Rilis Brand Baru Di Indonesia, Foxconn “Selingkuhi” Apple

Rilis Brand Baru Di Indonesia, Foxconn “Selingkuhi” Apple

foxconn
Image dari Liputan6.com

Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui, hingga saat ini semua produk dari perusahaan Apple untuk kelas ponsel pintar atau #smartphone, tidaklah dirakit atau diproduksi di Amerika. Meskipun perusahaan Apple mempunyai pusat “pemerintahan” di negeri adikuasa tersebut, namun untuk masalah perakitan iPhone justru mengambil tempat lain.

Lalu dimana bekas tempatnya? Lokasi yang dimaksud adalah Tiongkok. Menggandeng pabrikan bernama Foxconn, Apple memproduksi beragam perangkat iPhone yang kemudian didistribusikan ke seluruh dunia.

Artikel lain: 5 Produsen Smartphone Lokal yg Siap Bersaing dengan Apple dan Samsung

Oleh karena itulah, banyak yang menyebut bahwa Foxconn, sebagai perusahaan perakit jelas mempunyai banyak sekali kelebihan dan juga mengetahui sedikit lebih rahasia di balik kehebatan perangkat #iPhone.

Dan tidak ingin menyia-nyiakan hal tersebut, Foxconn seakan mengambil celah potensi lain dengan ikut memproduksi smartphone namun mengangkat brand baru. Beruntung, salah satu upaya tersebut dilaksanakan di Indonesia dengan membawa nama smartphone Luna.

Sekilas Tentang Brand Luna

Dalam keterangannya disebutkan bahwa, ternyata perusahaan Foxconn mengembangkan lini bisnis di Indonesia dengan membentuk perusahaan baru yang diberi nama Luna Indonesia. Ditelisik kembali, ternyata perusahaan ini masih mempunyai relasi dengan salah satu produsen smartphone dan tablet lokal, Evercross.

Karena adanya hubungan tersebut, nantinya seluruh produksi dari perangkat ponsel pintar Luna akan dilakukan di pabrik milik perusahaan Evercross yang berada di Kota Semarang. Inilah wujud dari kerjasama bisnis antara dua perusahaan teknologi besar. Tentunya, dalam kerjasama ini akan ada transfer ilmu yang sangat penting, terutama untuk mengembangkan perangkat ponsel pintar khas lokal namun memiliki kualitas internasional.

Lebih jauh lagi Direktur Utama Evercross, Awkila  Nathanael menyatakan bahwa, perangkat ponsel pintar Luna sudah mulai diproduksi sejak beberapa bulan yang lalu. Dengan kapasitas produksi mencapai 20 ribu smartphone per bulan, angka ini tentunya ditaksir mampu memenuhi kebutuhan penetrasi pasar lokal. Untuk semua urusan branding bisnis, nantinya smartphone Luna tidak akan menggunakan nama Foxconn yang menjadi salah satu pendukung dari sisi pengembangan teknologi.

Peran Foxconn Dalam Smartphone Luna

Kemudian tentu banyak yang menanyakan, apakah peran langsung dari perusahaan Foxconn terhadap pengembangan smartphone Luna. Kembali disampaikan oleh Awkila bahwa nantinya Foxconn akan memberikan pengetahuan teknologi yang selama ini diterapkan dalam pembuatan perangkat iPhone di Tiongkok. Hal semacam ini tentu sangat penting untuk pengembangan teknologi di negeri sendiri.

Meskipun mayoritas komponennya masih berstatus impor, namun dalam beberapa waktu ke depan akan ada usaha agar semua komponen perakitan ponsel pintar Luna bisa didapatkan di dalam negeri. Namun setidaknya, untuk beberapa komponen umum dari smartphone Luna, sudah ada di Indonesia.

Hingga saat ini, disampaikan bahwa dalam produksi smartphone yang akan mengadopsi teknologi koneksi 4G ini, pihak evercross telah mengucurkan dana investasi dalam jumlah yang cukup besar.  Meskipun tidak disampaikan secara detail mengenai jumlah tersebut, estimasi jumlah modal yang telah masuk mencapai 100 hingga Rp200 miliar.

Penggunaan investasi tersebut, mayoritas digunakan untuk melakukan branding bisnis serta pengadaan unsur komponen lokal yang hingga saat ini sudah menyentuh angka 30%. Terkait dengan komponen lokal yang sudah bisa diproduksi secara mandiri, Awkila  menyebut ada dua perangkat pendukung yakni charger dan headset. Namun tentunya, dalam beberapa waktu ke depan akan semakin banyak perangkat pendukung yang bisa masuk dan diproduksi sendiri.

Baca juga: Paska Tragedi Galaxy Note 7, Samsung Tenggelam Apple Gemilang

Spesifikasi Smartphone Luna

Mengenai spesifikasi dari produk smartphone Luna, kabarnya Luna akan menyasar kelas premium karena bermain di harga 5 jutaan ke atas. Dengan harga tersebut, pengguna sudah akan mendapatkan beragam kecanggihan yang bahkan kabarnya setara dengan perangkat iPhone namun bertenaga sistem operasi Android.

Untuk salah satu seri smartphone Luna, kabarnya akan mengusung body berbahan metal dengan bentuk yang tipis yakni 7,38 mm saja. Menggunakan layar 5,5 inci, nantinya pengguna sudah bisa menikmati tampilan dengan kapasitas full HD. Untuk pengguna yang mengutamakan fasilitas kamera, juga akan dimanjakan dengan kekuatan #kamera utama 13 MP dan juga kamera selfie sebesar 8 MP.

2 KOMENTAR

  1. Ingin memiliki smartphone Foxconn Luna harus merogoh kocek 5,5 Jutaan nih :D

    Salam,
    Nur Kholis

  2. Umroh Januari 2017

    Luna yang merk terbaru itu kan ya min?

Tinggalkan Balasan