Ridwan Pratama ~ Raup Puluhan Juta Dari Jasa Perawatan Sepatu

Ridwan Pratama

Image dari Viva.co.id

Kesempatan dan #peluang bisnis seringkali muncul dari arah yang tidak pernah disangka sebelumnya. Banyak contoh pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya berawal dari hobi ataupun kegemaran yang kemudian bisa membawa mereka pada kesuksesan. Jangan pernah menganggap remeh kegemaran atau hobi, karena jika Anda bisa mengolahnya, maka bisa jadi itu adalah peluang bisnis yang unik dan sangat menjanjikan untuk ditekuni.

Contoh nyata dari kasus ini adalah Ridwan Pratama, ia adalah pemuda dari Surabaya yang sukses menjalankan bisnis yang terbilang unik dan belum begitu banyak pesaingnya. Bisnis yang dikerjakan Ridwan adalah menjual jasa perawatan atau reparasi sepatu. Bisnis ini terbilang sukses dan bisa menghasilkan pendapatan puluhan juta rupiah dalam satu bulan. Lalu bagaimana perjalanan Ridwan sampai membawanya pada bisnis reparasi sepatu ini? Simak kisah selengkapnya di bawah ini.

Semua Berawal Dari Hobi Koleksi Sepatu Mahal

Bisnis yang digeluti oleh Ridwan Pratama ini bermula dari hobinya yang mengoleksi sepatu dengan harga yang cukup mahal. Nah, karena koleksi yang dimilikinya mulai banyak, ia pun mulai kesulitan untuk merawat berbagai sepatu yang ia miliki. Ia sudah mencari di berbagai tempat untuk jasa merawat sepatu, namun ia tidak menemukannya.

Akhirnya ia kemudian mencari informasi tentang bagaimana cara merawat sepatu yang baik dari internet. Dari situ kemudian ia mencoba sendiri menjalankan tutorial dari internet tersebut dan ternyata berhasil.

“Waktu itu saya cari jasa orang yang mau merawat sepatu itu juga tidak ada. Akhirnya, saya browsing di internet, ternyata ada semacam tutorialnya, dan saya coba-coba sendiri ternyata bisa,” jelas Ridwan.




Artikel lain: Yongki Komaladi, Sukses Besar Dengan Berbisnis Sepatu Lokal

Setelah ia merasa berhasil melakukan perawatan terhadap sepatunya, ia kemudian mencoba menawarkan kemampuannya tersebut kepada beberapa temannya yang juga kolektor sepatu. Ternyata responnya sangat bagus, banyak teman-teman nya yang tertarik dengan jasa yang ditawarkan oleh Ridwan dalam merawat sepatu.

Setelah melihat respon dari teman-temannya yang bagus, dan dirasa peluang bisnis ini masih belum ada, maka Ridwan pun memutuskan untuk membuka usaha yang ia beri nama Klinik Sepatoe pada tahun 2014.

Klinik Sepatoe Seperti Rumah Sakit Untuk Sepatu Lama

Merawat sepatu bagi kebanyakan masyarakat memang bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika sepatu yang dimiliki tergolong sepatu yang branded dan mahal, tentu akan memerlukan perlakuan yang khusus. Nah, peluang bisnis ini yang nampaknya ditangkap oleh Ridwan Pratama melalui Klinik Sepatoe nya. Ridwan menuturkan bahwa di Klinik Sepatoe miliknya, tak ubahnya seperti rumah sakit untuk sepatu-sepatu lama.

Di sana para pelanggan bisa mendapatkan perawatan dengan berbagai tipe, ada tipe instalasi gawat darurat yang merupakan pelayanan perawatan sepatu dalam waktu empat jam. Kemudian ada instalasi rawat jalan yang merupakan perawatan sepatu dalam satu hari, dan ada juga instalasi rawat inap yang merupakan perawatan atau perbaikan sepatu dalam tiga hari.




Selain tipe perawatan di atas, Ridwan juga melayani semua jenis perawatan yang disesuaikan dengan permintaan pelanggan dan juga pada tingkat kerusakan sepatu. Seperti misalnya untuk pewarnaan kembali pada warna sepatu yang sudah memudar. Atau ada juga pelanggan yang minta dibersihkan sepatunya karena terkena noda seperti oli, aspal, minyak maupun jamur.

Baca juga: Ngai Marnova ~ Founder Brand Sepatu dan Tas Lokal yang Telah Dipercaya Disney Hingga Pasar Singapura

Optimisme Bisnis Akan Terus Berkembang

Dari bisnis yang dia jalani ini, dalam satu bulan Ridwan mengaku rata-rata ada 250 pasang sepatu yang dikerjakan. Dengan harga jasa perawatan mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 150 ribu, maka bisnis yang digeluti Ridwan ini mampu meraup pendapatan sekitar Rp. 10 juta.

Ridwan selalu optimis dengan bisnis yang ia geluti. Hal ini karena memang pada awalnya kegemaran Ridwan adalah mengoleksi sepatu, selain itu juga karena di Surabaya sendiri ternyata ada banyak kolektor sepatu yang selalu membutuhkan jasa perawatan sepatu. Pelaku bisnis seperti yang dikerjakan Ridwan pun masih jarang atau bahkan belum ada sama sekali. Melihat fakta di lapangan seperti itu, maka bisnis yang dikerjakan Ridwan Pratama ini sangat menjanjikan ke depannya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud