Seberapa Besar Peluang Bisnis Bimbingan Belajar Online?

Peluang-Bisnis-Bimbingan-Belajar-Online

Peluang Bisnis Bimbingan Belajar Online – Begitu pesatnya perkembangan teknologi dan dunia digital saat ini membuat segala bidang seolah tak kuasa membendungnya. Bisnis yang seakan tak terpikir untuk dilakukan di dunia maya, kini telah menjadi kenyataan dan bisa bertahan lama.

Keadaan inilah yang kini dialami oleh sebuah bimbingan belajar, sebuah bisnis pendidikan non formal yang umumnya dilakukan dengan tatap muka antara guru dan muridnya. Bimbingan belajar di dunia modern telah hadir dalam jangkuan yang efisien, cepat dan mudah dengan konsep digital online.

Sebut saja beberapa bimbingan belajar online seperti Bimbelkoe.com, Bimbelkita.com, Tutor.co.id atau Ruangguru.com dan masih banyak yang lainnya. Lalu seberapa besar peluang bisnis bimbingan belajar online ini ditengah persaingan dunia online yang semakin ketat ini? Berikut penjelasannya.

Artikel lain: Sony Sugema, Pendiri Bisnis Bimbel SSC (Sony Sugema College)



Masalah 1 : Beratnya Beban Materi Ujian

Tentu tak bisa dipungkiri kalau setiap orangtua pasti menginginkan anaknya yang sedang menempuh #pendidikan di sekolah lulus dari Ujian sekolah, naik kelas dan syukur-syukur meraih prestasi bagus. Ujian sekolah atau ujian masuk perguruan tinggi yang semakin sulit dengan banyak syarat dan materi memang membuat orangtua dan anak harus mempersiapkan belajar dengan lebih intens.

Maka tak ayal banyak orangtua  kemudian mencari program belajar tambahan setelah anak pulang sekolah. Bimbingan belajar sebagai pendidikan non formal diluar sekolah adalah pilihan sebagian besar para orangtua dan anak untuk memperdalam pengetahuan yang telah dipelajari disekolah. Tinggal pilihannya apakah memilih bimbingan belajar dengan tatap muka (offline) atau bimbingan belajar online?

Solusi: Atur Jadwal Sendiri

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa banyaknya dan beratnya beban ujian sekolah dan ujian perguruan tinggi ternyata banyak tak tak bisa dipenuhi oleh bimbingan belajar offline. Porsi materi belajar yang cukup padat ini memang yang harus diserap siswa dengan segera.

Maka dengan bimbingan belajar secara online, si anak dan orangtua bisa mengatur sendiri agenda belajar yang akan dilakukan. Yup, bimbingan belajar secara online ini memang menawarkan agenda atau jadwal belajar yang bisa diatur oleh siswanya. Dengan demikian materi yang padat tadi dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.

Masalah 2 : Kekhawatiran Orang Tua

Bimbingan belajar secara tatap muka (offline) tak selalu digunakan oleh anak dengan semestinya. Beberapa anak malah memanfaatkan kegiatan belajar sepulang sekolah ini untuk hal – hal yang tidak semestinya, seperti nongkrong, main, pacaran dan kegiatan lainnya yang banyak tidak diketahui orangtuanya.

Dari sana beberapa orangtua justru merasa khawatir saat menitipkan anaknya di bimbingan belajar. Belum lagi jika  si anak harus pulang malam hari, tentu orangtua akan semakin khawatir.

Solusi: Belajar di Rumah Sendiri

Dengan bimbingan belajar secara online, orangtua tidak perlu cemas lagi dengan keadaan si anak. Hal ini karena si anak akan tak akan kemana-mana setelah pulang sekolah. Si anak akan belajar ditempat yang aman dan nyaman yaitu dirumahnya sendiri.

Dengan bimbingan belajar online, orangtua juga bisa memantau secara langsung anaknya yang sungguh-sungguh belajar ataukah tidak. Serius belajar atau hanya asal-asalan belajar. Inilah salah satu keuntungan dan peluang bagi bimbingan belajar online yang tidak dapat di bimbingan belajar offline.

Artikel lain: Universitas Terbaik di Indonesia

Masalah 3 : Kurang Nyamannya Belajar

Belajar ditempat yang baru dan belum dikenal, bagi sebagian anak adalah sesuatu yang perlu diadaptasi lagi. Si anak disini harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan teman-teman baru. Kalau si anak bisa adaptasi sih untung, tapi jika si anak tak bisa adaptasi tentu hal ini akan menjadi permasalahan yang baru.

Solusi : Belajar Santai

Peluang lain yang bisa diberikan bimbingan belajar online adalah tawaran untuk siswa dengan belajar lebih nyaman dan santai. Tak bisa dipungkiri bahwa rumah adalah tempat yang paling dikenal dan paling nyaman bagi sebagian besar anak.

Maka dengan pilihan bimbingan belajar secara online maka anak tak harus belajar ditempat yang jauh dari rumahnya. Dengan bimbingan belajar online si anak bisa belajar di ruang tamu, di halaman depan rumah, di taman belakang rumah atau di kamarnya sendiri.

Dari penjelasan di atas kita bisa melihat bahwa peluang bisnis bimbingan belajar online ini sebenarnya cukup bagus. Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, membuat potensi bisnis ini semakin cerah di masa-masa mendatang.





1 comment on this postSubmit yours
  1. website ruangguru bagus itu.
    hem.., semoga pendidikan cepat berubah ya. soalnya pendidikan zaman sekarang penuh dengan tekanan pada mahasiswanya, bahkan ada dosen killer lagi. dengan online kini siswa bisa mengatur semuanya ;-)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud