlaku habis.

Angkutan umum biasanya akan diuji coba kelayakan berkendaranya yang apabila lulus akan mendapatkan surat pengujian kendaraan bermotor yang sangat penting serta perlu dicek masa berlakunya apakah masih berlaku atau tidak.

Perlunya pengecekan terhadap kelengkapan surat-surat bus dapat mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, sekalipun sudah diberikan berbagai macam fasilitas saat menyewa jasa sewa bus murah di Jakarta.

8. Pilih Fasilitas dan Layanan Terbaik dari Bus Pariwisata

Selain performa mesin dan kondisi fisik bus, tanyakan pada pihak penyewa apakah bus yang kamu rental menawarkan berbagai fasilitas kenyamanan dan hiburan, seperti LCD/TV, wifi, hingga fitur pendingin udara AC, reclining seat, dan sebagainya.

Di samping itu, tanyakan pula apa yang dilakukan perusahaan bus mengenai berbagai kemungkinan terburuk yang terjadi seperti ketika AC mati total atau tidak berfungsi. Apakah tetap melakukan perjalanan meskipun tanpa pendingin atau memberikan bus pengganti yang kualitasnya sama, atau kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa saja terjadi dalam perjalanan pariwisata.

Pastikan juga fasilitas layanan yang diberikan sesuai dengan harga yang dibayarkan. Jangan sampai membayar mahal namun dikecewakan oleh fasilitasnya. Sekalipun bila pada akhirnya kamu menyewa dari penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta, menanyakan hal ini tidak ada salahnya kok!

Umumnya harga sewa bus sudah mencakup penunjang operasional bus seperti bahan bakar dan pengemudi. Sedangkan biaya tol, biaya parkir bus, dan tiket masuk ke lokasi wisata dibebankan kepada penyewa.

Hal-hal tersebut dapat kamu tanyakan untuk kenyamanan selama perjalanan wisata yang akan dilalui kemudian bisa digunakan untuk mempertimbangkan budget yang akan kamu keluarkan untuk menyewa bus pariwisata dari perusahaan tersebut, sekalipun menyewa dari penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta.

9. Melakukan Pemesanan Jauh-Jauh Hari Sebelum Jadwal Keberangkatan

Usahakan ketika akan menyewa bus pariwisata, kamu harus memerhatikan kapan akan berangkat bersama rombongan. Maksimal pemesanan usahakan sekitar 3 minggu atau satu bulan sebelum jadwal pemberangkatan. Hal itu dikaitkan dengan ketersediaan bus yang akan disewa.

Tentu bukan hal yang diinginkan apabila mendapatkan bus yang kurang memenuhi syarat, meskipun sedang menyewa jasa sewa bus murah di Jakarta. Atau mungkin berasal dari PO yang berbeda. Seperti, misalkan kamu hendak menyewa tiga bus pariwisata dengan waktu satu atau dua minggu lagi sebelum keberangkatan. Bisa jadi bus yang akan didapatkan dari PO A 2 unit dan dari PO B 1 unit. Spesifikasi dan fasilitas sesuai dengan pesanan, HDD/SHD sama bagusnya, namun bus yang akan digunakan tidak berasal dari 1 PO saja.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka sangat dianjurkan untuk mengagendakan dan melakukan pemesanan dalam waktu yang tidak berdekatan, terlebih bila kamu ingin menyewa jasa sewa bus murah di Jakarta yang cenderung banyak diminati.

10. Memilih Bus Pariwisata yang Terbaru

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika akan menyewa bus pariwisata adalah memilih bus yang berumur muda atau terbaru. Bus dengan keluaran terbaru biasanya memiliki tingkat keamanan yang lebih apabila dibandingkan dengan bus keluaran lama.

Biasanya dari perusahaan bus pariwisata tersebut sudah menawarkan unit terbaru dengan tingkat kenyamanan serta keamanan lebih terjamin dan apabila dari pihak bus tidak menawarkan keluaran terbarunya bukan hal yang salah juga apabila kamu menanyakan tahun keluar bus-bus tersebut dan memilih unit bus yang terbaru untuk disewa.

Itulah 10 tips yang direkomendasikan sebelum memilih perusahaan otobus untuk menemani perjalanan wisata yang akan kamu lakukan. Memilih bus pariwisata memang haruslah cermat karena mempertaruhkan keamanan dan keselamatan banyak nyawa.

Belum lagi apabila perjalannya memakan waktu beberapa hari, tentu kenyamanan dan fasilitas yang memadai sangat akan diperlukan bagi penumpang. Jangan sampai kecewa di akhir karena merasa salah pilih bus pariwisata, terlebih ketika menyewa jasa sewa bus murah di Jakarta.

Beberapa Persiapan Ketika Akan Sewa Bus SandHoliday Jaya Abadi

Sewa Bus Murah Jakarta

Berikutnya kamu harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum menyewa mini bus / medium bus / big bus. Tentunya hal ini harus dilakukan, agar kegiatan wisata kali ini semakin nyaman, aman, dan pastinya tidak over budgeting atau bahkan lebih murah, antara lain :

1. Hindari Memesan Bus Dalam Waktu yang Terlalu Dekat Dengan Pemberangkatan

Hal pertama yang sebaiknya kamu perhatikan ketika akan memesan bus atau kendaraan pariwisata lain seperti Isuzu Elf dan lainnya adalah, jangan memesan dalam jangka waktu yang cukup dekat atau bahkan terlalu mepet, sebaiknya memesannya jauh-jauh hari.

Hal seperti ini dilakukan untuk menghindari kurangnya armada yang dibutuhkan untuk kegiatan liburan kali ini, terutama ketika memesan kendaraan tersebut pada waktu liburan tiba atau pada akhir pekan. Sekaligus memaksimalkan performa kendaraan yang akan digunakan. Karena untuk mengecek kondisi kendaraan, terutama dalam jumlah banyak, memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Seperti pada tips di atas, untuk memesan kendaraan yang akan dirental, sebaiknya pesan minimal 3 minggu sebelumnya atau bahkan 1 bulan sebelumnya. Jadi pihak penyedia jasa dapat mempersiapkan kendaraan yang akan dirental secara maksimal. Selain itu, memesan kendaraan sejak jauh hari, biasanya harga sewanya relatif normal, dibandingkan mendekati waktu liburan tiba. Hal ini biasanya dikaitkan dengan ketersediaan sisa kendaraan yang ada.

Ketika akan memesan kendaraan wisata, biasanya kamu akan perlu melakukan Down Payment dengan jumlah tertentu, dan akan melunasinya, menjelang keberangkatan. Dalam hal ini, kamu perlu memperhatikan dengan baik kuitansi transaksi yang diberikan, dan total biaya yang dikeluarkan, pastikan harganya sesuai dengan kesepakatan awal dan tidak berubah sekalipun penyewa sudah mengatakan bahwa mereka menawarkan jasa sewa bus murah di Jakarta.

2. Perhatikan Fasilitas Apa Saja yang Ada di Dalam Bus

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum menyewa bus pariwisata adalah fasilitas yang ditawarkan oleh pihak penyedia layanan tersebut. Seperti yang telah dijelaskan di atas, fasilitas kendaraan yang dimiliki oleh Sandholiday Jaya Abadi sangatlah nyaman dan aman.

Meskipun begitu, tentu tidak ada salahnya jika kembali menanyakan mengenai berbagai macam fasilitas yang ditawarkan oleh Sandholiday Jaya Abadi ketika akan menyewa salah satu dari beberapa jenis kendaraan yang ada. Selain itu, pastikan harga yang diberikan sesuai dengan fasilitas yang akan kamu terima sebagai pengguna jasa Sandholiday Jaya Abadi yang juga merupakan salah satu penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta.

Dalam mencermati fasilitas yang ada, kamu perlu memperhatikan hal-hal seperti ukuran bagasi, fasilitas interior kendaraan, desain kendaraan, dan hal-hal lain seperti yang ada pada tips di atas. Tentu hal ini perlu dilakukan agar kegiatan berlibur dan berwisata menjadi semakin menyenangkan dan nyaman mengingat perjalanan yang akan ditempuh memakan waktu yang tidak sebentar.

3. Layanan yang Diberikan oleh Perusahaan Otobus

Selain memeperhatikan fasilitas yang ditawarkan dalam armada yang akan digunakan, kamu juga pelu memerhatikan layanan apa saja yang akan diberikan oleh Sandholiday Jaya Abadi. Biasanya untuk liburan dalam jumlah besar, Sandholiday Jaya Abadi akan memberikan fasilitas seperti banner, beberapa orang sopir, mekanik dan juga helper sekalipun Sandholiday merupakan penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta.

Sopir dapat diganti secara berkala untuk mengantisipasi ketika sopir merasa lelah, kemudian ada juga pengecekan secara berkala oleh mekanik agar kondisi kendaraan selalu prima, aman, dan mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan ketika berwisata, selanjutnya Sandholiday Jaya Abadi memiliki helper yang cekatan dan mampu membantu perjalanan wisata jadi semakin nyaman.

4. Pilih Tipe Bus yang Sesuai Dengan Jumlah Peserta

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya ketika hendak menyewa bus pariwisata di Sandholiday Jaya Abadi adalah memilih tipe bus yang sesuai dengan jumlah peserta. Sebelum kamu menghubungi bus untuk melakukan reservasi, pastikan kamu telah meiliki data berapa banyak peseerta yang akan ikut dalam perjalanan wisata. Tentu hal tersebut penting karena menyangkut seberapa besar kapasitas bus dan jumlah kursi yang tersedia.

Ada beberapa tipe bus yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan calon pengguna. Umumnya bus pariwisata yang berukuran besar atau big bus memiliki kapasitas kursi dimulai dari 24 kursi, 44 kursi sampai 59 kursi. Untuk ukuran medium atau medium bus memiliki kapasitas sebanyak 27 kursi dan 31 kursi. Apabila hanya sedikit, misalnya hanya rombongan keluarga saja, kamu dapat memilih untuk menyewa Toyota Hiace atau Isuzu Elf. Kendaraan ini, mampu menampung sekitar kurang dari 15 penumpang.

Begitulah kira-kira gambaran kapasitas dari masing-masing jenis bus yang dapat kamu sesuaikan dengan banyaknya peserta yang akan berangkat untuk melakukan wisata bersama.

5. Memperhatikan Harga Sewa dan Hal-Hal yang Termasuk Didalamnya

Seperti yang sudah dijelaskan pada tips di atas, keuangan adalah salah satu hal yang cukup penting untuk kamu perhatikan adalah harga sewa dari armada tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan, harga rental armada di Sandholiday ini terbilang sangat terjangkau. Meskipun begitu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar anggaran liburan kali ini tepat dengan estimasi atau bahkan lebih murah, hal-hal tersebut antara lain :

  1. Perhatikan dengan baik jenis kendaraan yang akan dirental, apakah kamu akan menyewa Isuzu Elf, Toyota Hiace, Medium Bus atau Big Bus.
  2. Perhatikan juga berapa harga sewa kendaraan tersebut, dan per berapa lama tarif kendaraan tersebut, misalnya saja harga bus per hari, per jam, atau yang lainnya.
  3. Berapa lama kendaraan tersebut akan dirental. Jadi dalam hal ini, kamu akan menjumlahkan harga dan waktu rental kendaraan tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang termasuk dan tidak termasuk ke dalam harga sewa. Karena Sandholiday Jaya Abadi selaku penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta hanya menyewakan kendaraan, biasanya harga yang ditawarkan belum termasuk biaya tol, parkir, bahkan tiket masuk kawasan wisata.

Apabila kamu ingin paket wisata lengkap, termasuk biaya tol dan hal-hal lainnya, ada baiknya jika mendiskusikan hal ini dengan dengan pemilik jasa. Dengan begitu, Sandholiday Jaya Abadi dapat menyesuaikan dan memberikan rekomendasi yang terbaik untuk kamu pada saat berlibur.

Hal-hal di atas perlu diperhatikan agar kamundapatkan pelayanan terbaik dari Sandholiday Jaya Abadi. Kamu dapat melakukan reservasi dengan datang langsung ke agen atau bisa juga menghubungi lewat contact person yang disediakan apabila kamu tidak sempat datang.

Akan ada beberapa pertanyaan yang akan diberikan oleh petugas yang mungkin bisa kamu persiapkan, di antara yaitu, tanggal penggunaan bus, durasi pemakaian bus, kapasitas bus, dan tujuan atau destinasi wisata kamu. Jawaban yang kamu berikan akan menjadi data pemesan sekaligus penentu berapa biaya sewa yang perlu kamu keluarkan.

Kualitas Perusahaan Otobus SandHoliday Jaya Abadi Menurut Standar Keselamatan

Otobus SandHoliday Jaya-Abadi

Di samping reputasi dari klien, kualitas Perusahaan Otobus Sandholiday Jaya Abadi juga bisa dilihat dari penilaian standar keselamatan. Standar keselamatan dalam menilai kualitas Otobus Sandholiday Jaya Abadi sebagai salah satu penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta umumnya mengikuti standar dari Kementerian Perhubungan.

Standar ini contohnya seperti berfungsinya rem tangan, memiliki kaca safety hingga speedometer yang masih berfungsi dengan baik.

Penilaian juga dilakukan berdasarkan pada :

  • Kelayakan kondisi armada bus dan pengemudi apakah sudah sesuai standar keamanan dan layak jalan.
  • Kenyamanan pelanggan sebelumnya, mulai dari pembelian tiket hingga perjalanan sampai di tujuan.
  • Keramahan sumber daya manusia yang dilihat dari cara kerja crew di lapangan dalam melayani penumpang di perjalanan.
  • Profesionalisme dalam sistem penjualan dan pembelian tiket.

Standar-standar di atas merupakan hal yang bisa kamu nilai sebelum perjalanan dilakukan atau dari pelanggan sebelumnya. Kamu juga bisa berkaca dari pengalaman menyewa bus sebelumnya kemudian bandingkan dengan kualitas jasa yang akan digunakan, apakah layak menjadi langganan kamu.

Tata Cara Menyewa Bus Murah di SandHoliday Jaya Abadi

Sewa Bus Murah di Jakarta

Untuk bisa sewa bus di Sandholiday Jaya Abadi, ada beberapa tata cara penyewaan yang harus kamu lalui. Berikut ini beberapa tata cara menyewa bus untuk kamu cermati supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan:

1. Tentukan Tanggal Penyewaan

Hal utama yang harus kamu lakukan saat menyewa bus adalah dengan menentukan tanggal kamu akan menyewa bus tersebut. Dengan menentukan tanggal menyewa akan membantu kamu mendapatkan informasi apakah bus available atau tidak.

Selain itu, proses penyewaan akan juga akan lebih cepat. Hindari menentukan tanggal yang terlalu berdekatan. Terlebih lagi, saat hari H penyewaan. Hal yang ditakutkan adalah kamu tidak mendapatkan bus yang diinginkan.

Patut diingat, sewa bus murah di Jakarta amat diminati oleh banyak orang. Oleh karena itu, kamu patut menyewakan tanggal penyewaan lebih awal dari yang lain.

2. Hubungi Tim Operasional

Setelah menentukan tangga penyewaan, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menghubungi tim operasional SandHoliday untuk melakukan booking terlebih dahulu. Biasanya saat proses booking, kamu hanya diberikan beberapa pertanyaan, seperti tanggal penggunaan dan apakah menggunakan supir atau tidak.

Tentunya harga lepas kunci dan menggunakan supir akan sangat berbeda. Maka, atas pertimbangan tersebut, dapat dipikirkan baik – baik. Meskipun begitu, diantara penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta lain, Sandholiday sudah cukup terjangkau kok tarifnya!

3. Lakukan Konsultasi akan Layanan dan Tempat wisata

Tidak ada salahnya, kamu bertanya pada terkait layanan yang diberikan, baik berupa garansi, bensin dan lain sebagainya. Kamu juga bisa bertanya akan tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Apakah tempat wisata ditentukan oleh kamu atau Sandholiday Jaya Abadi sudah menentukan tempat wisatanya atau belum? Dan lain sebagainya. Yang terpenting, pertanyaan krusial yang wajib kamu ajukan adalah masalah harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta yang satu ini.

4. Lakukan Reservasi dan Pembayaran

Setelah ditentukan tanggal penyewaan dan sudah jelas mengenai tujuan dan layanan yang diberikan, kamu bisa langsung melakukan reservasi. Kamu cukup mengisi form penyewaan. Kemudian lakukan pembayaran berupa DP. Untuk pelunasan bisa dilakukan sebelum bus di ambil.

Itulah beberapa tata cara yang harus kamu jalani untuk melakukan reservasi bus di Sandholiday Jaya Abadi, penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta.

Biaya Sewa Bus di SandHoliday Jaya Abadi

Biaya Sewa Bus SandHoliday

Tentu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah berapa harga sewa bus dari Sandholiday Jaya Abadi, yang terkenal sebagai salah satu penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta. Tentunya ada beberapa faktor penentu akan harga bus. Jadi setiap orang akan mendapatkan harga yang berbeda. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi harga rental bus di Jakarta :

1. Jenis Bus

Bukan hanya bus pariwisata saja yang disediakan, SandHoliday juga menyediakan Isuzu ELF dan Bus Medium. Ketiganya memiliki harga yang berbeda.

Seperti perusahaan jasa transportasi wisata pada umumnya, Sandholiday Jaya Abadi memiliki beberapa jenis kendaraan pilihan yang dapat Anda sewa untuk kegiatan wisata Kamu. Adapun beberapa jenis kendaraan yang SandHoliday antara lain:

  • Big bus; Big bus yang dimiliki Sandholiday Jaya Abadi ini berukuran besar ini mempunyai 59 buah kursi serta mempunyai aturan kursi 3 -2. Dengan ukuran bus yang cukup besar, tentu dapat membuat para penumpang nyaman duduk di kursi, tanpa merasa terhimpit.
  • Medium bus; Bus yang satu ini berukuran sedang. Memiliki kapasitas penumpang sekitar 31 buah kursi. Bus berukuran sedang ini memiliki desain kursi 2-2, kemudian jarak antar kursinya tidak terlalu jauh, namun cukup nyaman untuk digunakan dalam kegiatan wisata sesuai dengan tujuan Kamu.
  • Elf long; mobil berukuran sedang ini, mempunyai sekitar 19 buah kursi. Walaupun bentuknya mobil, namun ukuran mobil ini terbilang besar, dibandingkan ukuran mobil sejenis. Desainnya juga terbilang luas, dan nyaman untuk 19 orang penumpang, untuk bagasi, diletakkan di bagian belakang, dengan ukuran yang cukup sedang.

2. Lamanya Menyewa

Lamanya menyewa juga mempengaruhi harga rental bus murah. Apakah Kamu menyewa untuk satu, dua hari atau mingguan? Biasanya paket mingguan dan bulanan lebih terjangkau. Untuk masalah durasi menyewa, SandHoliday memiliki perhitungan berdasarkan jam. Tetapi ada juga paket overnight.

3. Tour atau Transfer

SandHoliday menyediakan rental bus murah di Jakarta dengan dua pilihan. Apakah bus pariwisata digunakan untuk tour atau hanya sekedar transfer saja, seperti dari bandara ke hotel. Setiap paket diberikan juga memiliki harga berbeda.

4. Bahan Bakar

Harga yang ditawarkan sudah termasuk dengan biaya bahan bakar yang digunakan. Namun kenaikan bahan bakar juga bisa mempengaruhi harga rental bisa naik. Jadi harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga sewa bus murah di Jakarta. Untuk perkiraan harga rental, Kamu bisa melihat tabel di bawah ini untuk tujuan dalam kota Jakarta maupun luar kota Jakarta.

Daftar Harga Sewa Bus di Jakarta Terbaru 2020

Apabila Kamu ingin menggunakan layanan sewa bus pariwisata dari penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta seperti yang ditawarkan SandHoliday, ingat kembali untuk memperhatikan hal-hal krusial seperti berikut ini:

1. Musim Liburan

Pastikan Kamu tidak memesan kendaraan ini pada musim liburan atau pada saat akhir pekan. Biasanya jumlah kunjungan ke beberapa kawasan wisata akan padat dan hasilnya armada yang ada jadi semakin terbatas atau bahkan habis.

Tentu akan lain halnya apabila Kamu memesan kendaraan wisata ini pada hari-hari yang biasa atau bukan pada musim liburan. Biasanya ketersediaan armada yang dapat disewa cukup banyak. Walaupun akan lebih baik, Kamu sebaiknya memesan armada yang akan digunakan sejak jauh-jauh hari.

Rekomendasi waktu pesan maksimal 3 minggu atau bahkan 1 bulan sebelumnya untuk mengantisipasi kehabisan armada yang menyebabkan Kamu harus melakukan cancel atau mengganti jadwal yang sudah disusun.

Yang perlu Kamu ketahui disini adalah, biasanya harga sewa kendaraan pada musim liburan sedikit lebih mahal, dibandingkan dengan harga musim biasa.

2. Layanan dari Penyedia Jasa

Sandholiday Jaya Abadi mempunyai motto ingin memberikan kenyamanan dalam berwisata, maka ada beberapa layanan yang akan Kamu terima, antara lain:

  • Paket wisata, jika Kamu ingin melakukan kegiatan wisata ke sebuah tempat tertentu,  misalnya seperti ke Bali. Ada baiknya jika Kamu mendiskusikan hal ini dengan pihak customer service dari Sandholiday Jaya Abadi.Kamu dalam hal ini, perlu memberikan rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan dan pihak Sandholiday akan mengatur jadwal kegiatan serta menghitung berapa total harga yang perlu Kamu keluarkan.Jika rancangan kegiatan ini disetujui, maka kegiatan akan dilakukan pada waktu yang ditentukan dan Kamu wajib membayar paket sebelum jatuh tempo.
  • Driver, juga menjadi salah satu layanan yang diberikan oleh pihak Sandholiday Jaya Abadi untuk sewa bus pariwisata murah terbaru. Untuk 1 kali perjalanan wisata, biasanya driver tidak seorang diri.Untuk beberapa hari perjalanan, biasanya driver yang diberikan lebih dari 1 orang, mulai dari 2 hingga 3 orang untuk saling bergantian. Selain driver atau sopir, ada juga helper dan juga mekanik. Hal ini sengaja dilakukan agar sopir selalu dalam kondisi fresh, demikian pula kendaraan yang digunakan karena selalu dicek oleh mekanik.

3. Sistem Pembayaran

Hal lain yang juga perlu Kamu perhatikan adalah sistem pembayaran yang sebaiknya Kamu lakukan dengan tepat waktu. Ketika Kamu akan memesan sebuah bus atau kendaraan pariwisata, maka Kamu harus melakukan DP. Minimal DP yang sebaiknya diberikan cukup beragam, namun rata-rata minimalnya sekitar 30% dari total biaya yang harus dibayar.

Pengajuan booking ini sendiri maksimal 5 hari sebelum keberangkatan. Hal ini, dilakukan memberikan waktu untuk mengecek armada yang akan disewa. Sedangkan pelunasan sendiri, sebaiknya dilakukan maksimal 1 hari sebelum keberangkatan.

Jika ada pembatalan, sebaiknya dilakukan sejak jauh hari. Untuk Kamu perhatikan, jika terjadi pembatalan pada hari keberangkatan, maka uang yang sudah masuk akan dianggap hangus.

Sistem pembayarannya sendiri, dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik transfer antar rekening, atau secara cash.

4. Lama Waktu Sewa dan Overtime

Lama waktu sewa dan overtime juga  perlu Kamu perhatikan. Dalam hal ini, lama waktu sewa yang ditetapkan oleh pihak penyedia jasa Sandholiday Jaya Abadi adalah per hari. Namun demikian, ada juga sistem paket yang akan ditawarkan.

Misalnya saja sewa Hiace / Elf murah di Jakarta selama 1 harian, paket sewa kendaraan ke Jawa Timur selama 5 hari dan yang lainnya. Untuk tarif paket seperti ini tentunya berbeda dengan paket sewa kendaraan pada umumnya. Harga yang diterapkan adalah harga paket, bukan harga harian. Selain itu, harga sewa yang diberikan kali ini biasanya cenderung lebih murah, ketimbang sewa kendaraan secara harian.

Lalu bagaimana jika Kamu melebihi batas waktu pemakaian yang sudah ditentukan sebelumnya? Jika demikian Kamu sudah melakukan overtime. Harga overtime yang ditawarkan oleh Sandholiday Jaya Abadi ini terbilang cukup beragam. Hal ini tergantung jenis kendaraan, dan juga jenis overtime itu sendiri. Adapun jenis overtime yang ditawarkan oleh Sandholiday ada 2 macam, yaitu per jam atau per hari.

Jika terjadi overtime, ada baiknya jika Kamu menghubungi dan memberi kabar pada pihak penyedia jasa, dalam hal ini Sandholiday Jaya Abadi untuk menjelaskan situasi apa yang Kamu hadapi sehingga terjadi overtime. Dengan demikian, pihak penyedia jasa akan memberikan informasi lebih lanjut tentang biaya overtime yang akan diberikan, berdasarkan situasi yang sedang berlangsung.

Dengan adanya informasi seperti ini, Kamu tentunya tidak akan kesulitan dalam menentukan berapa budget yang sebaiknya dikeluarkan untuk sewa kendaraan tersebut, ketika akan berwisata ke mana pun di Pulau Jawa. Termasuk ketika Kamu mempunyai budget terbatas, dan ingin menggunakan tarif sewa bus pariwisata murah terbaru di Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi. Dengan berkonsultasi dengan pihak Sandholiday Jaya Abadi sebagai penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta, maka hal seperti ini dapat diatasi dengan baik.

Berikut merupakan daftar harga yang ditawarkan oleh Sandholiday Jaya Abadi untuk Kamu.

WAKTUTUJUANELFMEDIUMBIGBUS
19 SEAT30 SEAT59 SEAT
(Rp.)(Rp.)(Rp.)
1 HARIDrop Dalam Kota / Transfer Bandara950.0001.400.0002.000.000
City Tour Dalam Kota / TMII / Ragunan / Ancol / BSD / Cibubur1.250.0001.750.0002.400.000
Bogor / Cileungsi / Sentul / Balaraja / Tangerang / Bekasi1.400.0002.000.0002.750.000
Cisarua / Safari / TWM / G.Mas Lido / Cimelati / Karawang1.500.0002.250.0003.150.000
Cipanas / Cibodas / Ciloto / Sukabumi / Cikampek / Purwakarta1.650.0002.500.0003.400.000
Carita / Anyer / Karang B / Serang / Cilegon / Banten1.750.0002.750.0003.750.000
Bandung / Sariater / Lembang / T. Perahu / Maribaya1.900.0002.800.0004.150.000
Ciwidey / Kawah Putih / Patenggang / Pengalengan / T. Lesung2.000.0003.250.0004.400.000
Garut / Cirebon / Kuningan / Majalengka2.250.0003.500.0005.000.000
2 HARIBogor / Cileungsi / Sentul / Balaraja / Tangerang / Bekasi2.500.0003.750.0005.250.000
Cisarua / Safari / TWM / G.Mas Lido / Cimelati / Karawang2.750.0004.000.0005.750.000
Cipanas / Cibodas / Ciloto / Sukabumi / Cikampek / Purwakarta3.000.0004.250.0006.250.000
Carita / Anyer / Karang B / Serang / Cilegon / Banten3.250.0004.500.0007.000.000
Bandung / Sariater / Lembang / T. Perahu / Maribaya3.500.0005.000.0007.250.000
Ciwidey / Kawah Putih / Patenggang / Pengalengan / T. Lesung3.750.0005.500.0007.750.000
Garut / Cirebon / Kuningan / Majalengka4.000.0006.000.0008.250.000
Tasikmalaya / Pamijahan / Panjalu4.250.0006.500.0008.500.000
Pangandaran4.500.0006.750.0009.250.000
Guci / Tegal / Pekalongan/ Batu Raden/ Lampung4.750.0007.000.0009.050.000
3 HARIPangandaran5.250.0007.500.00011.000.000
Guci / Tegal / Pekalongan/ Batu Raden/ Lampung5.650.0008.000.00012.000.000
Jawa Tengah (Semarang / Jogja)6.000.0009.000.00013.200.000
4 HARIJawa Tengah (Semarang / Jogja)7.000.00011.000.00016.000.000
5 HARIJawa Timur8.750.00013.750.00020.000.000
6 HARIMadura10.500.00016.500.00024.000.000
8 HARIBali14.000.00022.000.00032.000.000
10 HARILombok17.500.00027.500.00040.000.000
OVERTIME PER JAM100.000200.000300.000
OVERTIME PER HARI1.000.0002.000.0003.000.000
Tarif diatas masih belum termasuk : Tol, Tips Supir, Parkir, dan Tiket masuk kawasan wisata.

 

NoKeterangan PemakaianDurasiToyota HiaceIsuzu ElfBus Medium
16 seat19 seat33 seat
(Rp.)(Rp.)(Rp.)
Transfer (One Way)
1Transfer Kuta / Legian / Seminyak AreaOne Way500.000500.000800.000
2Transfer Sanur / Nusa Dua / Jimbaran / UluwatuOne Way500.000500.000850.000
3Transfer Tanah Lot / UbudOne Way600.000600.000900.000
4Airport – KarangasemOne Way800.000800.0001.300.000
5Airport – SingarajaOne Way800.000800.0001.300.000
6Airport – JembranaOne Way800.000800.0001.300.000
Tour :
7Dinner Only3 Jam700.000700.000900.000
8Halfday6 Jam750.000750.000950.000
9Fullday12 Jam1.050.0001.050.0001.350.000
10Extra Hour1 Jam105.000105.000135.000
11OvernightPer Hari1.000.0001.000.0001.450.000

Itulah yang dapat saya jelaskan mengenai penyewaan bus murah yang berada di Jakarta. Banyaknya penyedia jasa sewa bus tidak berarti Kamu harus bingung untuk memilih, namun tetap memperhatikan kenyamanan dan keselamatan Kamu.

Untuk bertanya-tanya atau reservasi bus, Kamu dapat menghubungi contact person di bawah artikel ini. Semoga artikel tentang sewa bus murah di Jakarta ini dapat membantu Kamu, jangan lupa share info ini ke teman-teman dan kolega Kamu ya! Terimakasih!

  • ADDRESS: Sentra Bisnis Artha Gading. Blok A6 B Kav. NO. 1, Jl. Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, RT.18/RW.8, DKI Jakarta 14240
  • PHONE: (021)24523170
  • WHATSAPP: 082210777124

Lokasi Sewa Bus Pariwisata Murah di Jakarta :

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan