Sambut Akhir Tahun, Twitter Hadirkan Kilas Balik (Kaleidoskop) #YearOnTwitter 2015 Indonesia

Kaleidoskop Twitter 2015

Image dari Socialbydefinition.com

Setelah kemarin kita membahas kilas balik (kaleidoskop) tahun 2015 dari Facebook, kini giliran #media sosial Twitter yang akan hadir menampilkan kilas baliknya. Meski bukanlah media sosial terbesar , namun Twitter sudah menjadi salah satu pilihan favorit para netizen untuk mengungkapkan kegelisahan dan pendapatnya. Apalagi di Indnesia, pengguna Twitter yang hampir mendominasi seluruh pengguna Twiiter di dunia ini makin menunjukkan eksistensinya untuk membuat Twitter main berjaya.

Alih-alih mengalami penurunan lantaran semakin bertambahnya jumlah media sosial yang baru bermunculan, di sepanjang tahun 2015 ini #Twitter malah makin mentereng lantaran selalu menjadi sorotan publik dan media massa dengan identitas trending topic khas-nya yaitu tanda atau kode hashtag (#) yang fenomenal.

Maka dari itu menjelang berkahirnya tahun 2015 ini Twitter sebagai salah satu media yang sering digunakan netizen ini merasa perlu untuk menghadirkan kilas balik (kaleidoskop), khususnya di Indonesia, agar para penggunanya kembali ingat apa saja kejadian yang berlangsung di sepanjang tahun 2015 ini. Lalu apa saja daftar momen dan peristiwa penting yang terjadi di sepanjang 2015 dari kilas balik Twitter di Indonesia ini? Berikut ulasannya berdasarkan pembagian kategori.

1. Golden Tweet 2015

Kategori dari momen pertama yang menjadi kilas balik #YearOnTwitter 2015 di Indonesia adalah Golden Tweet. Pada kategori ini gelar Golden Tweet dari Indonesia jatuh kepada akun Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi). Golden Tweet dari Rafi Ahmad sendiri muncul ketika sahabat terbaiknya yaitu Olga Syahutra meninggal dunia pada 27 Maret 2015 di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura.

Kabar meninggalnya Olga Syahputra tentu saja membuat Raffi Ahmad sebagai kawan terbaiknya syok dan sedih. Akhirnya tweet yang dicuitkan Raffi Ahmad ketika menanggapi kabar duka dari Olga ini meraih banyak simpati netizen. Bahkan karena sangat mendalamnya tweet yang disampaikan Raffi membuat tweet-nya meraih hampir 44.000 Retweet dengan “Tweet Impression” (berapa kali sebuah Tweet dilihat dari desktop atau aplikasi mobile) mencapai hampir 3 juta.




Artikel lain: Jelang 2016, Facebook Hadirkan Video Kilas Balik (Kaleidoskop) 2015

2. Momen yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

Selain Golden Tweet, kilas balik (kaleidoskop) #YearOnTwitter2015 di Indonesia juga menampilkan kategori momen paling dibicarakan pengguannya. Dalam waktu setahun belakangan di Twiiter para pengguna di Indonesia telah banyak membicarakan beberapa momen penting. Setidaknya Twitter mencatat ada lima momen penting yang paling banyak dibicarakan di lini masa Twitter di Indonesia di sepanjang 2015.

Di posisi pertama ada momen Bulan Ramadan yang meraup Tweet Impression lebih dari 8,4 miliar secara global, di mana 20 persen di antaranya berasal dari Indonesia. Di posisi kedua sendiri ada momen kebakaran hutan di Kalimantan dan Riau yang menarik simpati pengguna Twitter di Tanah Air. Peristiwa ini sendiri mendapatkan lebih dari 1,8 juta tweet dari para penggunanya. Bahkan beberapa tagar muncul dari kejadian ini seperti tagar #MelawanAsap, #daruratasap, #saveKalimantan hingga #saveRiau.

Momen berikutnya yang paling banyak dikicaukan adalah perhelatan piala presiden tahun 2015 yang mendapatkan lebih dari 1,3 juta tweet. Di posisi keempat ada momen meninggalnya Olga Syahputra yang mendapatkan lebih dari 720 ribu tweet. Dan terakhir diposisi kelima ada cuit Save KPK yang mencapai lebih dari 600 ribu tweet. Save KPK sendiri muncul dimana saat itu para pemimpinnya yang ditangkap polisi.

Baca juga: Inilah Pencarian dan Meme Terpopuler dari Google Sepanjang Tahun 2015




3. Akun Twitter dengan Followers Terbanyak

Terakhir, kategori dari kilas balik #YearOnTwitter2015 di Indonesia ini membahas tentang akun twitter dengan followers terbanyak. Menurut Twitter sendiri ada beberapa sosok atau tokoh di tahun 2015 yang mendapatkan peningkatan jumlah followers dari akun Twitter yang dimilikinya.

Sosok atau tokoh yang mendapatkan peningkatan jumlah followers ini sendiri bisa penyanyi, politikus, pemain film, atau akun media. Di posisi pertama akun twitter dengan jumlah followers terbanyak diraih oleh Agnes Monica (@agnezmo) dengan jumlah follower sebanyak 14,4 juta, atau naik 2,5 juta follower dari tahun lalu. Berikutnya di posisi kedua ada Raditya Dika (@radityadika) dengan jumlah followers yang mencapai 14,2 juta atau mengalami pertumbuhan jumlah follower sebanyak 3,5 juta.

Di posisi ketiga ada media online Detik.com yang mendapat followers mencapai 11,5 juta. Di posisi empat dan kelima ada akun Tweet Ramalan (@tweetramalan) yang mendapat followers 11, 1 juta dan Luna Maya (@lumamaya26) dengan followers mencapai 10,2 juta.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. wah seru nih kalo gitu. andai saja bisa kaya raditya dika haha

  2. Itu mungkin twitter saya yang jadi followers terbanyak hehehee

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud