Roja Fitridayani: Sukses Kembangkan Bisnis Hijab Princess Tanpa Korbankan Pendidikan

Roja Fitridayani: Sukses Kembangkan Bisnis Hijab Princess Tanpa Korbankan Pendidikan

Roja Fitridayani
Image dari SIndonews.com

Roja Fitridayani – Kisah mahasiswa atau mahasiswi berprestasi memang sudah banyak ceritanya. Namun bagaimana dengan mereka yang kuliah dan memiliki prestasi bagus sekaligus juga suskes menjalankan usaha atau bisnis? Ya, berprestasi di kampus dan juga sukses dalam bidang wirausaha memang sebuah hal yang akan sulit dijalankan oleh banyak anak muda yang notabene masih ingin bersenang-senang.

Bagi Roja Fitridayani, memiliki nilai dan prestasi bagus di kuliah memang bukan halangan untuk juga bisa sukses di bidang lain. Ya, Mahasiswi lulusan Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Widyatama ini memang memiliki nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) cum laude dan saat ini telah sukses menjalankan usahanya di bidang fashion (hijab).

Lalu seperti apakah kisah wanita yang akrab dipanggil Oja ini menjalankan kuliah dan membangun bisnisnya tersebut? Berikut kisahnya.

Awal Roja Fitridayani Membangun Bisnis Hijab

Awal mula Roja Fitridayani membangun bisnis hijabnya adalah pada tahun 2012 ketika masih jarang hijabers yang menggunakan pashmina karena saat itu lebih marak scarf segiempat. Masa-masa kuliah inilah yang menjadi awal kiprah ketertarikan saya berbisnis hijab. Saat hobinya mengumpulkan hijab pashmina, wanita 23 tahun ini kemudian memutuskan untuk juga menjualnya. Ia pun kemudian membuka bisnis hijabnya yang diberi nama ‘Hijab Princess’.

Artikel lain: Dea Valencia Budiarto ~ Kreator Batik Kultur, Sulap Produk Sisa Jadi Bisnis Fashion Kreatif

Roja Fitridayani Mengalami Kendala

Hijab pashmina yang menurutnya terlihat menarik membuat dirinya kemudian memutuskan untuk menjadikan pashmina sebagai produk awal bisnisnya. Kendala pertama muncul saat Oja mendapati bahwa harga pashmina dengan scarf panjang cukup mahal terutama bagi kantong seorang mahasiswi.

Namun kendala ini akhirnya bisa diatasinya dengan pembelian bahan mentahnya yang harganya jauh lebih murah.

Pencapaian Awal Roja Fitridayani

Akhirnya setelah mampu mengatasi kendala tersebut Roja Fitridayani mampu menghadirkan hijab princess dengan sebuah pencapaian. Ya, dengan bermodal alamat akun #Instagram @hijabprincessini, Oja memasrkan hijab princess-nya yang tak dinyana mendapatkan respon yang positif.

Pada pencapaian awalnya ini Oja sangat bergembira saat pashmina seri Diamond Italiano miliknya ludes terjual sebanyak 4.000 pieces, hanya dalam waktu tiga hari saja. Karena banyak diminati, Oja pun lantas memutuskan untuk bermitra dengan sebuah perusahaan kain di India, karena material stretchini yang jarang ditemukan di Indonesia.

Berprestasi di Kampus, Bisnisnya Diumpetin

Saat menjalankan usahanya sambil kuliah, Oja sengaja tak mau memberitahukan atan bisnisnya ini kepada teman-temannya. Karena bisnis hijab-nya sendiri yang dilakukan lewat jalur online dan media sosial, semua aktivitas wirausahanya tak ada yang mengetahui sebab dirinya yang lebih dikenal sebagai mahasiswa pintar di kampusnya.

Di kampus Roja Fitridayani memang berprestasi secara akademik. Bahkan pada kelulusannya, Oja mampu memperoleh nilai IPK terbaik yaitu cum laude yang mencapai yudisium 4,00. Dia pun kerap didaulat menjadi asisten dosen dan wakil untuk beberapa ajang berbasis kompetisi.

Impian Jadi Dokter yang Kandas

Oja sendiri sebenenarnya bercita-cita masuk ke fakultas kedokteran, namun apalah daya takdir membuatnya harus kuliah di fakultas bisnis dan manajemen. Namun kegagalan menembus jurusan kedokteran tak lantas membuat dirinya putus asa.

Dengan semangatnya yang tinggi, ia tetap bersyukur dan menjalankan kegiatan kuliahnya dengan sepenuh hati. Dengan kegigihannya, akhirnya wanita asal Jambi ini sukses meraih nilai terbaik yaitu cum laude saat kelulusannya dan juga menjalankan bisnis hijab princessnya dengan gemilang.

Ditawari Gaji Rp 30 Juta/bulan

Setelah lulus kuliah, Oja sendiri sempat mendapatkan penawaran menggiurkan dari perusahaan minyak Prancis dengan gaji Rp 30 juta/bulan. Namun tawaran itu ditolaknya demi obsesinya membesarkan butik hijabnya.

Dengan keyakinan yang tinggi, Oja pun terus mengembangkan hijab princess-nya dengan melakukan berbagai inovasi baru agar produknya tak berkesan sama atau seragam dengan butik hijab lainnya. Hasilnya produknya pun telah membuat banyak orang berdecak kagum.

Baca juga: Diana Rikasari ~ Fashion Blogger Populer yang Sukses Merintis Brand Up dan Pop Shoes

Kini, Roja Fitridayani telah mencapai kesuksesan dalam usaha yang dijalaninya. Bagaimana tidak dengan hanya tiga pegawai di awal usahanya, kini ia telah mampu mempekerjakan 16 pegawai. Setiap bulannya, Oja pun telah sanggup meraup omzet hingga Rp 500 juta.

Selain telah memiliki dua distributor resmi di Batam dan Kalimantan Timur, Oja pun saat ini telah memiliki butik representatif di Mal Baltos, Jalan Tamansari, Kota Bandung.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan