Sambut HUT RI, Twitter Hadirkan Emoji Spesial Plus Gerakan “ Nyalakan Indonesia #RI70 ”

Image dari Bisnis.com

Image dari Bisnis.com

Hari kemerdekaan memang akan selalu menjadi momen spesial bagi sebuah negara. Menjelang hari jadi negara Indonesia ke-70, ternyata bukan hanya masyarakat Indonesia yang antusias menyambutnya. Jejaring sosial berkonsep 140 karakter #Twitter ternyata juga ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT RI di tahun 2015 kali ini dengan meluncurkan emoji spesial dan gerakan nyalakan Indonesia.

Dengan adanya peluncuran emoji dan gerakan nyalakan Indonesia ini tentu memberikan warna tersendiri di hari menjelang ulang tahun kemerdekaan ini. Lalu seperti apakah peluncuran dua hal dari Twitter ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Gunakan Emoji dengan Kode Tagar #Indonesia dan #RI70

Emoji memang seringkali menjadi pilihan banyak orang terutama di #media sosial Twitter untuk mengekspresikan perasaan meraka. Menjelang peringatan Hari kemerdekaan RI ke-70 ini para pengguna Twitter juga bisa menyemarakkan dan melupakan ekspresinya dengan menggunakan kode tagar #Indonesia dan #RI70.

Dengan menyertakan kode hashtag ini maka akan muncul Emoji bendera Merah Putih pada penyertaan tagar #Indonesia dan logo Merdeka 70 saat pengguna menyertakan tagar #RI70. Tentu saja dengan penggunaan hashtag ini tweet pengguna akan jauh lebih menarik.

Artikel lain: 5 Cara Membangun Akun Twitter Komunitas Yg Lebih “Manusiawi”

Untuk emoji dengan kode hashtag #Indonesia sendiri memang sudah lama muncul. Namun untuk emoji dengan tagar #RI70 yang notabene emoji baru juga sudah bisa digunakan sejak hari senin tanggal 10 Agustus 2015 kemarin. Emoji baru yang menampilkan logo merdeka 70 ini memang sengaja diluncurkan Twitter untuk membantu pengguna yang akan menyemarakkan dan merayakan 70 tahun kemerdekaan Indonesia dengan cara yang menyenangkan.

Sambutan Emoji Baru dengan Tagar #RI70

Pada saat hari pertama diluncurkan, telah nampak terlihat bahwa pengguna meresponnya dengan cukup baik. Siaran pers Twitter Indonesia menyebutkan bahwa pada hari Senin pagi tanggal 10 Agustus 2015 itu beberapa figur publik juga sudah mulai menggunakan tagar #RI70 dan #Indonesia. Semakin siang tagar #RI70 pun semakin banyak yang menggunakan dan akhirnya menjadi trending Twitter #1 di Indonesia sejak siang hari Senin itu.

Meskipun telah menjadi trending topic pertama Indonesia diawal peluncurannya, namun menurut Partnerships Manager Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono, emoji dengan tagar #RI70 masih bisa meningkat lagi setidaknya dalam satu minggu ini.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu memanfaatkan media sosial terutama juga Twitter dalam menyambut sebuah momen menjadi keyakinan Teguh dalam prediksi yang diungkapkannya itu. Apalagi dengan didukung oleh emoji yang menampilkan logo HUT RI ke-70, keyakinan Teguh pun semakin bertambah. Lebih dari itu, pihak Twitter malah berharap emoji spesial ini akan semakin meningkatkan semangat nasionalisme dan persatuan bagi masyarakat Indonesia.

Luncurkan Gerakan “ Nyalakan Indonesia #RI70 ”

Beberapa hari setelah peluncuran emoji dengan kode tagar #RI70, pada Rabu, 12 Agustus kemarin Twitter kembali meluncurkan sesuatu untuk ikut memeriahkan HUT RI ke-70. Sesuatu yang dimaksud itu sendiri adalah gerakan “ Nyalakan Indonesia #RI70 ” yang didukung dengan sebuah situsnya yaitu www.nyalakanindonesia.com. Gerakan “ Nyalakan Indonesia #RI70 ” ini sendiri bekerja sama dengan berbagai komunitas, seperti Indonesia Mengajar (@Ind_Mengajar) dan Fun Cican (@funcican).

Karena menjalin beberapa komunitas maka gerakan yang digagas twitter ini menjadi sebuah kolaborasi untuk mempersatukan masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-70. Untuk berpartisipasi dalam gerakan ini, pengguna Twitter akan diminta untuk berbagi foto maupun video seputar perayaan HUT Ri ke-70 yang dijalaninya dengan mencantumkan tagar #RI70. Foto-foto dan #video yang terkumpul dalam #RI70 ini nantinya akan dikumpulkan dalam website www.nyalakanindonesia.com.




Baca juga: Fitur Group Direct Message & Native Video Sharing ala Twitter

Tujuan Gerakan Nyalakan Indonesia #RI70

Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-70, tujuan gerakan “ Nyalakan Indonesia #RI70 ” ini juga bertujuan untuk menyalakan semangat masyarakat Indonesia. “Di angka peringatan yang unik ini kami mengajak para pengguna twitter Indonesia untuk berbagi konten tentang perayaan HUT, tradisi, destinasi, serta inspirasi unik yang hanya ada di Indonesia.” kata Teguh Wicaksono, Partnerships Manager Twitter Indonesia.

Pihak Indonesia Mengajar dan Fun Cican yang ikut sebagai partner dalam gerakan ini sendiri  berharap bahwa gerakan ini dapat menyebarkan semangat positif khusunya untuk bangsa Indonesia dan menjadi media yang mampu mengenalkan keindahan Indonesia pada dunia pada umumnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud