Seminggu Jelang Pengumuman Android N, Akankah Neyyappam Menjadi Nama Resminya?

android n

Image dari Droid-life.com

Nama Operating System (OS) Android yang terus konsisten memakai nama beberapa menu kue dan jajanan berdasarkan urutan alphabet atau abjad memang terus memicu ketertarikan dan rasa penasaran. Jika sebelumnya kita sudah mengetahui beberapa nama seperti Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Dan setelah OS #Android Marsmallow meluncur kini giliran alphabet “N” akan menyusul untuk dihadirkan pihak Google sebagai pencipta Android. Saat akan diluncurkan nanti pada 8 Juni 2016, tentu saja nama Android “N” ini terus memicu pembicaraan dan perdebatan. Dari polling yang diadakan Google kemudian tersiar kabar bahwa nama kue dari India yaitu Neyyappam akan jadi nama resmi dari Android “N”. Benarkah demikian?

Nama Android “N” Dipiih dari Hasil Polling?

Penamaan untuk Android N sendiri memang kemudian dijadikan ajang diskusi bebas oleh Google dengan melakukan polling. Sejak bulan Mei 2015 kemarin #Google memang membuka kebebasan sebesar-besarnya untuk netizen guna menentukan nama yang pas dan menarik untuk Android “N”. Penyampaian ide nama Android “N” yang masih dibuka hingga tanggal 8 Juni 2016 ini bisa dilakukan melalui situs resmi Android N, Nah di situs tersebut, seseorang tinggal memasukkan ide nama Android “N” yang dianggap paling menarik dan pas.

Setelah nanti polling ditutup pada 8 Juni 2016 maka pihak Google kemudian akan memutuskan nama untuk Android “N”. Meski kemudian Google sendiri tak memberikan penjelasan tentang teknik atau cara pengambilan nama itu tapi yang pasti Google kemudian memastikan akan memberikan hadiah bagi pengguna yang idenya terpilih.

Artikel lain: Inilah 5 Fitur dan Keunggulan yang Akan Dihadirkan Pada Android N




Sebelumnya, Android N Di Google Disebut “New York Cheesecake”

Dari poling yang dilakukan Google sebenarnya banyak orang yang menginginkan nama Nutella sebagai nama dari Android “N” ini. Tapi sepertinya Google akan menyingkirkan nama tersebut karena menurut Google Nutella adalah nama sebuah merek dan bukan nama hidangan penutup umum. Beberapa minggu sebelum peluncuran nama resmi kemudian muncul nama New York Cheesecake yang digunakan Google sebagai penyebutan sistem operasi Android versi 7 atau Android N di internal perusahaan.

Nama New York Cheesecake sendiri diketahui pertama kali oleh Android Police dalam literatur yang didaftarkan di komunitas Android Open Source Project (AOSP) dengan sebuah akronim atau singkatan “nyc”. Akronim ini sendiri dipercayai sebagai New York Cheesecake yang akan menjadi nama untuk Android “N” menilik pengalaman terdahulu dimana literatur “klp” kemudian menjadi Key Lime Pie dan literatur “lmp” menjadi Lemon Meringue Pie serta “mnc” jadi Macadamia Nut Cookie.

Tapi meski begitu, penyebutan internal oleh pihak Google ini belum tentu akan menjadi nama resmi OS Android. Hal ini terbukti saat dimana penyebutan internal Key Lime Pie pada akhirnya berubah menjadi KitKat dan Lemon Meringue Pie menjadi Lollipop serta Macadamia Nut Cookie menjadi Marshmallow.

Baca juga: Segera Rilis, Inilah Bocoran Fitur OS Android Wear 2.0

Neyyappam Akankah Jadi Nama Resmi dari Android “N”?

Ketika beberapa menjelang peluncuran nama untuk Android “N”, tepatnya pada tanggal 31 Mei 2016 kemarin muncul desas desus bahwa Google akan menggunakan nama Neyyappam sebagai nama resmi untuk Android “N”. Di media sosial seperti #Twitter juga banyak netizen yang men-tweet kata “Neyyappam”.




Nama Neyyappam sendiri dikabarkan muncul dari polling dari Google yang menyatakan bahwa nama ini paling banyak diajukan oleh netizen untuk penamaan Android “N”. Neyyappam sendiri merupakan nama kue atau camilan dari India yang wujudnya mirip kue cucur. Selain di India, camilan ini juga banyak dikenal di daerah Tamil Nadu dan Sri Lanka. Banyaknya muncul nama Neyyappam dalam polling ini diduga disebabkan karena kekompakan masyarakat India untuk mengusung nama kue khas dari negerinya.

Meski kemudian nama Neyyappam ini sudah mempunyai situs dan akun khusus di Twitter dan Facebook namun belum tentu juga Google akan memilih nama Neyyappam sebagai nama untuk Android “N”. Hal ini dikarenakan pengajuan atau polling nama untuk Android “N” masih terus bergulir hingga lebih kurang sepekan ke depan.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Susah nyebutnya “Neyyappam” di Indonesia banyak sekali kue : Apem, Cendol, Dawet, Pastel, dll dll.. lama-lama jadi nama Android deh. Begitu cepat baru saja Lollipop, Marshmallow, ada bary kagu Lollipop aja belum.

  2. kalo bisa jangan sampe neyyapam deh. asing banget. itu kan kue lokal india, kalo di compare sama nama-nama android C-M rata-rata semua udah mendunia dan ga asing terdengar. tapi kalo sampe nama kue lokal gini masuk jadi agak aneh

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud