Send ~ Aplikasi Email Terbaru Besutan Microsoft 

Image dari Digitaltrends.com

Image dari Digitaltrends.com

Saat ini semua pengguna #internet pasti sudah akrab dengan teknologi email. Email memang digunakan untuk mengirimkan pesan yang sifatnya lebih formal dan biasanya disertai dengan lampiran dokumen-dokumen lainnya.

Namun nyatanya kini, kesan email yang terlalu formal tersebut justru membuatnya mulai tergeser dengan tren aplikasi pesan instant yang kian menjamur. Kadang kala membuka email dari #smartphone kadang kala memakan waktu yang lama karena ada banyak fitur atau hal lain yang harus kita perhatikan.

Oleh sebab itu, pengguna smartphone malah jarang memanfaatkan smartphone-nya untuk saling berkirim email. Padahal dengan membuat aplikasi email yang praktis, melaksanakan aktivitas berkirim email dari smartphone tidak lagi terasa sulit. Hal ini kemudian mengilhami #Microsoft untuk meluncurkan aplikasi bernama Send.

Menonjolkan Kemudahan Konsep Pesan Instan

Pada tanggal 22 Juli 2015, Microsoft secara resmi meluncurkan #aplikasi email bernama Send. Send dibuat dengan konsep yang lebih mirip seperti aplikasi pesan instan (instant messaging). Tidak ada fitur yang terlalu berat sehingga kita dapat mengirimkan email melalui Send dalam hitungan detik saja.

Konsep yang diusung oleh Microsoft untuk Send sebenarnya bukanlah konsep yang betul-betul baru. Di tahun 2013, sebuah startup bernama Hop juga meluncurkan aplikasi MailTime dengan konsep yang sama. Namun sayangnya, MailTime tidak mampu menarik perhatian para pengguna internet dalam hal cara berkirim email yang lebih praktis. Karena pada akhirnya berkirim pesan secara praktis tetap sering dilakukan melalui aplikasi chat seperti WhatsApp, Line atau bahkan SMS.

Artikel lain: Cara Membuat Email Baru

Microsoft Optimis dengan Kehadiran Send

Aplikasi Send dibentuk oleh Microsoft Garage secara khusus. Sebagai informasi, Microsoft Garage bisa dianalogikan sebagai inkubator bagi perusahaan Microsoft yang selalu digunakan untuk mematangkan produk-produk yang sekiranya dibutuhkan oleh pasar.

Pengembangan Send dilakukan dengan keyakinan bahwa banyak sekali hal-hal penting yang bisa dilakukan dengan mengirim #email semudah berkirim pesan instan. Misalnya saja seperti komunikasi dengan rekan kerja yang belum mengirimkan file presentasi atau email yang berisi kesepakatan bertemu dengan rekan bisnis di tempat tertentu. Proyek yang digagas secara sungguh-sungguh ini dipercaya akan menjadi terobosan bagi teknologi email di dunia.

Tidak hanya berpuas diri karena bisa diluncurkan pada iPhone saja, layanan Send juga akan segera dikembangkan dan dirilis untuk versi Windows Phone dan #Android.

Send Terhubung dengan Aplikasi Microsoft Lainnya

Pada awal peluncurannya, Send akan diintegrasikan dengan para pengguna akun Office 365 Business dan School Email. Semua kontak yang paling sering kita hubungi pada kedua aplikasi tersebut akan tampil pada aplikasi Send. Sehingga memulai percakapan dengan kontak tersebut akan semakin mudah.




Apalagi Send juga dilengkapi dengan fitur jawaban cepat bagi kita yang sedang tak sempat membalas pesan. Beberapa jawaban cepat seperti “on my way”, “quick reply” atau “i’ll get back to you” bisa menjadi alternatif yang praktis untuk menjawab kiriman email dari orang lain.

Rencananya, aplikasi Send juga akan dikembangkan untuk kebutuhan antar interface. Indikator yang menunjukkan bahwa orang yang kita kirimi email sedang mengetik juga akan menjadi kekuatan Send yang membuatnya kian mirip dengan aplikasi chat. Dari sisi efisiensi, Send tidak akan menampilkan semua email yang kita miliki melainkan hanya menampilkan email yang kita kirim melalui Send saja. Kemampuan Send dalam mengirim email secara mudah dan cepat diharapkan dapat menjadi pesaing baru bagi popularitas aplikasi chat di masa kini.

Baca juga: How-old.net, Situs Pendeteksi Usia Karya Microsoft Yang Mengundang Antusiasme

Dengan segala fitur istimewa yang ada pada Send, Microsoft sendiri mengaku bahwa target dari aplikasi Send adalah para pebisnis. Kebutuhan akan efisiensi dan penghematan waktu saat menggunakan aplikasi pada smartphone membuat kalangan pebisnis dirasa jadi sasaran yang paling tepat bagi aplikasi ini.

Kehadiran Send sebagai salah satu aplikasi email yang praktis turut memberi warna baru bagi perkembangan #teknologi dunia. Semoga ekspektasi Microsoft akan keberhasilan Send bisa menjadi kenyataan. Sehingga di masa mendatang kita bisa melakukan proses pengiriman dan penerimaan email semudah melakukan chatting di smartphone.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud