Setelah Bisnis Berkembang Pesat, Sebagai Pemimpin Ini yang Harus Anda Lakukan

Setelah Bisnis Berkembang Pesat, Sebagai Pemimpin Ini yang Harus Anda Lakukan

pemimpin bisnis
Image dari Techdayhq.com

Memiliki bisnis yang sehat dan berkembang dengan pesat pasti merupakan impian siapa saja yang sedang menjadi pengusaha. Untuk mencapai kesuksesan itu tentunya memerlukan usaha yang tidak mudah, banyak sekali hambatan dan rintangan yang akan selalu menghampiri perjalanan menuju sukses Anda. Pertanyaan kemudian muncul, apa yang harus dilakukan kemudian ketika bisnis Anda sudah mengalami pertumbuhan dan mengalami perkembangan pesat.

Pertanyaan ini seringkali mengganjal pada beberapa pengusaha yang sudah sukses. Tentu jawaban yang paling simpel adalah dengan terus mengembangkan bisnis semaksimal mungkin. Tapi selain itu sebenarnya ada yang lebih bagus dan logis untuk dilakukan sebagai seorang pemimpin bisnis. Di bawah ini adalah beberapa tindakan yang diperlukan ketika bisnis sudah mulai tumbuh dan berkembang pesat dengan stabil.

1. Mencoba Mengurangi Kontrol Langsung

Kontrol terhadap bisnis secara langsung memang perlu dilakukan, terlebih jika bisnis yang sedang dijalankan masih dalam tahap membangun. Namun ketika bisnis yang Anda jalankan sudah pada tahap berkembang dengan stabil, maka Anda sudah saatnya untuk berpikir dan mencoba mengurangi kontrol Anda. Artinya Anda harus mencoba untuk memberikan kewenangan pada orang lain atau anggota tim Anda terhadap pekerjaan bisnis Anda.

Jika memang sudah benar-benar stabil, dengan memberikan sedikit kewenangan pada anggota tim lain, Anda kemudian bisa mengembangkan atau memaksimalkan pekerjaan yang lain. Selain itu, jika anggota tim Anda berkembang dan membesar sebanding dengan bisnis Anda, maka Anda pun tidak akan mungkin mengontrol semuanya secara sendirian, akan menjadi hal yang sama sekali tidak efisien.

Artikel lain: Bisnis Selalu Berkembang, Anda Harus Mampu Menyesuaikan Diri!

2. Ciptakan Pemimpin Kecil Dalam Tim

Anda harus melakukan hal ini, munculkan pemimpin baru dalam sebuah tim untuk membantu Anda memikul beban berat dalam bisnis yang semakin tumbuh besar. Namun demikian tetap perlu Anda perhatikan bagaimana memilih pemimpin yang bagus untuk memimpin tim bisnis Anda. Setidaknya Anda harus melihat bagaimana dedikasi mereka dalam bekerja.

Kemudian jangan sampai Anda lupakan juga loyalitasnya, jangan sampai justru Anda ditelikung karena salah memilih pemimpin tim bisnis. Ininya dalam memilih pemimpin dalam tim bisnis, Anda harus benar-benar menyeleksinya.

3. Memberikan Pelatihan Untuk Pengembangan Potensi

Ketika Anda akan memilih seseorang untuk dipromosikan, maka sudah seharusnya yang Anda lakukan kemudian adalah memberikan pelatihan dan bimbingan untuk mengembangkan setiap potensi yang ada padanya. Bukan saja pada calon pemimpin tim bisnis Anda, namun untuk selalu meningkatkan performa bisnis, maka seluruh yang terlibat dalam bisnis harus juga diberikan pelatihan.

Ini tentu saja dimaksudkan agar semuanya siap ketika sewaktu-waktu mendapatkan #promosi untuk menjadi pimpinan tim bisnis. Selain itu juga untuk meningkatkan skill para pekerja untuk mendapatkan produk bisnis yang maksimal.

4. Memberikan Iklim Kompetisi yang Sehat

Hal ini harus menjadi perhatian Anda selanjutnya. Tidak cukup hanya memberikan pelatihan, namun follow up dari pelatihan yang diberikan adalah dengan membuat iklim kompetisi yang sehat bagi seluruh pekerja. Dari iklim kompetisi yang sehat ini biasanya akan muncul beberapa orang yang memiliki potensi bagus untuk diproyeksikan menjadi pimpinan tim bisnis.

Namun demikian Anda tetap perlu memastikan bahwa iklim kompetisi yang Anda bangun harus dilatar belakangi untuk memajukan perusahaan bisnis Anda dan orang-orang, bukan untuk saling menjatuhkan satu sama lain.

Baca juga: Ingin Bisnis Keluarga Kian Berjaya di Tahun Pertama? Berikut Tips Ringkasnya

5. Mempertahankan Bisnis Untuk Berkembang Lebih Besar

Untuk mempertahankan yang sudah Anda capai bukanlah perkara yang mudah. Maka dari itu, meski saat ini bisnis Anda tengah berada pada fase yang positif, Anda tetap harus waspada. Artinya Anda harus tetap memperhatikan perkembangan pasar bisnis Anda saat ini. Jangan sampai Anda terlena sedetikpun.

Pertahankan capaian Anda untuk digunakan sebagai modal mengembangkan bisnis jauh lebih besar lagi ke depan. Jangan cepat berpuas diri, karena itu hanya akan menghentikan prestasi Anda sendiri. Apa  yang sudah berhasil Anda capai saat ini anggap saja sebagai awal bisnis besar Anda ke depan. Dengan demikian akan membuat Anda tetap memiliki semangat untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan