Sekolah Relawan ~ Wadah Para Relawan Untuk Tingkatkan Keterampilan Dan Wawasan

sekolah-relawan

Image dari Sekolahrelawan.com

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang dianugerahkan oleh Tuhan kekayaan alam yang luar biasa besar. Namun dimanapun tempatnya, apa yang diberikan akan selalu di ikuti dengan tanggung jawab. Ketika pemberian Tuhan begitu besar kepada Indonesia, maka tanggung jawab yang luar biasa besar pula turut berada di pundak kita.

Karena pada kenyataannya, ibu pertiwi tak jarang disambangi beragam musibah atau bencana alam yang bisa terjadi kapan saja. Dan di akui atau tidak, sebagian dari bencana tersebut juga akibat kelalaian kita sebagai manusia.

Dari situlah muncul upaya yang didasari dari kerelaan hati untuk menolong sesama. Mereka adalah para relawan yang senantiasa siap untuk membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan. Mulai dari korban bencana alam hingga beragam kejadian dan permasalahan yang ada di sekitar kita, semuanya membutuhkan uluran tangan dari para relawan.

Relawan dan Permasalahannya

sekolah-relawan1Ketika kita membicarakan tentang kondisi Indonesia yang penuh dengan berbagai masalah pelik di sana sini, sebenarnya selalu ada saja orang atau kelompok yang siap memberikan bantuan dalam berbagai bentuk untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Para relawan ini bisa dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari badan khusus yang dibentuk oleh pemerintah untuk menangani permasalahan tersebut, namun seorang relawan bisa datang dari background apapun, bisa seorang pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, wirausahawan, guru atau siapapun juga.




Namun jika dilihat dari sisi lain, dunia relawan juga tak lepas dari masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sebenarnya ingin memberikan bantuan dengan menjadi relawan. Ketika ada musibah bencana, atau kejadian di lingkungan masyarakat seperti kebakaran, banjir serta yang lainnya, ada saja orang yang ingin membantu pada kondisi tersebut.

Artikel lain: SaweranSosial ~ Platform Online Solusi Pendanaan Kegiatan Sosial Kemanusiaan

Namun permasalahannya adalah, tidak semua relawan tersebut mempunyai kapabilitas dan wawasan yang cukup untuk membantu dalam suatu kasus tertentu. Mungkin untuk beberapa bantuan tenaga, bisa dilakukan siapa saja. Namun semisal seperti kasus kebakaran, tentu mempunyai teknik atau cara pemadaman yang lebih efektif.

Dan permasalahannya tidak semua orang tahu bagaimana cara memadamkan api yang benar. Contoh lain, untuk hal kecil seperti ketika ada korban tenggelam yang membutuhkan bantuan pernafasan, nyatanya hanya sedikit dari para relawan tersebut yang mengetahui dan bisa mempraktekkan dengan baik cara pemberian pertolongan pertama pada kasus tersebut.

Inilah yang kemudian menjadi dasar pemikiran sekelompok profil di balik berdirinya sebuah gerakan yang diberi nama Sekolah Relawan.




Sekilas Tentang Sekolah Relawan

sekolah-relawan2Gerakan Sekolah Relawan merupakan sebuah wadah dengan tujuan utama untuk memberikan edukasi kepada para relawan demi meningkatkan keterampilan serta wawasan yang tentunya akan bermanfaat bagi para relawan tersebut. Berdiri sejak 3 tahun lalu tepatnya, 13 januari 2013, Sekolah Relawan ditukangi oleh sejumlah aktivis yang telah mempunyai pengalaman panjang di bidang dunia sosial dan aksi relawan.

Dengan pengalaman yang telah dimiliki oleh para foundernya, Sekolah Relawan menjadi wadah positif tidak hanya untuk semakin meningkatkan rasa keinginan saling berbagi dan membantu satu sama lain, namun juga meningkatkan sisi potensi yang dimiliki oleh para relawan. Hasilnya, tentu dalam membantu sebuah kejadian, para relawan tersebut bisa memberikan yang terbaik dan akhirnya berdampak secara signifikan pada hasil akhirnya.

Salah satu yang menarik dan sangat inspiratif, dari pemikiran yang mendasari berdirinya Sekolah Relawan adalah, tujuan utama para founder yakni menyiapkan generasi yang nantinya akan memimpin 20 hingga 30 tahun mendatang. Mereka menyadari bahwa, perlu ditanamkannya jiwa kerelawanan pada setiap pemimpin di Indonesia.

Bahkan jika bisa, semua pemimpin mulai dari tingkat bawah di lingkungan masyarakat hingga presiden, merupakan orang yang sudah mempunyai pengalaman panjang di bidang kerelawanan. Karena mereka meyakini, ketika seorang pemimpin mempunyai jiwa relawan yang kental dalam darahnya, maka mereka akan jauh lebih mudah untuk menjangkau inti permasalahan dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

Selain itu masih ada beberapa misi lain yang ingin dicapai oleh Sekolah Relawan di antaranya, memberikan edukasi kerelawanan di berbagai bidang, menggerakkan relawan di berbagai aspek kemasyarakatan, menjadi motor penggerak masyarakat dalam kemandirian, mengembangkan program kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat hingga berperan aktif dalam pengawasan kebijakan pemerintah. Semua misi tersebut, dirangkum dalam visi besar yakni membangun trah “Relawan sebagai para Pemimpin Bangsa”

Beberapa Program Sekolah Relawan

Sebagai sebuah organisasi yang dijalankan secara profesional lewat sistem terstruktur, Sekolah Relawan tentu mempunyai beberapa agenda atau program yang menjadi fokus dari kegiatan mereka. Setidaknya ada 4 fokus program yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Edukasi Kerelawanan

Program pertama yakni seperti yang telah dijelaskan panjang di atas, adalah untuk memberikan edukasi kepada para relawan terkait dengan peningkatan skill atau kemampuan serta wawasan. Lebih khusus lagi, ada 3 jenis pelatihan yang di ajarkan di Sekolah Relawan ini yakni DLT atau disaster leadership training, Rescue Training serta Traning Comdev yang merupakan latihan untuk mendampingi dan memberdayakan masyarakat.

  • Sosial Kemanusiaan

ffcdepok5Program kedua dari Sekolah Relawan yakni berkaitan dengan upaya yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat. Diantaranya yakni Free Food Car yang merupakan fasilitas pemberian makanan secara gratis kepada beberapa sasaran seperti dhuafa, yatim, fakir miskin serta mereka yang sedang dalam perjalanan dan membutuhkan makanan. Fasilitas ini, bahkan sudah aktif di lebih dari 10 kota di seluruh Indonesia.

Selain itu ada juga kegiatan ketuk berkah, dimana para relawan akan memberikan bantuan dalam bentuk sembako kepada keluarga miskin serta kaum duafa. Tidak hanya itu, di lingkungan masyarakat juga ada kegiatan CleanAction yang merupakan gerakan pungut sampah dan dilakukan secara rutin oleh para relawan dan masyarakat.

  • Pemberdayaan Masyarakat

Sekolah Relawan juga berupaya untuk meningkatkan kondisi masyarakat secara finansial seperti pemberian modal usaha bagi para duafa agar bisa mengembangkan usaha. Selain itu ada juga pelatihan khusus bagi para relawan terkait dunia entrepreneur agar mereka juga bisa memiliki pemasukan dari usaha secara mandiri.

  • Advokasi

Dan program terakhir dari Sekolah Relawan yakni memberikan pendampingan bagi masyarakat terkait bidang hukum dan perizinan. Seperti diketahui saat ini untuk mengurus fasilitas dasar dari pemerintah, tak jarang ada kendala yang dialami oleh masyarakat utamanya yang memiliki pengetahuan minim. Dari sini para relawan akan membantu masyarakat.

Baca juga: IndoKasih, Startup Online Kegiatan Donasi Pertama di Indonesia

Secara umum gerakan Sekolah Relawan bisa dibilang merupakan langkah nyata bagaimana kita bisa membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Dengan cara menyiapkan para pemimpin masa depan yang mempunyai keikhlasan hati dan keinginan untuk membantu sesama, bukan tidak mungkin  ini akan menjadi bibit untuk menciptakan generasi emas Indonesia di masa mendatang.

Setelah menyimak pemaparan di atas, mungkin ada dari rekan-rekan semua yang ingin bergabung dengan Sekolah Relawan. Dan jika Ingin bergabung menjadi salah satu anggota Sekolah Relawan atau memberikan donasi , rekan-rekan bisa langsung menyimak informasi lengkapnya pada situs resmi SekolahRelawan.com.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud