Roti Unyil Venus ~ Kisah Kuliner Sukses Khas Kota Bogor

Roti Unyil Venus ~ Kisah Kuliner Sukses Khas Kota Bogor

roti unyil venus

Bagi Anda para pelancong dan penggemar kuliner yang pernah atau malah sering berkunjung ke Kota Bogor, tentu sudah tak asing lagi dengan Roti Unyil. Ya, kue khas kota hujan yang satu ini memang telah menjadi kuliner dan oleh-oleh khas Bogor yang selalu dicari masyarakat. Roti Unyil atau yang dikenal juga degan nama Roti Venus ini telah didirikan sejak tahun 1992 oleh kakak beradik Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja.

Kini roti legendaris yang memiliki toko di Ruko V Point Jalan Padjadjaran ini selalu ramai dipadati pengunjung. Lalu bagaimanakah kisah sukses Roti Unyil ini menapaki jejak kesuksesannya? Berikut ulasannya.

Awal Usaha Roti Unyil Venus

Usaha roti ini dirintis oleh Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja setelah kedua orangtunya meninggal dunia. Di tengah kesulitan ekonomi yang dialami keluarga, Herlianty yang saat itu masih duduk dibangku SMA, bekerja keras bersama keenam adik-adiknya untuk menyambung hidup dan survive. Hendra sang adik bungsu yang hobi membuat roti akhirnya mencoba menjual roti hasil buatannya yang ilmunya didapat dari kursus.

Roti yang pertama diproduksi adalah roti coklat, keju dalam skala kecil dan dibuat sendiri. Roti ini kemudian dikembangkannya dengan 10 varian rasa dengan bentuk dan ukuran yang standart. Penjualannya yang dilakukan di sekitaran kota Bogor ini pun saat itu masih dilakukan dengan menggunakan dua gerobak.

Sebuah inspirasi datang saat melihat anak-anak yang kesulitan memakan roti ukuran standart ini dan hanya bisa memakan dengan porsi kecil. Dari sini Hendra pun berinovasi dengan membuat roti dengan ukuran mini dengan 20 varian rasa. Karena bentuknya yang mungil maka roti tersebut kemudian diberi nama Venus atau Roti unyil. Sebutan Unyil ini sendiri sebenarnya adalah nama yang diberikan oleh para pelanggannya dari film boneka Si-Unyil yang sedang populer saat itu.

Artikel lain: Dea Cake and Bakery, Bisnis Padat Karya yang Sukses Mewarnai Dunia Kuliner

Mendirikan Toko Pertama

Seiring dengan perkembangannya yang mulai ramai dan semakin menarik banyak minat pelanggan, Herliyanti dan Hendra pun membuka toko pertamanya di Jalan Sukasari, Bogor yang kemudian pindah ke Ruko V Point Jalan Padjajaran pada tahun 2004. Saat ini roti Unyil Venus sudah memiliki sekitar 20 karyawan dengan beberapa diantara karyawannya ada yang sudah ikut bekerja sejak tahun 1992.

Pilihan rasa dari roti Unyil ini kini juga semakin beragam dengan 25 varian rasa mulai dari keju, jagung, abon hingga green tea dan lain-lain. Roti unyil sendiri dijual per-paket (paket 10,20,30 dan 60 buah ) dengan harga satu rotinya adalah Rp. 1500.

Mempertahankan Ciri Khas

Walau saat ini Roti Unyil telah memiliki banyak konsumen dan pelanggan, namun Herliyanti dan Hendra tidak terpikir untuk membuka cabangnya di kota lain. Hal ini sengaja dilakukan agar brand Roti Unyil semakin kuat melekat dibenak masyarakat sebagai sajian kuliner khas dari kota Bogor.

Meski tidak memiliki cabang, tetapi diakui Hendra, ia memiki beberapa reseller yang menjual Roti Unyil mereka dengan harga yang sama ke kota-kota diluar Bogor. Selain itu Roti Unyil kini juga telah  bermitra dengan beberapa outlet dan sejumlah orang. Hasilnya sudah ada 10 outlet yang bermitra dan mereka menjual kembali roti Unyil ini.

Saat melakukan kerja sama, mitra akan mendapatkan harga dibawah dibawah pasaran, namun mereka harus mengambil rotinya langsung ke pusat dan harus juga menjualnya dengan harga yang sama dengan pihak Roti Unyil.

Baca juga: Edam Burger ~ Peluang Usaha Jajanan Burger Modal Kecil

Rahasia Sukses Roti Unyil

Saat ditanya tentang rahasia suksesnya, Herliyanti mengatakan bahwa kulitas adalah yang utama. Ya, Roti Unyil yang dijual tanpa menggunakan bahan pengawet ini selalu dijaga kualitasnya oleh tim dengan berbagai cara, salah satunya yaitu tetap menggunakan bahan yang berkualitas tinggi meski bahan yang akan digunakan sedang kosong.

Dengan kualitas yang baik ini membuat Roti Unyil selalu terasa nikmat dan lezat. Apalagi kini Roti Unyil telah mempunyai banyak varian rasa, ditambah lagi dengan bentuknya yang unik, tentu akan membuat Roti Unyil semakin laris dan diburu konsumen dan pelanggan pecinta kuliner. Jika sedang melancong ke kota Bogor, boleh kog mampir mencicipi si mungil nan legit yang satu ini.

 

3 KOMENTAR

  1. terimakasih bos infonya dan salam sukses

  2. Sofia Zhanzabila

    Jadi kangen Bogor. Dulu tiap mau beli roti Venus harus ngantri puanjang. Udah pindah ke Bintan, aku jadi berpikir untuk mulai usaha roti unyil juga.

  3. Sandal Boneka Murah

    Jadi lapar lihat Roti Venus Unyil…nanti kalau Saya ke Bogor mau beli Roti Venus Unyil :-0

Tinggalkan Balasan