Salip Kompetitor, Alibaba Bakal Gunakan Drone Sbg Kurir Barang

Alibaba-Bakal-Gunakan-Drone-Sebagai-Kurir-Barang

Image dari bbc.co.uk

Semua pengguna internet tentu merasa memperoleh kemudahan dengan hadirnya startup e-commerce seiring dengan perkembangan internet. Startup #ecommerce mampu membuat transaksi jual beli jadi lebih praktis dan cepat. Hanya dengan 1 kali klik, kita bisa melakukan transaksi pembelian produk atau jasa dari mana saja.

Selain memperhatikan kemudahan transaksi, #startup e-commerce juga harus memperhatikan kecepatan pengiriman produk kepada pelanggan. Pelanggan tentu menginginkan produk pesanannya sampai dalam waktu yang cepat dan keadaan yang baik. Untuk memenuhi hal ini, seringkali banyak kendala yang dihadapi startup e-commerce ketika bekerjasama dengan jasa pengiriman. Akhirnya, tidak mengherankan bila terdapat perusahaan e-commerce yang mulai melirik Drone sebagai sarana pengiriman produk.

Sekilas Tentang Drone

Apa itu Drone? Sebagian besar dari kita tentu merasa masih asing dengan teknologi yang satu ini. Drone adalah pesawat tak berawak yang dikendalikan oleh pilot dari jarak jauh atau mampu mengendalikan dirinya sendiri sesuai dengan sistem navigasi yang sudah dipasangkan pada perangkat teknologi didalamnya. Pesawat yang memiliki nama asli UAV (Unmanned Aerial Vehicle) ini dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga mampu mengangkat dirinya sendiri dan mengangkat muatan-muatan dengan bobot tertentu.

Artikel lain: Jack Ma ~ Sosok Bersahaja Dibalik Kesuksesan Alibaba.com

Perkembangan Teknologi Drone

Drone dikembangkan dengan bentuk, teknologi dan spesifikasi yang berbeda-beda tergantung dari tujuan penggunaannya. Meskipun banyak dimanfaatkan di bidang militer untuk tujuan penyerangan musuh, namun Drone juga sudah mulai dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya seperti penyebaran sinyal wifi secara merata yang menjadi proyek #Google serta menjadi sarana untuk mengirimkan barang-barang dari startup e-commerce langsung ke pelanggan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan yang mulai memproduksi Drone untuk berbagai kepentingan. Perusahaan-perusahaan Indonesia yang memperoleh kepercayaan untuk memproduksi Drone antara lain adalah PT. Dirgantara Indonesia, PT. Aviator, PT. RAI (Robo Aero Indonesia), PT. Carita dan beberapa perusahaan lainnya.

Alibaba Mulai Melirik Penggunaan Drone

Perusahaan ecommerce raksasa, Alibaba rupanya juga melirik keefektifan penggunaan Drone untuk mengirimkan produk pesanan secara langsung ke tempat pelanggan. Melalui toko online Taobao milik Alibaba, e-commerce yang berasal dari China ini mulai melakukan ujicoba pengiriman barang di beberapa wilayah di China dengan menggunakan Drone.

Artikel lain: Indonesia Harus Mempelajari Sistem E-commerce China, Ini Alasannya

Hal Teknis Drone yang Mulai Digunakan Alibaba

Alibaba bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman Shanghai YTO Express untuk mulai menjalankan proyek ujicoba penggunaan Drone. Ujicoba yang berlangsung pada tanggal 4 hingga 6 Februari 2015 tersebut melibatkan 450 pelanggan yang mempunyai kesempatan untuk mencoba proyek Drone ini. Proyek ujicoba Drone Alibaba ini akan mengirimkan produk teh jahe dalam kemasan kepada para pelanggan di kawasan Beijing, Shanghai dan Ghuangzou.

Masih Butuh Banyak Perbaikan

Meski terbilang canggih dan praktis dalam membantu pengiriman produk kepada para pelanggan, namun penggunaan Drone tersebut masih terus membutuhkan banyak perbaikan supaya bisa difungsikan secara lebih maksimal. Misalnya saja kendala bobot produk yang mampu diangkut Drone. Ternyata saat ini Drone baru mampu mengangkut bobot produk maksimal 340 gram (12 oz) saja.




Selain menghadapi kendala bobot produk, Drone juga harus menempuh waktu selama 1 jam sebelum sampai ke tempat yang dituju. Walaupun ditargetkan mampu mencapai lokasi Beijing, Shanghai dan Guangzhou, namun sang pelanggan harus berada pada lokasi tertentu yang bisa dicapai Drone pembawa barang pesanan.

Hal ini menunjukkan bahwa Drone belum mampu mencapai lokasi yang lebih spefisik, misalnya langsung ke rumah para pelanggan yang memesan produk Alibaba. Kendala ini kemudian menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi bagi tim Alibaba untuk mematangkan konsep penggunaan Drone sebagai pengangkut produk.

Baca juga: Mengenal Seluk Beluk Drone Selfie, Tongsis Lewat Deh!

Teknologi yang canggih dan unik seperti Drone rupanya bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan militer, namun juga bisa dimanfaatkan untuk memperlancar startup e-commerce. Kira-kira, kapan ya startup e-commerce Indonesia akan mulai mengikuti jejak Alibaba untuk menggunakan Drone?




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Weh keren kalau beneran udah jadi, ga bakalan telat kirim lagi kayanya

  2. Hehe..keren nih..,mumpung masih jarang..pengunaan drone untuk kurir hal yang baik, dari segi ketepatan dan kecepatan , tapi apakah itu tidak bnyk kendala dan maintenance, bgaimana jika error jatuh ke sungai..?bagaimana klo di curi orang?,dan jika pun smua kegiatan pengiriman mengunakan drone , perlu sebuah traffic air control seperti traffic pesawat supaya tidak tabrakan..,ataukah drone memiliki sensor penghindar saat mau bertabrakan..??

  3. astaga dunia di kuasai oleh robot drone dong

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud