Sandiaga Uno, Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Lahir Dari Keterpurukan

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno, merupakan pengusaha muda sukses di Indonesia. Bagaimana tidak, pada usia 40 tahun, majalah Forbes mencatat Sandiaga sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes.

Di usia 42 tahun, Sandiaga Uno kembali masuk daftar Forbes sebagai orang terkaya peringkat ke-37 di Indonesia dengan total kekayaan US$ 660 juta. Lalu siapakah Sandiaga Uno ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Pendidikan Tinggi Sandiaga Uno

Sandiaga Uno merupakan salah satu sosok pengusaha yang memiliki pendidikan cukup tinggi dengan dua gelar dari dua kampus berbeda di luar negeri. Gelar sarjana Administrasi Bisnis Sandiaga sendiri didapat dari Wichita State University di Amerika tahun 1990 dengan predikat cum laude.  Sedangkan gelas masternya didapat dari George Washington University di Amerika dengan IPK 4,00 kumulatif.

Artikel lain: Yongki Komaladi, Sukses Besar Dengan Berbisnis Sepatu Lokal

Berkarir Sebagai Karyawan

Sebelum menjadi pengusaha, pria kelahiran Riau, 45 tahun yang lalu ini bekerja sebagai karyawan di kantoran. Setelah lulus dari Wichita State University, Sandiaga bekerja pada Bank Summa. Setelah itu tahun 1993 setelah lulus dari gelar master, Sandiaga bergabung Investasi Seapower Asia Limited di Singapura dan tahun 1994 menjadi manajer investasi di MP Grup Holding Limited. Setahun kemudian, Sandiaga menjadi wakil presiden eksekutif pindah ke NTI Resources Ltd di Kanada dengan gaji fantastis 8.000 dolar AS per bulan.

Berada Pada Situasi Sulit

Saat krisis moneter 1997, NTI Resourches Ltd tempat ia bekerja bangkrut. Tabungan yang diinvestasikan dipasar saham dengan susah payah ikut terdampar seiring runtuhnya pasar global. Tidak bekerja membuat Sandiaga menjadi pengangguran dan memutuskan untuk kembali ke tanah air.




Kondisi perekonomian di Indonesia yang sama buruknya membuat Sandiaga dipaksa menghadapi situasi sulit. Menjadi pengangguran dalam waktu yang cukup lama membuat dirinya defisit dan tak bisa membayar uang sewa rumah. Ia pun terpaksa pindah dari rumah sewa ke rumah orangtuanya. Situasi yang serba sulit ini membuat Sandiaga hampir putus asa.

Sandiaga Uno Mencoba Dunia Wirausaha

Ditengah situasi yang sulit ini, pikiran Sandiaga mengarah pada dunia wirausaha. Maka ditahun saat krisis masih menyerang, Sandiaga bersama Rosan Roeslani mendirikan perusahaan penasehat keuangan disebut PT. Recapital Advisors.

Dari profesi barunya ini, Sandiaga banyak belajar banyak tentang seluk beluk bisnis. William Soeryadjaya adalah orang yang paling berjasa dalam mengasah naluri bisnis Sandiaga. Menurut William, Sandiaga adalah pengusaha yang tidak pelit untuk membagi pengetahuan dan ilmu bisnisnya.

Memimpin Beberapa Perusahaan

Seiring dengan kecerdasan bisnis Sandiaga yang semakin berkembang, maka pria yang hobi bermain basket ini mulai melakukan ekspansi bisnis. Hal ini terbukti dari kehadiran perusahaan-perusahaan lain yang didirikan dan dipimpinnya. Perusahaan baru yang didirikan dan dipimpin setelah PT Recapital Advisor adalah perusahaan investasi bernama Saratoga Capital.

Di perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur dan sumber daya alam ini Sandiaga menjadi CEO berama Edwin Soeryadjaya. Selain dua perusahaan tadi, Sandiaga juga memimpin perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia yaitu PT. Adaro Energy Tbk.




Sandiaga Uno Aktif di Organisasi dan Komunitas Bisnis

Selain memimpin beberapa perusahaan, Sandiaga juga aktif dalam beberapa organisasi. Pada periode 2005 hingga 2008, Sandiaga sempat menjadi ketua umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang beranggotakan lebih dari 30ribu pengusaha.

Selain menjadi ketua umum HIPMI, Sandiaga juga sempat menjadi wakil ketua bidang usaha mikro kecil menengah dan koperasi pada Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Kecintaannya pada dunia bisnis dan ekonomi ini juga mengantarkan Sandiaga untuk menjadi anggota KEN (Komite Ekonomi Nasional).

Pengalaman dan Kesuksesan dalam bisnis yang dilakoni Sandiaga membuat dirinya pada sebuah penghargaan “Indonesian Entrepreneur of the Year” pada ajang Anterprise Asia. Pada tahun 2008, sandiaga juga mewakili Indonesia dalam sebuah program kegiatan bernama Asia 21.

Baca juga: 20 Orang Terkaya di Indonesia Saat Ini

Aktivitas Selain Bisnis

Selain bisnis, pria yang memiliki moto berani dan optimis ini juga pernah ditunjuk menjadi manajer Timnas Bola Basket Putri Indonesia di ajang SEA Games 2005 di Filipina. Pada tahun 2013, Sandiaga juga terpilih sebagai ketua umum PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) menggantikan Hilmi Panigoro setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PRSI.




6 total comments on this postSubmit yours
  1. mantapp… tokoh muda yang sangat inspiratif

  2. manatabs, maju terus bang sandi mudah-mudahan kepilih di pilkada DKI Jakarta

  3. subhanallah semangatnya :)

  4. Sangat inspiratif. Saya seorang karyawan swasta yang terpuruk. Dan saat ini sedang merintis usaha warung soto.

  5. pernah dengar dia rajin sholat dhuha dan dilancarkan rezeki nya

  6. Tokoh yang sangat inspiratif ni mas…..saya pernah mendengar beliau dan membaca kisahnya sebelumnya…..jadi sebagai kesimpulan, bahwa setiap pengusha juga pernah mengalami keterpurukan dan bangkit menjadi seorang yang sukses.

    Mantap mas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud