Sering Merasa Sendiri Ketika Bekerja? Coba Jalankan 5 Tips Berikut Ini

Sering Merasa Sendiri Ketika Bekerja? Coba Jalankan 5 Tips Berikut Ini

sendiri di kantor
Image dari Dimitri.co.uk

Menjalankan rutinitas pekerjaan yang monoton kadang bisa menimbulkan kejenuhan yang akan membawa seseorang kepada stres. Di tengah berbagai kesibukan pekerjaan dan tuntutan yang selalu menghimpit, kadang sangat sulit bagi kita untuk mendapatkan waktu luang untuk sekedar bercengkerama dengan teman. Hal ini sering terjadi dan membuat kita merasa sendiri dalam bekerja, dan perasaan sendiri tersebut akan membuat pekerjaan kita terasa semakin berat.

Keadaan ini akan bertambah parah ketika Anda adalah orang yang termasuk sulit bergaul, pendiam dan jarang bercanda. Jika Anda biarkan seperti ini, lama-lama Anda akan tertekan dan justru itu akan membuat kinerja Anda semakin buruk. Nah, jika Anda adalah termasuk orang yang selalu merasa sendirian dalam pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti di bawah ini.

1. Tanamkan Dalam Diri Anda Bahwa Memberi Itu Lebih Baik

Memang untuk menjadi orang yang menyenangkan di hadapan rekan kerja itu bukanlah perkara gampang. Kenapa harus menyenangkan, karena menyenangkan rekan kerja bisa menjadi alat untuk mendapatkan banyak teman dan menghilangkan rasa kesendirian Anda. Kadang dalam membina suatu komunikasi dengan sesama rekan kerja, kita selalu disuguhi pilihan antara memberi atau mengambil dari orang lain.

Jika Anda pernah juga mengalaminya, maka saran saya adalah pilihlah yang pertama yaitu memberi kepada orang lain. Yakinlah bahwa memberikan sesuatu pada orang lain tanpa adanya pamrih lebih baik dari pada sekedar mengambil dan meminta dari orang lain. Ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan banyak teman dan tentu saja bisa menghilangkan kesendirian Anda.

Artikel lain: Inilah 5 Tanda Bahwa Anda Bekerja di Perusahaan yang Tepat

2. Lakukan Komunikasi Setiap Hari

Perlu Anda sadari bahwa Anda bekerja tidak sendirian, ada banyak teman di sekeliling Anda. Jangan abaikan mereka, jalinlah komunikasi yang intens kepada mereka, setidaknya sapalah mereka setiap hari. Tanyakan kabar kepada mereka, Anda bisa langsung menyapanya secara lisan jika relasi Anda dalam satu kantor, atau bisa menggunakan media sosial jika Anda memiliki teman di tempat yang jauh.

Jika teman Anda banyak, Anda bisa menyapanya satu orang setiap hari, itu sangat berarti dan akan mempereat bonding Anda dengan teman-teman yang pada akhirnya akan membuat Anda tidak merasa sendiri lagi.

3. Jangan Suka Membedakan, Semua Manusia Pada Dasarnya Itu Sama

Jangan suka membeda-bedakan, itu buruk sekali. Meski mungkin Anda memiliki posisi yang lebih tinggi di perusahaan dibanding dengan teman Anda yang lain, pada dasarnya semua manusia itu sama. Kesetaraan dalam hubungan komunikasi akan sangat bagus dan membuat teman Anda akan saling nyaman berinteraksi dengan Anda.

Anda harus bisa menghormati semua rekan kerja, baik itu atasan atau bawahan Anda. Dengan begini Anda akan memiliki banyak teman dan relasi yang akan membuat suasana kerja Anda jadi ramai dan bisa menghilangkan kesendirian Anda.

4. Jangan Takut Memulai Berkomunikasi Dengan Teman Baru

Kadang yang membuat teman Anda tidak bertambah banyak adalah perasaan takut Anda dalam memulai sebuah komunikasi. Terlebih kepada teman baru, tidak usah takut, karena jalinan komunikasi yang Anda bangun dengan dasar mempererat silaturahmi pasti akan sangat bagus dan dihargai oleh mereka. Atau Anda bingung harus mulai dari siapa, tentukan saja secara acak.

Misalnya saja Anda bisa menetapkan akan memulai mengobrol dengan siapa pun yang duduk di samping saya ketika makan siang, atau dengan kriteria lainnya, bebas saja. Jika Anda sudah biasa memulai perbincangan dengan seseorang, maka selanjutnya tentu akan lebih mudah lagi dalam menjalin pertemanan baru untuk menghilangkan perasaan kesendirian dalam pekerjaan.

Baca juga: 5 Trik Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja di Rumah

5. Sedikit Bercanda Dengan Rekan Kerja

Jangan terlalu menjadi orang yang serius, sesekali bercanda dengan rekan kerja yang lain juga sangat diperlukan. Selain untuk me-refresh otak Anda, juga untuk menjalin komunikasi dengan rekan kerja agar bertambah intens. Bercanda ringan bisa membantu menghilangkan rasa kesendirian Anda dalam pekerjaan.

Sebaiknya Anda bercanda di sela-sela waktu senggang di kantor atau ketika istirahat makan siang. Membicarakan hal-hal ringan sambil tertawa bisa menjadi solusi tepat untuk menyelesaikan kesendirian Anda di lingkungan kerja.

2 KOMENTAR

  1. terimakasih atas informasinya mas, sangat membantu sekali

Tinggalkan Balasan