Rob Elder ~ Awalnya Mencuci Mobil, Hingga Pelajaran Besar Membangun Bisnis Miliaran Dolar

Rob Elder

Image dari Businessobserverfl.com

Terkadang untuk bisa sukses, kita harus siap untuk bekerja keras. Itulah pelajaran yang di dapatkan oleh seorang entrepreneur bernama Rob Elder. Pria yang kini menjabat sebagai presiden perusahaan Elder Automotive Group ini dulunya juga di didik dengan kondisi yang begitu keras sebelum mampu  memperoleh hasil.

Bahkan usaha tersebut tidak hanya dialami oleh dirinya sendiri melainkan seluruh anggota keluarganya. Yang lebih inspiratif, selepas meninggalnya sang ayah, sang ibulah yang mengambil peran menjadi kepala keluarga dan juga memimpin anak-anaknya menuju kesuksesan besar.

Pengalaman Masa Kecil Rob Elder

Ketika masih berusia 12 tahun, Rob sudah diajarkan untuk ikut menjalankan bisnis dealer mobil yang di miliki oleh sang ayah. Kala itu tidak hanya dirinya, adik serta kakaknya juga ikut dalam bisnis keluarga tersebut.

Namun karena masih kecil, tugas yang diberikan oleh sang ayah pada Rob adalah sebagai petugas pencuci mobil. Mungkin terdengar hal yang cukup aneh, karena seorang anak pemilik dealer justru disuruh untuk mencuci mobil. Namun siapa sangka, justru pengalaman itulah yang menjadi bekal berharga untuk masa depan seorang Rob Elder.

Artikel lain: Yataro Iwasaki ~ Lika Liku Perjuangan Pendiri Brand Otomotif Mitsubishi




Masa sulit datang ketika tahun 1983, terjadi resesi ekonomi di Amerika Serikat. Inilah yang kemudian membuat bisnis dealer mobil yang dijalankan oleh ayah Rob mengalami kemunduran begitu drastis. Dan puncaknya adalah ketika ayah Rob meninggal akibat serangan penyakit, meninggalkan warisan bisnis dengan gambaran masa depan suram.

Mempertahankan Bisnis Keluarga

Selepas kepergian sang ayah, perubahan besar terjadi pada keluarga Rob. Sang ibu yang sebelumnya hanya menjadi ibu rumah tangga, mau tidak mau harus menjadi kepala keluarga bahkan mengambil alih bisnis dealer mobil yang sudah berada di ujung tanduk.

Dengan bantuan Rob dan saudaranya, keluarga tersebut mencoba untuk menata kembali bisnis dealer mobil yang kala itu memiliki hubungan kerjasama dengan pabrikan Ford. Sang ibu bekerja dengan sangat keras dari siang hingga larut malam bahkan hanya untuk mempelajari bagaimana menjalankan bisnis dealer dari para eksekutif yang sudah mapan.

Perlahan namun pasti, bisnis tersebut akhirnya mampu mengembalikan masa kejayaan bahkan memperlebar sayap di bawah perusahaan Elder Automotive Group yang dipimpin oleh Rob sebagai CEO. Bahkan, perusahaan tersebut yang menaungi 7 cabang dealer di kawasan Michigan dan Florida tersebut mampu mendatangkan keuntungan 350 juta dollar setiap tahunnya.

Pelajaran Dari Sang Ibu

Ketika menghadapi masa sulit dalam menjalankan bisnis, ibu dari Rob lah yang selalu menjadi penyemangat dan memberikan pelajaran hidup yang sangat berharga. Hal pertama yang sangat Dikenang ole Rob adalah, seorang entrepreneur harus memiliki mental “I can” atau saya bisa.




Sikap untuk menolak berhenti pada sebuah masalah wajib dimiliki agar mampu terus bertahan. Mental semacam inilah yang setiap hari ditanamkan pada Rob dan saudaranya akhirnya kini mampu memperoleh kesuksesan.

Selain itu yang juga tidak dilupakan adalah, bagaimana  kita bisa menemukan peluang baru untuk mengembangkan bisnis. Ketika bisnis dealer mobil milik ayahnya hampir di ujung kebangkrutan, kala itu sang ibu memberikan masukan untuk menambahkan layanan lain yang tidak dimiliki oleh para pesaing.

Dari situ, banyak pelanggan yang merasa bahwa bisnis yang dijalankan oleh Rob benar-benar dijalankan secara profesional dan memiliki keunggulan dibanding penyedia layanan lain. Berkutat selama beberapa tahun di industri otomotif, Rob paham betul bahwa salah satu hal yang mampu mempertahankan para pemain di bidang ini adalah inovasi.

Baca juga: William Soeryadjaya ~ Pengusaha Sukses Pendiri Astra Internasional

Tidak kalah pentingnya, sang Ibu juga memberikan pelajaran bahwa ketika mengembangkan bisnis dalam lingkup keluarga tentu selalu ada perbedaan antara satu dengan yang lain. Namun ketika berurusan dengan bisnis, Rob harus bisa mengesampingkan semua perbedaan tersebut dan menggabungkan semua sisi dan kemampuan terbaik dari setiap anggota.

Saat ini bisnis keluarga, Elder Automotive Group menjadi salah satu group dealer mobil paling sukses di Amerika. Selain mampu mendatangkan pendapatan yang luar biasa besar, perusahaan ini juga menjadi satu dari sedikit dealer otomotif di Amerika yang mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan #asuransi Allstate.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud