Segera Rilis, Inilah Bocoran Fitur OS Android Wear 2.0

android wear 2.0

Image dari Theverge.com

Belum lama berselang dalam acara tahunan Google I/O 2016, pihak pengembang perusahaan teknologi raksasa tersebut mengumumkan beberapa mega update yang tentunya sudah ditunggu-tunggu oleh para penggunanya. Dan salah satu yang paling menarik perhatian adalah rencana Google menelurkan teknologi sistem operasi terbaru untuk ke perangkat wearable device yakni Android wear 2.0.

Kabarnya, sistem operasi yang bekerja untuk perangkat wearable ini bakal ditanami beberapa fitur canggih yang tentunya tidak terdapat pada versi OS Android Wear sebelumnya. Penasaran ingin tahu seperti apa saja fitur terbaru dari sistem operasi #Android Wear 2.0? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Standalone Apps

Kelebihan pertama dan yang paling menarik perhatian adalah fitur standalone apps. Dengan adanya kelebihan yang satu ini, nantinya perangkat yang telah dilengkapi dengan OS Android Wear 2.0 bisa dioperasikan tanpa terkoneksi dengan perangkat smartphone. Fitur yang satu ini memang sudah ditunggu karena akan lebih mempermudah pengguna ketika ingin mengoperasikan smartwatchnya.

Dengan menggunakan dukung jaringan wifi serta bluetooth, pengguna langsung bisa mengakses aplikasi lewat jam pintar. Dan untuk perangkat yang sudah mendukung penggunaan slot kartu SIM, bahkan bisa mengoperasikan lewat koneksi data seluler. Semua kemudahan tersebut tentu ditujukan untuk semakin memacu tingkat penggunaan perangkat wearable yang lebih masif lagi, karena tidak perlu bergantung dengan perangkat mobile lain.

Artikel lain: Awal 2016, Fitbit Kuasai Industri Wearable Device

2. User Interface yang Lebih Segar

Selain bisa dioperasikan tanpa terkoneksi dengan perangkat smartphone, nantinya #wearable device yang telah menggunakan OS Android Wear 2.0 juga akan disuguhkan tampilan antarmuka pengguna yang lebih segar. Penggunaan sistem notifikasi yang efektif dipadu dengan tampilan icon yang berkesan modern minimalis, akan semakin memanjakan mata para pengguna disamping juga mengutamakan mudahnya akses fungsi.

Dari bocoran yang telah beredar, Android Wear 2.0 akan menggunakan palet warna yang lebih gelap. Dengan penggunaan warna yang lebih gelap, diklaim mampu menghemat daya baterai lebih baik. Kemudahan juga terlihat ketika kita akan mengakses aplikasi tertentu, jika pada OS Android Wear lama kita harus menyapu layar ke kiri dan ke kanan. Kini untuk membuka semua aplikasi kita tinggal menekan tombol di samping layar.

3. Variasi Metode Input

Dalam versi terbaru sistem operasi Android Wear 2.0, metode input juga akan lebih bervariasi sesuai dengan kebiasaan pengguna. Setidaknya ada 3 metode baru untuk menginput respon atau tulisan ketika ingin membalas pesan yang masuk lewat perangkat jam pintar Anda.

Tiga metode tersebut antara lain, menggunakan template jawaban yang telah tersedia, penulisan tangan dengan goresan layar dan yang terakhir menggunakan fitur keyboard mini bagi pengguna yang lebih nyaman mengetik secara manual. Namun tidak perlu khawatir akan kesulitan ketika mengetik, karena fitur keyboard mini ini telah dilengkapi dengan kemampuan swipe yang akan mempermudah sehingga proses pengetikan pesan bisa dilakukan lebih cepat.

Baca juga: Inilah 5 Fitur dan Keunggulan yang Akan Dihadirkan Pada Android N




4. Fitur Pemantau Kesehatan

Dengan tren penggunaan smartwatch di bidang kesehatan yang semakin diminati, tentunya #Google juga menaruh perhatian yang lebih untuk mengembangkan fungsi yang satu ini. Dan lewat sistem operasi Android wear 2.0, nantinya pengguna bisa mendapatkan fungsi pemantauan kesehatan yang lebih baik ketimbang versi sebelum.

Yang menarik adalah, pada versi terbaru ini penggunaan data bisa disharing dengan aplikasi pihak ketiga lain. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan aplikasi Strava yang bisa memantau data kesehatan saat mengayuh sepeda, secara otomatis data tersebut juga bisa diakses lewat aplikasi kesehatan lain seperti Fitbit atau yang lain. Kelebihan ini tidak lepas dari sistem data Google Fit yang semakin disempurnakan.

Dalam keterangan resminya pihak pengembang Google menyatakan bahwa versi Android wear 2.0 sudah mulai bisa digunakan oleh pengguna pada kuartal keempat tahun 2016 ini. Pun bagi yang ingin segera mencoba, kini sudah ada versi developer yang diterapkan untuk perangkat LG Watch Urbane generasi 2 serta Huawei Watch. Tertarik mencobanya?




1 comment on this postSubmit yours
  1. perkembangan teknologi memang sangat cepat,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud